Liburan dengan Kursi Roda, Ini yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kursi Roda, liburan dengan kursi roda

Halodoc, Jakarta - Bagi penikmat traveling, bepergian merupakan hal yang sangat dinanti, baik proses perjalanannya maupun ketika berada di tempat tujuan. Namun, tidak bagi pengguna kursi roda. Waktu liburan akan menjadi lebih menegangkan dari biasanya. Sebelum bepergian, sebaiknya cari tahu hal-hal apa yang perlu kamu persiapkan.

Baca juga: Enggak Hanya Cedera Saraf Tulang Belakang, Ini 8 Penyebab Lain Paraplegia

Ingat Hal Berikut Sebelum Memesan Tiket

Pengguna kursi roda merupakan pengguna yang membutuhkan pelayanan spesial. Dalam hal ini, kamu dapat meninjau kebijakan maskapai terkait dengan penumpang yang membutuhkan pelayanan khusus. Hal yang satu ini perlu kamu pertanyakan lebih lanjut, karena beberapa maskapai tidak mempersiapkan keperluan bagi pengguna kursi roda.

Kemudian, pilih tempat duduk dekat dengan jendela untuk menghindari penumpang atau awak kabin yang hilir mudik. Bagi penumpang yang tidak bisa pindah duduk dari kursi roda ke kursi pesawat secara mandiri, awak kabin dapat membantu dalam hal ini. Proses terakhir adalah turun dari pesawat ketika sudah sampai di tempat tujuan. Proses terakhir ini akan dibantu oleh awak kabin. Untuk itu, perlu peninjauan lebih lanjut tentang pelayanan apa saja yang kamu dapatkan.

Baca juga: Inilah 4 Cacat Lahir yang Bisa Terjadi pada Si Kecil

Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Pengguna kursi roda yang ingin bepergian menggunakan pesawat sebaiknya mengetahui prosedur apa saja yang harus dilakukan. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Beri tanda kepemilikan kursi roda. Sebelum memasukkannya ke dalam bagasi, beri label kepemilikan kursi roda di tempat check in. Saat proses check in dilakukan, ganti kursi roda milikmu dengan kursi roda milik maskapai atau pihak bandara.

  • Periksa label di kursi roda. Biasanya, petugas akan melabeli kursi roda dengan tulisan “handle with care” atau “side door”. Pelabelan ini bertujuan untuk mencegah kursi roda dilempar atau dibanting saat masuk ke dalam kabin.

  • Ingatkan tentang kepemilikan kursi roda. Ingatkan ulang tentang kepemilikan kursi roda pada awak kabin, jika kamu ingin turun dari pesawat dengan kursi rodamu sendiri. Dalam hal ini, kamu dapat menginformasikan kepemilikan dengan identitas atau ciri kursi roda milikmu.

  • Periksa ulang kursi roda sebelum digunakan. Proses pengambilan kursi roda akan dilakukan oleh petugas maskapai penerbangan. Dalam hal ini, petugas wajib membawakan kursi roda milik penumpang sampai di depan pintu pesawat. Jangan lupa untuk memeriksa ulang apakah kursi roda masih dalam kondisi yang sama saat dititipkan.

  • Serah terima di pesawat. Sebaiknya proses serah terima kursi roda dilakukan di dalam pesawat. Hal ini dilakukan dengan alasan kenyamanan.

Baca juga: Postur Tubuh Bungkuk, Waspada Gejala Kifosis

Sebelum melakukan liburan dengan kursi roda, perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kenyamanan yang bisa diperoleh bagi pengidap disabilitas dari maskapai yang ditumpanginya. Terkadang mereka akan tetap menggunakan kursi rodanya sendiri dengan alasan kenyamanan, atau ukuran yang tidak sesuai pada kursi roda yang telah disediakan pihak maskapai atau bandara.

Hal yang paling penting adalah, selalu perhatikan kesehatanmu sebelum kamu melakukan perjalanan. Jika sebelum pergi kamu merasa ada yang tidak beres dengan kesehatanmu, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat, ya! Kesehatanmu adalah hal yang paling penting diutamakan ketika hendak bepergian.

Referensi:
The New York Times. Diakses pada 2019. Flying Tips for Wheelchair Users, From Wheelchair Users.
Upgraded Points. Diakses pada 2019. The Ultimate Guide to Air Travel with a Disability.