• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lebih Sehat, Mulai Lakukan Hal Ini Usai Berolahraga

Lebih Sehat, Mulai Lakukan Hal Ini Usai Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Olahraga bisa menjadi cara terampuh untuk menjaga kebugaran tubuh. Menariknya lagi, aktivitas fisik ini bisa membuat tubuh terhindar dari beragam penyakit, mulai dari osteoporosis, stroke, darah tinggi, hingga penyakit jantung. 

Meskipun begitu, olahraga tak boleh dilakukan asal-asalan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terhindar dari risiko cedera. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan ketika, sedang, dan setelah berolahraga. Pertanyaannya, apa saja sih hal yang perlu dilakukan usai berolahraga? 

Baca juga: 6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

1.Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ingat, olahraga bisa menguras cairan tubuh, apalagi bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh kehilangan garam dan elektrolit. Oleh sebab itu, penuhi cairan tubuh usai berolahraga demi terhindar dari dehidrasi. Pada beberapa kasus, dehidrasi juga bisa memicu nyeri otot, lho. 

Singkat kata, rehidrasi adalah hal yang perlu dilakukan usai berolahraga. Menurut para ahli, rehidrasi ini bisa meningkatkan fleksibilitas otot, membangun kekuatan, dan mencegah nyeri otot. Hal yang perlu dicatat, hindarilah minuman yang terlalu manis, berkafein, atau beralkohol setelah berolahraga. Minuman-minuman seperti ini justru dapat memicu dehidrasi pada tubuh. 

2.Cooling Down

Pendinginan atau cooling down adalah salah satu hal yang perlu dilakukan usai berolahraga. Cooling down memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, contohnya mengembalikan detak jantung ke kondisi normal secara bertahap, meredakan stres, mencegah nyeri otot, dan cedera.

Di samping itu, pendinginan usai berolahraga juga bisa membantu menghentikan penggumpalan darah pada tubuh, yang terkadang bisa membuat kepala terasa pusing. 

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Ada beragam pose atau gerakan cooling down yang bisa dilakukan, salah satunya pose savasana (lakukan selama lima menit). Pose ini mampu mengurangi stres fisik dan mental yang terbentuk selama olahraga. 

Selain itu, savasana atau bermeditasi selama beberapa menit setelah berolahraga juga membantu mengembalikan homeostasis tubuh (tubuh dalam keadaan normal atau seimbang). 

3.Camilan Sehat

Selain meningkatkan dahaga, olahraga juga terkadang bisa membuat perut terasa lapar. Nah, makanan yang diasup ini nantinya bisa membantu mengisi energi dan mempercepat proses pemulihan tubuh pascaolahraga. Lalu, makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi usai berolahraga? 

Menurut jurnal di National Institutes of Health berjudul “Protein for exercise and recovery”, protein adalah makanan yang tepat dikonsumsi setelah berolahraga. Alasannya, protein mampu meningkatkan pertumbuhan otot, dan memperbaiki sel-sel serta jaringan tubuh yang rusak setelah berolahraga. 

Masih menurut jurnal di atas, konsumsi protein atau asam amino sebelum, selama, dan setelah berolahraga juga bisa meningkatkan proses pemulihan tubuh, dan memelihara massa tubuh tanpa lemak. 

4.Lakukan Olahraga Ringan

Selain tiga hal di atas, ada satu hal yang perlu dilakukan usai berolahraga. Meskipun otot membutuhkan waktu untuk pulih setelah berolahraga intens, tapi sebaiknya jangan berdiam diri saja di hari-hari pemulihan tubuh (hari tanpa olahraga atau istirahat). Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, yoga, atau olahraga ringan lainnya. 

Baca Juga: Gerakan dan Alat Olahraga yang Memicu Cedera

Tetap aktif di masa pemulihan pascaolahraga, bisa membantu tubuh untuk mencegah penumpukan asam laktat, membuang racun, dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal yang perlu diingat, variasikan latihan ringan yang akan dilakukan. Di samping itu, sebaiknya targetkan kelompok otot atau bagian tubuh yang berbeda. 

Contohnya, bila di hari sebelumnya (olahraga intens) menyasar otot tubuh bagian atas, cobalah fokus pada bagian bawah tubuh saat menjalani olahraga ringan. Misalnya, dengan berjalan kaki. 

Mau tahu lebih jauh mengenai hal apa yang perlu dilakukan usai berolahraga? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
National Institutes of Health - PubMed. Diakses pada 2020. Protein for exercise and recovery
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Steps to Follow for a Post-Workout Routine That Gets Results
Healthline. Diakses pada 2020. Post-Workout Nutrition: What to Eat After a Workout
Healthline. Diakses pada 2020. Post-Workout Nutrition: What to Eat After a Workout. The Science of Savasana: How Rest Can Benefit Any Kind of Workout