Liburan Natal Bersama Si Kecil, Siapkan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Liburan Natal Bersama Si Kecil, Siapkan 5 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Tidak terasa sebentar lagi kita sudah berada di penghujung  Natal. Apakah ibu sudah menyiapkan liburan Natal bersama Si Kecil? Biasanya, liburan Natal identik dengan kumpul bersama keluarga, menghabiskan waktu di restoran menyenangkan, atau pergi ke luar kota.

Liburan Natal memang sesuatu yang spesial, karenanya ada baiknya orang tua mempersiapkan hal-hal yang dapat membuat Si Kecil lebih menikmati liburan Natalnya kali ini. Misalnya, kalau bepergian ke luar kota, jangan lupa membawa obat-obatan, atau tetap memantau pola makan anak supaya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Yuk, simak di bawah ini tipsnya!

Ajang Kreativitas dan Tetap Sehat

Setiap tahun, anak-anak dari segala usia dengan penuh semangat menyambut Hari Natal. Aspek budaya dan komersial dari libur Natal ini menjadi tantangan bagi orang tua untuk mempersiapkan Natal dengan menyenangkan, tetapi tidak berlebihan. 

Baca juga: Mendidik Anak Dwi Bahasa, Orang tua Harus Perhatikan Ini

Anak-anak sangat menyenangi lampu yang meriah, aroma makanan manis, dan keriaan menyanyikan lagu Natal. Orang tua tetap bisa menghadirkan suasana Natal dengan menyenangkan, tetapi tetap sederhana kok. Malahan, Natal bisa menjadi ajang mengasah kreativitas anak. Yuk simak di sini tipsnya!

  1. Membuat Kartu Natal 

Ketimbang membeli kartu Natal, bagaimana kalau momen libur Natal kali ini orang tua mengajak Si Kecil untuk membuat kartu Natal sendiri? Bisa dengan karton warna, spidol, serta tempelan-tempelan berwarna yang meriah. Kartu ini bisa anak berikan pada nenek atau kakeknya, sepupu, bahkan teman-temannya.

  1. Mempersiapkan Obat-obatan

Nah, kalau libur Natal kali ini akan dirayakan di luar kota, ada baiknya ibu mempersiapkan kotak obat-obatan. Misalnya, obat masuk angin, demam, atau mual. Pun, bila anak mengidap penyakit tertentu sebaiknya obat-obatan yang lebih spesifik lagi dipersiapkan.

Ketika anak tiba-tiba sakit saat liburan, orang tua jangan panik tanyakan langsung saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orang tua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

  1. Tetap Mengawasi Anak

Liburan biasanya sangat ramai, apalagi kalau di tempat-tempat wisata yang happening, misalnya di pantai, kolam renang, atau pusat permainan. Nah, orang tua tetap harus awas dalam memperhatikan anak, jangan sampai anak lepas dari pandangan mata. Ada baiknya orang tua turut bermain bersama anak. 

Baca juga: Speech Delay pada Anak, Ini yang Harus Diperhatikan Orang tua

Jadikan momen liburan Natal ini sebagai medium untuk mengeratkan ikatan antara anak dan orang tua. Apalagi biasanya di hari biasa orang tua disibukkan dengan pekerjaan, jangan sampai libur Natal pun orang tua masih berkutat dengan pekerjaan, sehingga melewatkan me time dengan anak.

  1. Menuntaskan Pekerjaan Kantor

Satu hal yang sejatinya jangan dianggap remeh oleh orang tua adalah menuntaskan pekerjaan kantor. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan sampai ketika momen Natal datang, orang tua masih harus membawa tumpukan berkas ke rumah. Jadinya, anak tidak bisa menikmati libur Natal dan kedekatan yang seharusnya dibangun saat momen ini.

  1. Pantau Pola Makan Anak

Biasanya libur Natal erat dengan makanan manis, tidur tidak tepat waktu, serta menghabiskan berjam-jam untuk memegang gadget. Betul atau betul? Nah, di momen libur Natal ini ada baiknya orang tua tetap mengerem jam bermain anak. Jangan sampai anak melewatkan waktu tidurnya.

Demikian juga dengan asupan makanan manis, jangan sampai kebablasan, sehingga anak bisa sakit gigi atau malah giginya berlubang. Yuk, tetap sehat meski sedang menikmati libur Natal!

Referensi:

Giraffe.ie. Diakses pada 2019. Preparing for Christmas with your child.