• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lebih Bergizi, Ini 6 Manfaat Karbohidrat Kompleks bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lebih Bergizi, Ini 6 Manfaat Karbohidrat Kompleks bagi Tubuh

Lebih Bergizi, Ini 6 Manfaat Karbohidrat Kompleks bagi Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 September 2022

“Karbohidrat kompleks mengandung tinggi vitamin, serat dan mineral yang penting bagi tubuh. Manfaatnya untuk menghasilkan energi, menjaga berat badan, mengatur gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.”

Lebih Bergizi, Ini 6 Manfaat Karbohidrat Kompleks bagi TubuhLebih Bergizi, Ini 6 Manfaat Karbohidrat Kompleks bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Karbohidrat kompleks memiliki rantai molekul yang lebih panjang ketimbang jenis lainnya. Di dalamnya juga mengandung tinggi vitamin, serat dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini dapat mencegah seseorang makan berlebihan, sehingga kadar gula darah tetap terkontrol.

Manfaat lainnya termasuk meningkatkan energi, menjaga berat badan, mengoptimalkan massa otot, mengatur gula darah dan mendukung kesehatan otak serta organ pencernaan.

Manfaat Karbohidrat Komplekas

1. Meningkatkan Energi

Meningkatkan energi

Kandungan nutrisi dalam karbohidrat kompleks menjadi sumber energi untuk menjalankan sistem metabolisme tubuh. Jika asupannya kurang, sel tidak dapat berkembang dan berfungsi dengan baik.

2. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan

Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Serat dalam karbohidrat komplek dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini berdampak pada penurunan atau berat badan tetap stabil.

3. Meningkatkan Massa Otot

Meningkatkan masa otot

Karbohidrat berguna untuk meningkatkan massa otot. Saat kekurangan asupannya sebagai bahan bahar, tubuh mengambil energi dari otot agar organ dalam tubuh bisa menjalankan fungsinya.

4. Mengatur Gula Darah

Mengatur gula darah

Penyerapan karbohidrat kompleks membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari serangan penyakit akibat kadar gula berlebihan, seperti diabetes dan sakit jantung.

5. Mendukung Kesehatan Otak

Mendukung kesehatan otak

Karbohidrat kompleks menjadi bahan bakar otak agar bisa menjalankan fungsi normalnya. Tanpa asupan yang cukup, kamu menjadi mudah pusing, sulit berkonsentrasi dan fokus.

6. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Mendukung kesehatan pencernaan

Serat pada karbohidrat kompleks bisa membuat jumlah feses meningkat dan membuatnya lebih halus sehingga lebih mudah dikeluarkan. Ini dapat mencegah penyakit pada usus besar, wasir dan kanker di area kolon (kolorektal).

Manfaat di atas bisa dirasakan dengan rutin mengonsumsi ubi, nasi merah, jagung, quinoa, gandum, pisang, buah bit, apel, singkong, talas, kacang merah dan wortel. Namun, jika kamu adalah pengidap alergi, sebaiknya tanya dokter terlebih dulu.

Itu dilakukan guna mencegah munculnya gejala alergi setelah mengonsumsi makanan.  Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
BistroMD. Diakses pada 2022. Complex Carbohydrates Benefits & Sources.
Healthline. Diakses pada 2022. Simple Carbohydrates vs. Complex Carbohydrates.