Latihan Ringan untuk Mengatasi Nyeri Haid

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Latihan Ringan untuk Mengatasi Nyeri Haid

Halodoc, Jakarta - Saat mengalami nyeri haid, seorang wanita mungkin merasakan nyeri yang luar biasa. Punggung akan terasa sakit terus-menerus, tubuh cepat merasa kelelahan, dan parahnya, rahim terasa seakan menusuk kamu dari dalam. Nyeri haid mungkin menyebabkan kamu hanya ingin beristirahat. Padahal seharusnya kamu harus lebih aktif bergerak untuk meredakan rasa sakit.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid adalah yoga. Ginekolog di Women's Health Practice di Champaign, Illinois, Suzzanne Trupin, mengatakan bahwa yoga menggabungkan teknik pernapasan dalam, yang membantu meringankan efek akibat kekurangan pasokan oksigen di dalam jaringan akibat nyeri haid. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

Gerakan Yoga Atasi Nyeri Haid

Nah, untuk meringankan gejala ini, luangkanlah waktu lima menit untuk melakukan peregangan dan latihan ini. Beberapa latihan ringan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Pose Cobra, Cat, Cow and Fish. Latihan ini adalah beberapa latihan yang bisa dicoba. Pose ini dapat mengatasi kram berat, dan paling baik untuk diterapkan pada saat nyeri yang lebih berat. Peregangan paling baik dilakukan ketika setelah mandi. Setiap peregangan harus dilakukan selama 30 hingga 60 detik. Jangan paksakan jika sebabkan rasa tidak nyaman. 

  • Pose Cobra. Berbaringlah dengan perut lurus dan kedua kaki disatukan dan letakkan tangan di bawah bahu. Gunakan tangan untuk mendorong tubuh ke atas dan angkat kepala dan bahu. Tariklah napas dalam-dalam. Tahan pose ini selama 30 hingga 60 detik, selama kamu merasa nyaman. Kemudian, kembalilah ke posisi semula. Napas harus diambil dalam-dalam, dan penuhi perut saat menarik napas. 

  • Pose Cat - Cow. Berlututlah, namun pastikan tangan berada langsung di bawah bahu. Pastikan juga lutut berada langsung di bawah pinggul. Ambil napas dalam-dalam, dan turunkan perut ke lantai. Sementara itu, secara perlahan regangkan kepala dan bokong ke bawah. Ini adalah pose sapi (cow). Ketika kamu siap untuk mengubah posisi, tarik napas dalam-dalam. Ketika kamu bernapas, tekuk punggung kamu ke atas dengan kepala menjurus ke bawah. Ini adalah pose kucing (cat). Bernapaslah dengan normal selama 2 hingga 3 kali napas. Perlahan bolak-balik di antara dua pose ini, tahan masing-masing selama 2 sampai 3 kali hitungan napas.

  • Pose Fish. Tempatkan bantal di lantai dan letakkan punggung dan kepala di bantal dan letakkan kaki lurus di depan kamu di lantai. Letakkan tangan dengan nyaman di samping tubuh, dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tetaplah dalam pose ini, bernapas dengan lembut. Jika meluruskan kaki menyebabkan punggung tidak nyaman, silahkan tekuk lutut dengan kaki rata di lantai.

Baca juga: 6 Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri Haid

Tidak Hanya Yoga untuk Atasi Nyeri Haid

Selain itu, selama mengalami menstruasi, coba latihan aerobik intensitas sedang seperti berjalan atau jogging ringan. Jenis aktivitas fisik ini dapat mengurangi kembung (berat air ekstra) dan nyeri kram. Latihan aerobik juga membantu sirkulasi darah dan pelepasan hormon endorfin.

Olahraga ini dapat menenangkan sakit kepala dan meningkatkan suasana hati. Selain dengan olahraga ringan dan minum obat-obatan pereda rasa nyeri, nyeri haid bisa diredakan secara alami dengan mandi air hangat, berbaring dengan kaki diangkat, dan menempelkan koyo atau botol hangat pada bagian yang sakit. 

Baca juga: Menghilangkan Nyeri Haid dengan Akupuntur, Bisa?

Namun, jika timbul gejala-gejala yang tidak normal seperti terjadi pendarahan berlebihan, periode menstruasi berlangsung lebih lama dari biasanya, dan rasa sakit yang intens pada pinggul, serta demam, segera memeriksakan diri ke rumah sakit. Segera buat janji dengan aplikasi Halodoc untuk mendapatkan perawatan tepat terkait kondisi kesehatanmu. 

Referensi:
Shape. Diakses pada 2020. Moves Will Soothe Your Worst Period Cramps.
Nationwide Children's. Diakses pada 2020. Yoga Exercises and Menstrual Cramps.