Lebih Kenal dengan Floating Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
floating yoga, manfaat floating yoga, pengertian floating yoga, yoga

Halodoc, Jakarta – Belakangan olahraga telah menjadi gaya hidup. Salah satunya adalah olahraga yoga. Banyak sekali manfaat yoga yang bisa kamu rasakan jika rutin melakukan olahraga yoga. Beberapa di antaranya adalah berkurangnya tingkat stres. Tubuh kamu menjadi lebih rileks dan santai. Bahkan, dengan rutin melakukan olahraga yoga, kamu bisa menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

Banyak jenis yoga yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah floating yoga. Yang membedakan floating yoga dengan yoga pada umumnya adalah keseimbangan badan. Dalam floating yoga, kamu diharuskan memiliki keseimbangan yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, pada floating yoga kamu juga akan menggunakan alat bantu dikenal dengan istilah swing. Biasanya alat ini berfungsi sebagai penopang tubuh kamu. Alat ini terbuat dari kain lembut dan menggantung pada langit-langit.

Manfaat Floating Yoga

Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan olahraga floating yoga, karena banyak manfaat yang dapat kamu rasakan setelah melakukannya.

1. Menguatkan Otot Tubuh

Floating yoga adalah salah satu yoga yang gerakannya melawan gravitasi bumi. Olahraga floating yoga sangat direkomendasikan untuk menguatkan otot tubuh terutama bagian kaki, tangan, perut, dan area sekitar paha. Kain yang menggantung memiliki fungsi untuk mengencangkan otot ketika tubuh tergantung.

2. Mengurangi Sakit Punggung

Jika kamu sering merasa sakit pada punggung, floating yoga bisa menjadi salah satu olahraga yang bisa mengurangi rasa sakit pada punggung kamu. Khususnya jika kamu menderita skoliosis, olahraga ini merupakan olahraga yang paling tepat untuk mengurangi gejala skoliosis.

Gerakan floating yoga nyatanya lebih banyak menggerakan otot punggung belakang. Gerakan-gerakan pada floating yoga dapat membantu kamu untuk mengoreksi postur sum-sum tulang belakang dan otot punggung.

3. Memperlancar Aliran Darah

Pada olahraga floating yoga, nyatanya cukup banyak gerakan yang melawan gravitasi. Dengan begitu, floating yoga membutuhkan konsentrasi dan energi yang lebih banyak dibandingkan dengan klasik yoga.

Hal ini nyatanya dapat membuat aliran darah dalam tubuh kamu menjadi lebih lancar. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika aliran darah dalam tubuh kamu lancar, salah satunya adalah kesehatan jantung yang tetap stabil dan terjaga.

4. Mengurangi Stres

Tidak hanya bermanfaat untuk fisik kamu, floating yoga juga bermanfaat untuk kesehatan mental kamu. Dengan melakukan floating yoga, kamu bisa mengurangi tingkat stress yang kamu rasakan. Floating yoga dapat membuat tubuh kamu menjadi rileks.

Dengan tubuh yang rileks, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon serotonin, dopamin, dan oksitosin. Hormon tersebut sangat berpengaruh dalam meningkatkan mood kamu.

5. Mengencangkan Tubuh

Jika kamu merasa tubuh kamu menjadi kendur akibat usia yang semakin tua atau melahirkan, kamu bisa mencoba untuk melakukan olahraga floating yoga. Gerakan pada floating yoga hampir menggunakan seluruh otot yang ada pada tubuh kamu. Dengan begitu, semua otot pada tubuh kamu akan bergerak.

Tidak hanya itu, gerakan menggantung dan melawan gravitasi juga bisa membuat tubuh kamu semakin kencang. Pasalnya, kamu menggunakan tubuh kamu untuk menahan beban.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jika kamu ingin tahu lebih banyak lagi mengenai manfaat olahraga yoga, kamu bisa bertanya pada dokter langsung. Langsung saja download aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui fitur Contact Doctor, disini kamu bisa melakukan Video/Voice Call dan Chat dengan dokter. Kamu bisa menemukan aplikasi Halodoc pada App Store atau Google Play.