• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Larangan yang Sering Didengar di Trimester 2, Mitos atau Fakta?

Larangan yang Sering Didengar di Trimester 2, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Di trimester 2, ibu hamil akan mengalami perubahan fisik, antara lain perut dan payudara membesar. Saat rahim mengembang untuk memberi ruang bagi bayi, perut otomatis akan membesar. Payudara juga akan terus membesar secara bertahap.

Pastilah bumil pernah mendengar mitos fakta kehamilan trimester 2 mulai dari gejala, bagaimana mengetahui jenis kelamin bayi, dan apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh seorang wanita selama kehamilan. Untuk mengetahui mana yang akurat dan tidak, baca selengkapnya di sini!

Fakta Seputar yang Boleh dan Tidak Boleh di Trimester 2

Trimester 2 adalah dari minggu ke-13 hingga akhir minggu ke-26 dan salah satu waktu teraman dan terbaik selama seluruh fase kehamilan. Ketidaknyamanan yang dialami bumil selama trimester 1 akan mereda di trimester 2 meskipun ketidaknyamanan tertentu lainnya muncul. Selama trimester 2 bumil akan mulai merasakan gerakan pertama bayi. Apa saja mitos dan fakta trimester 2 yang perlu diketahui?

1. Makan Banyak Menginjak Trimester 2

Menginjak trimester 2, bumil disarankan untuk makan lebih banyak karena anak sudah bertambah besar. Meskipun benar bahwa hamil trimester 2 akan ada pertumbuhan signifikan pada bayi, tetapi bumil disarankan untuk menghindari makan berlebihan.

Makan berlebihan bisa berbahaya bagi ibu dan janin, terutama jika makanan mengandung banyak kalori kosong. Faktanya pada kehamilan trimester 2 bumil direkomendasikan menambah hanya 340 kalori saja perhari yang berfokus pada makanan sarat nutrisi.

Baca juga: 5 Hal Umum yang Dirasakan Ibu di Trimester 2

2. Jangan Olahraga karena Kehamilan Masih Tergolong Muda

Faktanya aerobik ringan dapat membantu menjaga vitalitas badan dan bayi tumbuh lebih sehat. 

3. Jangan Melakukan Hubungan Seks

Seks tidak berpengaruh pada kehamilan yang sehat. Seks selama kehamilan tidak meningkatkan risiko persalinan prematur pada kehamilan berisiko. Memang, dalam kasus yang jarang terjadi, dokter akan merekomendasikan untuk tidak berhubungan seks selama kehamilan. Misalnya, jika terjadi pendarahan hebat selama kehamilan atau ketuban pecah, bumil harus menghindari hubungan seks.

Bumil yang mengalami masalah plasenta, insufisiensi serviks, atau faktor lain yang meningkatkan kemungkinan persalinan prematur harus memeriksakan diri ke dokter sebelum berhubungan seks.

4. Tidak Boleh Minum Kopi selama Kehamilan

Bumil masih dapat minum secangkir kopi setiap hari saat hamil, tetapi asupan kopi haruslah dibatasi jangan juga terlalu banyak. 

Baca juga: Ini 4 Fakta Morning Sickness yang Calon Ibu Harus Tahu

Apa yang Semestinya Dilakukan di Trimester 2?

1. Lakukan pemeriksaan rutin dan tepat waktu. Jangan lupa juga untuk mendapatkan vaksin flu. Menurut WHO, selama musim flu bumil harus menerima vaksin karena vaksin ini menawarkan perlindungan dari penyakit parah selama kehamilan. Vaksin flu tidak mengandung virus hidup yang berarti tidak dapat menginfeksi bumil dan janin. Vaksin flu membantu tubuh membangun antibodi yang melindungi bumil saat terpapar virus hidup.

2. Lakukan diet protein tinggi dengan susu dan produk susu yang cukup. Diet seimbang sangat penting untuk memastikan tidak ada penambahan berat badan.

Baca juga: Fase Menstruasi Tidak Teratur Pasca Melahirkan, Normalkah?

3. Tetap terhidrasi. Pastikan asupan cairan teratur.

4. Gunakan pelembap dan minyak di atas perut untuk mencegah stretch mark. Perut bumil banyak meregang dalam kurun waktu singkat selama trimester kedua. Menjaga perut tetap lembap membantu mengurangi stretch mark dan rasa gatal yang mungkin timbul akibat peregangan.

5. Hindari konsumsi daging yang kurang matang untuk mencegah penyakit, seperti Toksoplasmosis dan Listeriosis. Selain itu, hindari mandi sauna panas dan jangan membersihkan kotak kotoran untuk mencegah infeksi.

Itulah informasi seputar trimester 2 kehamilan. Butuh suplemen dan vitamin untuk kehamilan? Pesan saja di Halodoc. Tanpa perlu repot, pesanan akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Tunggu apa lagi? Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. 14 myths about pregnancy.
Indian Express. Diakses pada 2021. Pregnancy dos and don’ts for each trimester, from a gynae.