• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Latihan Brandt Daroff Dapat Mengatasi Vertigo

Latihan Brandt Daroff Dapat Mengatasi Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Latihan Brandt Daroff Dapat Mengatasi Vertigo

Halodoc, Jakarta - Vertigo adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat menyusahkan jika gejalanya muncul. Sensasi rasa berputarnya bisa saja terus-menerus dialami, meski sudah berdiam diri. Kondisi ini umumnya dipicu oleh stress berlebihan, mata lelah, serta konsumsi makanan dan minuman tertentu. 

Jangan khawatir, vertigo tidak ada hubungannya dengan situasi organ dalam otak. Dengan kata lain, penyakit ini tidak disebabkan oleh kerusakan yang terjadi dalam otak. Jika mengalami sejumlah gejalanya, cobalah untuk melakukan latihan Brandt Daroff untuk mengatasi vertigo.

Baca juga: Dehidrasi Bisa Sebabkan Vertigo, Ini Penjelasannya

Lakukan Latihan Brandt Daroff untuk Mengatasi Vertigo

Latihan brandt daroff merupakan langkah mengatasi vertigo yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Gerakannya sendiri dilakukan menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan kristal dari telinga bagian dalam. Jika kamu ingin melakukan gerakan latihan Brandt Daroff, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Posisikan badan duduk di kasur, dengan kaki di lantai. 
  • Kemudian, tengok ke kanan sebesar 45 derajat.
  • Kepala tetap pada posisi yang sama, kemudian baringkan tubuh ke kiri. Tahan posisi selama 30 detik.
  • Setelah itu, kembali ke posisi awal. Tahan posisi selama 30 detik.

Lakukan gerakan yang sama pada sisi tubuh lainnya. Tengok ke kiri sebesar 45 derajat. Saat kepala tetap pada posisi yang sama, baringkan tubuh ke kiri. Tahan posisi selama 30 detik. Lalu kembali ke posisi awal. Dalam satu set latihan yang dilakukan, kamu bisa mengulanginya sebanyak 5 kali. Jika saat melakukan latihan mengalami pusing, tunggu sampai rasa sakit menghilang.

Vertigo adalah masalah kesehatan yang sering muncul tiba-tiba tanpa mengenal waktu. Untuk mencegahnya, pastikan untuk melakukan langkah ini saat gejala ringan datang, agar gejala tidak semakin bertambah parah. Pastikan untuk melakukan latihan sebanyak satu set pada pagi, siang, dan malam hari. Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini selama 2–3 minggu secara rutin, ya.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Vertigo Servikal

Latihan Lain untuk Mengatasi Vertigo

Vertigo merupakan masalah kesehatan yang rentan terjadi saat adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Bukan hanya Brandt Daroff saja yang menjadi latihan untuk mengatasi vertigo. Ada beberapa jenis latihan lainnya yang juga efektif dalam mengatasi vertigo. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Manuver Epley

Gerakan manuver epley dapat dilakukan dengan posisi duduk di atas kasur dengan kaki lurus ke depan. Jangan lupa siapkan bantal di belakang badan. Tengok ke kiri sebesar 45 derajat. Kemudian, berbaring dengan cepat hingga pundak berada di atas bantal. Tahan posisi selama 30 detik. Selanjutnya, tengok ke arah sebaliknya sebesar 90 derajat, dan tahan selama 30 detik. Setelah itu, kembali ke posisi semula.

  • Manuver Semont

Gerakan manuver semont dapat dilakukan dengan posisi duduk di atas kasur. Lalu, putar kepala sebesar 45 derajat. Baringkan tubuh dengan cepat ke kiri sampai kepala menyentuh kasur. Tahan posisi selama 30 detik. Setelah itu, cobalah geser tubuh ke sisi kanan dengan cepat tanpa mengubah posisi kepala. Tahan gerakan selama 30 detik. Kemudian, kembali ke posisi awal.

Baca juga: Latihan Kepala Cawthorne-Cooksey untuk Mengobati Vertigo

Itulah beberapa gerakan Brandt Daroff yang mampu mengatasi vertigo. Jika sejumlah gerakan latihan tersebut tidak ampuh untuk mengatasi gejala yang kamu alami, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk melakukan langkah penanganan yang tepat. Jangan sampai gejala muncul lebih parah, karena dapat mengganggu aktivitas yang kamu lakukan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The Brandt-Daroff Exercises: Can They Really Treat Vertigo?
ORLI. Diakses pada 2020. Pengaruh latihan Brandt Daroff dan modifikasi manuver Epley pada vertigo posisi paroksismal jinak.
Healthline. Diakses pada 2020. 4 Exercises for Vertigo Relief.