• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lebih Bahaya Mana, Ganja atau Narkoba?

Lebih Bahaya Mana, Ganja atau Narkoba?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Penggunaan narkoba atau obat-obatan terlarang bukan hanya dilarang, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh. Dari semua jenis obat-obatan terlarang yang ada, ganja menjadi salah satu yang cukup populer dan diklaim bisa membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Kendati begitu, penggunaannya tidak boleh sembarangan. 

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) adalah hal yang harus dihindari. Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia menyebut bahwa narkoba merupakan bahan atau zat yang dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologis. Dalam jangka panjang, penggunaan obat-obatan bisa memengaruhi kondisi kejiwaan atau psikologis, seperti pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. 

Baca juga: Benarkah Ganja Ampuh Sembuhkan Syringomyelia?

Jenis Narkotika dan Bahayanya 

Jenis narkoba yang cukup populer adalah ganja dan sabu. Keduanya berasal dari golongan yang berbeda, tetapi sama-sama bisa memberi dampak berbahaya bagi tubuh. Sebenarnya, ganja memiliki efek yang lebih ringan dibanding jenis narkoba lain, tetapi sebaiknya narkotika jenis tanaman ini tidak disalahgunakan. Secara umum, penyalahgunaan narkoba bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan secara keseluruhan. 

Ada beberapa jenis narkoba yang penggunaan diperbolehkan, yaitu untuk kalangan medis dan penelitian. Artinya, tidak sembarangan orang bisa dan boleh menggunakan narkoba dengan bebas. Jika penyalahgunaannya berlanjut, ganja, sabu, maupun jenis narkoba lainnya bisa memicu gangguan kesehatan yang berbahaya, di antaranya: 

  • Dehidrasi 

Kekurangan cairan tubuh alias dehidrasi menjadi salah satu jenis gangguan kesehatan yang bisa terjadi. Pasalnya, penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan terganggunya kesimbangan elektrolit di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi tidak boleh diabaikan begitu saja karena bisa memicu kondisi yang lebih berbahaya, seperti kejang-kejang, halusinasi, sesak napas, hingga masalah pada organ tubuh. 

  • Kerusakan Otak 

Salah satu bagian tubuh yang paling mungkin berdampak dari penyalahgunaan narkoba adalah organ otak. Obat-obatan terlarang ini bisa memicu gangguan pada kemampuan berpikir dan merusak struktur otak. Dalam jangka panjang, penggunaan narkoba bisa menyebabkan seseorang kehilangan memori serta menghambat fungsi otak secara keseluruhan atau sebagian. 

Baca juga: Alasan Kecanduan Narkoba Dapat Sebabkan Skizofrenia

  • Halusinasi

Penggunaan ganja bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami halusinasi. Jika digunakan dalam jangka panjang dan dosis yang besar, jenis narkoba ini juga bisa mengakibatkan penggunanya muntah, mual, serta gangguan kecemasan. Selain itu, penggunaan dalam waktu panjang juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami dampak yang buruk, seperti gangguan mental, serangan panik, dan depresi. 

  • Penurunan Kesadaran 

Penggunaan narkoba dalam jangka panjang dan dosis berlebihan bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan kesadaran. Ganja maupun narkoba yang digunakan memang bisa memberi dampak “high” alias membuat tubuh terasa tenang. Namun jika berlebihan, penggunaan obat-obatan terlarang bisa menyebabkan penurunan kesadaran secara drastis. Pada tingkat yang lebih parah, hal ini bisa mengakibatkan penggunanya tidur terus-menerus dan berujung pada hilangnya nyawa. 

  • Gangguan Kualitas Hidup 

Penggunaan narkoba bisa menyebabkan efek ketergantungan, dan hal ini pada akhirnya menyebabkan gangguan kualitas hidup. Ganja maupun jenis narkoba lain bisa menyebabkan penggunanya sulit berkonsentrasi, mengalami gangguan kesehatan, hingga berurusan dengan hukum karena peredaran narkoba adalah hal yang dilarang. 

Baca juga: Legal di Thailand, Mariyuana Bisa Jadi Obat Diabetes?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
BNN. Diakses pada 2020. Pengertian Narkoba Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan.
VOX. Diakses pada 2020. How scientists rank drugs from most to least dangerous — and why the rankings are flawed.
Narconon. Diakses pada 2020. Hidden Dangers of Marijuana.