04 January 2018

Lebih Menggoda, Intip 3 Tanda Wanita Lagi Subur

Lebih Menggoda, Intip 3 Tanda Wanita Lagi Subur

Halodoc, Jakarta – Biasanya untuk mengetahui masa subur, banyak wanita memercayai perhitungan dengan menggunakan kalender haid. Wanita biasanya memasuki masa subur di antara waktu ovulasi, yaitu proses dilepaskannya sel telur yang sudah matang dari ovarium ke rahim. Masa subur wanita biasanya ada pada hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama haid.

Masa subur adalah waktu terbaik untuk mulai “membuahi” karena pasangan yang melakukan hubungan pada masa ini biasanya memiliki peluang hamil lebih tinggi. Namun sayangnya penghitungan masa subur berdasarkan kalender haid cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, masa haid setiap wanita biasanya berbeda setiap bulannya. Apalagi, sebagian wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Daripada menggantungkan sepenuhnya soal masa subur pada kalender haid, wanita sebenarnya bisa melakukan hal lain untuk mengetahui kapan waktu yang pas untuk memulai rencana hamil. Mengutip situs Health, ada beberapa tanda yang biasanya ditunjukkan wanita yang lagi subur-suburnya. Yuk, cek di sini!

1. Lebih Bersemangat

Masa subur wanita bisa saja ditunjukkan lewat gerak-gerik yang dilakukan. Salah satu tanda yang ditunjukkan adalah lebih bersemangat, terutama soal seksualitas. Dorongan seks yang sangat kuat biasanya menandai masa subur wanita, hal ini terjadi karena peranan hormon libido yang meningkat.

Meningkatnya hasrat seksual wanita merupakan sinyal alami yang ditunjukkan oleh tubuh. Lewat cara ini, tubuh mengatakan bahwa ia telah siap untuk bereproduksi.

2. Wajah Memerah

Dalam penelitian dari PloS One, masa subur wanita biasanya juga ditandai dengan perubahan rona wajah. Menjelang masa ovulasi wajah wanita akan berubah  menjadi sedikit memerah. Bahkan perubahan itu bisa dilihat secara kasat mata.

Para peneliti menyebut memerahnya wajah saat memasuki masa subur berkaitan dengan adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Saat ovulasi, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon estrogen. Hal itulah yang kemudian menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga berpengaruh ke aliran tubuh.

3. Penciuman yang Tajam

Memiliki penciuman yang lebih tajam juga merupakan tanda wanita mulai memasuki masa subur. Wanita biasanya akan menjadia lebih sensitif dalam mengenali berbagai aroma, termasuk hormon feromon milik laki-laki.

Wanita yang tengah subur-suburnya juga sering disebut “lebih centil”. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan hormon dan dorongan seksual yang kuat. Namun pada dasarnya, hal tersebut mungkin terjadi karena wanita menjadi lebih “menyadari” hasrat yang juga disampaikan oleh pria.

Selain lewat perubahan-perubahan tersebut, ada beberapa tanda lain yang juga bisa menjadi tanda bahwa wanita tengah memasuki masa subur. Namun tanda-tanda ini hanya akan bisa dideteksi oleh wanita sendiri.

Beberapa perubahan yang terjadi seperti rasa nyeri di seputar payudara. Meski bukan tanda yang umum, namun saat kamu merasakan rasa sakit pada payudara setelah masa haid, bisa jadi itu adalah tanda masa subur dimulai.

Perubahan juga terasa pada kondisi rahim yang terasa lebih terbuka dan “lunak”. Jika hal ini terjadi, biasanya kamu juga akan merasakan nyeri pada Miss V saat sedang berhubungan dengan suami. Hal ini terjadi karena area kewanitaan mengalami sekresi lendir sehingga mengeluarkan lebih banyak pelumas.

Persiapan yang matang sangat dibutuhkan jika kamu dan pasangan tengah merencanakan kehamilan. Salah satunya adalah dengan memastikan kesahatan dan kesiapan tubuh kedua belah pihak. Hal ini penting agar proses pembuahan berjalan dengan lancar.

Kamu bisa andalkan aplikasi Halodoc untuk memantau dan menjaga tubuh tetap sehat. Sebab lewat Halodoc bicara dengan dokter sangat mudah lewat Video/Voice Call dan Chat. Download Halodoc di App Store dan Google Play untuk mulai berbicara dengan dokter, membeli obat, dan merencakan pemeriksaan laboratorium.