21 September 2018

Latih Ketangkasan Anak dengan Bermain Kasti atau Baseball

Melatih ketangkasan anak, melatih ketangkasan melalui kasti, manfaat kasti untuk anak

Halodoc, Jakarta - Kasti atau baseball adalah salah satu jenis permainan bola kecil beregu yang dapat melatih ketangkasan anak. Kasti merupakan permainan tradisional yang mengutamakan beberapa unsur, yaitu kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan.

Kasti biasanya dimainkan di lapangan terbuka. Pada anak-anak, permainan ini dapat melatih kedisiplinan diri dan ketangkasan. Solidaritas antara teman juga bisa diperkuat dengan memainkan olahraga ini.

Agar dapat bermain kasti dengan baik, anak-anak butuh memiliki beberapa keterampilan. Misalnya seperti memukul, melempar, menangkap bola, dan berlari. Bisa dikatakan bahwa olahraga jenis ini dapat melatih ketangkasan dan hal-hal positif lain bagi anak. Hal-hal positif yang bisa didapatkan dari latihan ketangkasan anak melalui kasti adalah:

1. Mempertajam Pikiran

Salah satu hal positif yang didapatkan anak dari latihan ketangkasan dalam olahraga kasti adalah mempertajam pikiran. Kasti adalah olahraga yang membutuhkan fisik dan mental, sehingga anak-anak harus selalu waspada ketika bermain. Anak-anak akan belajar mengambil keputusan dengan cepat ketika bermain olahraga ini. Misalnya seperti saat harus memutuskan apakah berlari ke base atau diam di tempat, serta strategi permainan yang tepat.

Pengambilan keputusan seperti ini dapat membantu sang anak tetap waspada dan menjaga pikirannya tetap tajam. Selain itu, latihan kasti juga memang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

2. Menjaga Badan Tetap Sehat

Dengan berlatih ketangkasan melalui kasti, tubuh anak pun akan terjaga kesehatannya. Semua kegiatan pada kasti dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar kalori. Obesitas pada anak-anak adalah masalah besar di berbagai negara. Untuk mengatasinya, bermain kasti bisa menjadi salah satu jawabannya.

3. Melatih Kedisiplinan

Salah satu hal yang didapatkan anak-anak ketika bermain kasti adalah melatih kedisiplinan. Disiplin adalah suatu keharusan untuk sebuah tim kasti. Selain itu, pelatih juga tidak akan mentolerir setiap anak yang tidak disiplin, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Mendorong anak-anak untuk berolahraga meskipun hanya untuk bersenang-senang akan membantu membuatnya disiplin. Anak-anak yang bermain kasti akan belajar dan memahami pentingnya disiplin diri, tidak hanya saat bermain tetapi juga semua hal yang dilakukannya.

4. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Hal positif lainnya yang didapatkan dari bermain kasti adalah dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Jika anak ibu mempunyai masalah dalam bersosialisasi, kasti adalah olahraga yang tepat untuk mengatasinya. Kasti bergantung pada kerja tim dan dari hal tersebut tumbuhlah kebersamaan. Kebersamaan tersebut akan berlangsung lama, sehingga dapat membantu anak mengembangkan keterampilan sosial.

5. Membangun Kepercayaan Diri

Hal lainnya yang bisa didapatkan dari bermain kasti adalah membangun kepercayaan diri. Ketika seorang anak berhasil memukul bola atau menangkap bola, kepercayaan dirinya akan tumbuh. Semakin sering ia berhasil melakukan hal tersebut, kepercayaan dirinya pasti akan semakin meningkat. Alhasil, kepercayaan diri tersebut pun akan tertanam dalam diri anak.

6. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Meningkatkan koordinasi tubuh juga salah satu manfaat dari bermain kasti. Anak-anak tidak dilahirkan dengan koordinasi mata dan tangan yang baik. Hal tersebut harus terus ditingkatkan agar respon terhadap koordinasi anak semakin baik. Hampir setiap aspek dari permainan kasti melibatkan beberapa tingkat koordinasi. Koordinasi anak didapatkan ketika mereka harus memperkirakan arah bola dilempar, seberapa cepat tangan mereka harus merespon, dan sebagainya.

Itu tadi manfaat melatih ketangkasan anak dengan bermain kasti atau baseball. Jika anak ibu mengalami masalah kesehatan, ibu tidak perlu panik. Ibu bisa menggunakan Halodoc  untuk berdiskusi dengan dokter mengenai kondisi kesehatan anak. Selain itu, ibu juga bisa membeli obat di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu kurang dari satu jam. Yuk, download sekarang aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: