• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Latihan Kepala Cawthorne-Cooksey untuk Mengobati Vertigo

Latihan Kepala Cawthorne-Cooksey untuk Mengobati Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Latihan Kepala Cawthorne-Cooksey untuk Mengobati Vertigo

Halodoc, Jakarta - Vertigo kerap menjadi momok bagi kebanyakan orang yang dapat mengganggu aktivitas harian. Kamu bisa merasakan pusing seperti semua yang ada di sekitar menjadi berputar sehingga sulit untuk jalan. Hal yang berbahaya adalah jika penyakit ini terjadi secara tiba-tiba, terlebih lagi ketika mengendarai motor atau menyetir mobil. Jika kamu sudah merasakan gejala dari vertigo, salah satu cara mengobatinya adalah dengan latihan kepala Cawthorne-Cooksey. Bagaimana cara melakukannya? Baca selengkapnya di bawah ini!

Obati Vertigo dengan Latihan Kepala Cawthorne-Cooksey

Vertigo adalah kondisi yang membuat pengidapnya merasakan pusing tidak tertahankan seperti sekelilingnya berputar hebat, sehingga sulit untuk berdiri tegak. Kamu juga mungkin merasakan mual dan muntah disertai gerakan bola mata yang tidak normal. Bahkan, gangguan ini dapat menyebabkan gejala yang lebih parah seperti kesulitan berbicara dan penurunan kesadaran. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang ampuh untuk menangani penyakit ini.

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Salah satu metode yang efektif untuk mengobati vertigo adalah latihan kepala Cawthorne-Cooksey. Metode ini melibatkan gerakan kepala dan mata serta mengontrolnya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Latihan ini termasuk jenis terapi rehabilitasi vestibular yang dilakukan dengan melibatkan koordinasi gerakan tangan-mata, untuk mendapatkan kembali keseimbangan tubuh.

Latihan ini terbilang mudah digunakan, tidak mengeluarkan uang, dan hanya membutuhkan sedikit waktu. Jenis terapi ini umumnya efektif untuk mengobati vertigo agar aktivitas harian dapat kembali dilakukan. Kamu juga dapat mempraktikkan gerakan ini sendiri tanpa bantuan orang lain di rumah. Namun, bagaimana cara untuk melakukan latihan yang efektif obati vertigo ini? Berikut selengkapnya:

1. Latihan Mata

  • Lihat ke atas, lalu ke bawah yang diawali dengan perlahan lalu semakin cepat dan ulangi hingga 20 kali.
  • Lihatlah dari satu sisi ke sisi lainnya, mulai dengan perlahan lalu lebih cepat dan ulangi sebanyak 20 kali.

Baca juga: Langkah-Langkah Meredakan Gejala Vertigo di Rumah

2. Latihan Kepala

Gerakkan kepala secara perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya serta ke atas dan ke bawah dengan mata terbuka. Ulangi gerakan tersebut 10 hingga 20 kali, bergerak dengan perlahan untuk memulainya dan lebih cepat saat sudah merasa lebih nyaman.

3. Sentuhan Jari

Gerakan untuk mengobati vertigo lainnya adalah dengan tangan menyentuh jari kaki. Caranya diawali dengan membungkukkan badan untuk menyentuh jari-jari kaki, perhatikan gerakan kepala setiap saat. Pastikan mata untuk tetap terbuka dan biarkan kepala serta tubuh mengikuti pandangan yang ada di depan. Lakukan latihan ini secara perlahan sebanyak 5 hingga 20 kali.

4. Duduk lalu Berdiri

Posisi lainnya yang dapat mengobati vertigo adalah pindahnya posisi duduk ke posisi berdiri. Mulailah dengan perlahan dan pastikan mata terbuka. Jika telah terbiasa, kamu dapat mencoba latihan ini dengan mata tertutup. Jaga agar punggung lurus dan kepala sejajar dengan saat mengubah posisi tubuh. Ulangi 10 hingga 20 kali.

Baca juga: Lakukan Cara Sederhana Ini untuk Mencegah Vertigo

Sekarang kamu tahu beberapa gerakan dari latihan kepala Cawthorne-Cooksey. Jika sudah merasakan gejala dari vertigo, kamu boleh melakukan gerakan ini agar rasa pusing yang dirasakan lebih cepat untuk teratasi. Dengan begitu, aktivitas harian yang sedang atau akan dilakukan tetap lancar untuk dilakukan.

Kamu juga dapat berdiskusi dengan dokter dari Halodoc terkait cara yang efektif untuk obati vertigo yang menyerang. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan, kamu bisa mendapatkan akses kesehatan tanpa perlu ke luar dari rumah. Nikmati kemudahan tersebut sekarang juga hanya melalui gadget yang digunakan!

Referensi:
University of Iowa Health Care. Diakses pada 2020. Cawthorne's Head Exercises.
Healthline. Diakses pada 2020. Vertigo Relief: How to Do Cawthorne Head Exercises.