• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Latihan Sederhana yang Bisa Buat Perut Lebih Rata

Latihan Sederhana yang Bisa Buat Perut Lebih Rata

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Latihan Sederhana yang Bisa Buat Perut Lebih Rata

Halodoc, Jakarta - Demi bisa mendapatkan perut langsing dan rata, olahraga menjadi salah satu cara termudah yang bisa dilakukan. Beberapa jenis olahraga ini termasuk yoga, pilates, tari perut, bahkan hingga bentuk olahraga yang terbilang sederhana, seperti back up dan sit up

Namun, sebenarnya, adakah jenis gerakan olahraga yang memang bisa membuat perut menjadi lebih rata? Ternyata, ada lho! Bahkan, gerakan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Gerakan Mengayuh Sepeda

Gerakan ini memanfaatkan kekuatan dari kayuhan palsu yang dilakukan oleh kaki. Dampaknya akan terasa pada otot perut bagian bawah. Awali dengan berbaring di lantai, kedua tangan posisikan di sisi atau belakang kepala. Lalu, angkat kedua kaki dan tekuk secara bersama-sama ke arah lutut. 

Bawa lutut kaki kanan sedekat mungkin dengan dada, lakukan secara bergantian dengan lutut kaki kiri. Posisikan kaki sebelah kanan saling bergantian dengan kaki sebelah kiri dan tetap mengarah pada dada. Terus ulangi gerakan ini seperti sedang mengayuh sepeda.

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

  • Gerakan Plank

Plank menjadi gerakan olahraga yang paling banyak menggunakan energi. Padahal, gerakan ini hanyalah berfokus pada menahan berat tubuh dengan kedua tangan dan kaki. Awali gerakan dengan posisi tengkurap, lutut, dan siku menempel pada matras. Pastikan leher tetap sejajar dengan tulang belakang dan fokuskan pandangan mata ke depan.

Secara perlahan, angkatlah lutut dan topang kali hanya dengan menggunakan jari kaki. Usahakan posisi lutut tetap tegak dan bernapaslah dengan normal. Tahan posisi ini hingga hitungan 30 dan kembalilah pada posisi awal.

  • Gerakan Crunch

Kamu bisa mengawali gerakan crunch dengan berbaring telentang senyaman mungkin. Perlahan, tekuk lutut dan posisikan telapak kaki menapak di alas matras atau kamu bisa menahannya dengan posisi seperti menggantung. Selanjutnya, silangkan kedua tangan di depan dada.

Baca juga: 6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

Kamu juga bisa meletakkan kedua tangan di belakang leher maupun kepala. Kembali lagi, perlahan-lahan, angkat bahu ke arah langit-langit dengan menggunakan otot perut dan berhentilah setelah posisimu sampai cukup ke atas. Perhatikan, hindari mengangkat seluruh bagian punggung dari lantai karena bisa mengakibatkan punggung tertarik dan membuat kamu cedera

Ketika bahu sudah berada di atas, berhentilah dan tahan posisi ini selama kurang lebih 2 detik, lalu ulangi kembali. Jika kamu mengalami cedera, segera berhenti dan lakukan penanganan pertama untuk mengurangi tegang otot. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter di aplikasi Halodoc seputar cedera dan penanganannya, sehingga kamu tidak salah dalam memberikan perlakuan dan justru memicu kondisi yang lebih buruk lagi. 

  • Gerakan Menahan Otot Perut

Terakhir adalah gerakan yang berfungsi untuk menahan otot perut. Gerakan ini terbilang sangat mudah dilakukan. Namun, kamu tidak mengawali gerakan ini dengan berbaring, tetapi dengan posisi berdiri. Setelah posisimu tegak, letakkan kedua tangan masing-masing di sisi telinga menghadap ke arah atas. 

Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Diajarkan ke Anak Sejak Bisa Berjalan

Sebisa mungkin, jagalah posisi kaki tetap menapak pada tanah, lalu tekuk tubuh ke arah kanan sebanyak mungkin, hingga kamu merasakan ada ketegangan pada pinggang sebelah kiri. Saat kamu melakukan gerakan ini, posisikan tangan kanan pada pinggul kanan dan angkat tangan kiri ke atas. Tahan gerakan selama 15 detik, lalu kembalilah ke posisi awal. Atur napas sebelum mengulang gerakan pada sisi kiri. 

Itulah tadi gerakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk mendapatkan perut rata. Selamat mencoba!



Referensi: 
Womenshealthmag. Diakses pada 2020. Exercise to Lose Belly Fat.
Health. Diakses pada 2020. Stomach Exercise.