28 December 2018

Liburan di Tahun Baru, Ini yang Perlu Diperhatikan

Liburan di Tahun Baru, Ini yang Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Libur akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk pergi berlibur bersama orang terkasih. Banyak yang memilih untuk menghabiskan penghujung waktu dengan pergi ke tempat tertentu, baik di dalam maupun luar kota. Meski sangat mengasyikkan, tapi jangan lupa untuk selalu waspada dan memperhatikan beberapa hal selama liburan, ya!

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Nyatanya, ada beberapa persiapan yang harus dipastikan agar libur akhir tahun berjalan sesuai rencana. Agar lebih jelas, mari simak tips liburan sehat di tahun baru dan hal-hal yang perlu diperhatikan berikut!

  • Pilih Tempat Liburan yang Sesuai

Memilih tempat liburan yang sesuai merupakan satu hal yang harus disiapkan secara matang. Terutama jika kamu atau anggota keluarga memiliki riwayat gangguan kesehatan, misalnya alergi dingin. Orang dengan kondisi ini, nyatanya harus menghindari tempat-tempat tertentu untuk menghindari penyakit tersebut kambuh.

Alergi dingin alias urtikaria dingin adalah reaksi kulit terhadap dingin. Kondisi ini menyebabkan munculnya bilur berwarna kemerahan di permukaan kulit dan terasa gatal. Gejala dari alergi dingin, biasanya muncul saat kulit terpapar air dingin atau cuaca di bawah 4 derajat Celsius. Kabar buruknya, kondisi ini bisa memicu dampak yang berbahaya, seperti kehilangan kesadaran, tekanan darah menurun, dan bahkan menyebabkan kematian pada kondisi yang sangat parah.

  • Jangan Sembarangan Makan

Wisata kuliner memang menjadi satu hal yang wajib saat liburan, terutama jika mengunjungi tempat baru. Tapi hati-hati, bagi pengidap penyakit mag, maka ada baiknya untuk selalu mengontrol dan tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Jaga agar tetap menjalani liburan sehat ya!

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

Penyakit mag adalah jenis gangguan yang menyerang sistem pencernaan dan membuat pengidapnya merasakan nyeri pada bagian lambung dan perut. Orang dengan kondisi ini harus menghindari jenis makanan tertentu yang dapat memicu mag, serta mengurangi konsumsi zat kafein atau alkohol.

  • Hindari Aktivitas Berlebih

Meskipun menyenangkan, tapi pastikanlah untuk mengetahui batas tubuh, terutama sendi dan tulang. Meski liburan ingin diisi dengan banyak aktivitas, tapi menjaga kesehatan sendi dan tulang pun sangat penting agar tubuh tetap terjaga meski liburan telah usai.

Terlalu banyak melakukan aktivitas, nyatanya bisa memicu terjadinya nyeri sendi. Pasalnya, aktivitas yang tinggi bisa menyebabkan tubuh berisiko mengalami cedera yang memengaruhi jaringan ligamen dan tendon di sekitar sendi.

Kondisi ini bisa memicu rasa sakit pada bagian tubuh tertentu, terutama yang mengalami cedera. Kalau sudah begitu, liburan jadi terganggu dan tidak bisa dinikmati lagi.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan

Keasyikan berlibur bisa membuat seseorang melupakan banyak hal, termasuk minum air putih. Padahal, asupan air adalah hal yang penting untuk tubuh. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kurang asupan air bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini terjadi ketika lebih banyak cairan yang keluar dari tubuh dibandingkan yang masuk.

Baca juga: Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

Dehidrasi bisa menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu, dan bisa mengganggu fungsi normal dari tubuh. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala, seperti rasa haus, warna urine lebih pekat atau gelap, jarang buang air kecil, mulut kering, hingga sakit kepala dan mudah mengantuk.

Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi jumlah asupan air untuk tubuh, sesuai aktivitas yang dilakukan. Menjaga kebugaran tubuh selama libur tahun baru juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!