Liburan Natal Enggak Keluar Rumah? Jangan Stres, Hindari Makanan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
liburan natal enggak keluar rumah jangan stres hindari makanan ini

Halodoc, Jakarta – Hari Natal menjadi hari raya yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani. Pasalnya, selain merayakan hari kelahiran Yesus Kristus, Natal juga menjadi momen untuk kumpul-kumpul bersama keluarga. Nah, acara kumpul bersama keluarga kurang lengkap rasanya tanpa hidangan Natal yang menggugah selera, seperti kue manis, steak, permen dan lain-lain. Kamu tentunya juga sudah tidak sabar untuk menyicipi semua hidangan khas Natal, kan? Eit, tapi jangan sampai lupa diri ya. Biar kamu tetap sehat dan berat badan tetap terjaga, hindari makanan ini saat libur natal.

1. Kalkun Panggang

Selain dalam perayaan Thanksgiving, kalkun juga menjadi hidangan wajib pada hari Natal lho. Kalkun memang lebih sering dikonsumsi di negara Barat, tapi belakangan ini, daging yang rasanya mirip, seperti bebek ini juga mulai digemari di Indonesia. Sebenarnya bila disajikan dengan cara dipanggang, kalkun termasuk jenis makanan yang sangat sehat untuk dikonsumsi karena kaya akan protein.

Kandungan protein dalam dada kalkun mencapai sekitar 49 persen, lebih tinggi dibandingkan dada ayam kampung yang persentasenya sebesar 46 persen. Namun, mengingat kandungan lemak dan kolesterolnya juga cukup tinggi, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi kulit beserta lemak yang berada di bawah kulitnya. Melainkan kamu bisa menyantap dagingnya yang juga tidak kalah lezat dengan cocolan saus cranberry yang membuat rasanya semakin mantap.

2. Kue-kue Kering

Sama halnya seperti Lebaran, kue-kue kering pun juga menjadi kudapan yang wajib disediakan untuk menjamu sanak saudara dan teman-teman yang datang berkunjung saat natal. Kue-kue kering yang selalu ada saat Natal, antara lain kastangel, kue putri salju, kue jahe, dan cookies. Selain bentuknya yang kecil, kue-kue tersebut juga memiliki rasa yang bikin ketagihan, sehingga kebanyakan orang tanpa sadar bisa memakannya dalam jumlah yang banyak.

Hati-hati, walaupun camilan tersebut bentuknya kecil, tapi kalori yang terkandung di dalamnya cukup tinggi lho. Misalnya saja saja kue kaastengels. Tiap buah kue kastangel mengandung 257 kilokalori yang berasal dari 18 gram lemak, 20,4 gram karbohidrat, dan 44 gram protein. Kalori yang tinggi ini karena kue-kue kering tersebut terbuat dari bahan-bahan yang tinggi lemak, seperti terigu, mentega, dan telur. Jadi, makan kue khas Natal boleh-boleh saja. Namun, batasi agar jangan sampai berlebihan, sehingga berat badan kamu tetap terjaga.

3. Minuman Cokelat Hangat

Hari Raya Natal di beberapa negara tertentu jatuh pada musim dingin. Itulah sebabnya salah satu minuman yang cukup digemari di waktu Natal adalah cokelat hangat. Enggak hanya di negara-negara Barat saja, minuman hangat yang satu ini juga mulai digemari di Indonesia. Dibalik rasanya yang manis, cokelat juga memiliki kandungan yang dapat membuat suasana hati menjadi rileks dan nyaman.

Namun sayangnya, segelas cokelat (baik panas ataupun dingin) bisa memicu kegemukan dengan cepat lho. Bayangkan saja, didalam 1 ons cokelat mengandung 155 kalori, 10 gram lemak, dan 5 gram lemak jenuh. Apalagi bila kamu menambahkan marshmallow ke dalam gelas cokelat hangatmu.

4. Minuman Bersoda

Salah satu minuman yang juga sering disuguhkan saat libur natal adalah minuman bersoda. Jenis minuman ini memang enak dan cocok dijadikan sebagai pelengkap bagi makanan apa saja. Namun, kamu mungkin juga sudah tahu bahwa kandungan gula yang terdapat dalam minuman bersoda sangat tinggi. Dalam satu kaleng minuman bersoda, terdapat minimal 10 hingga 15 sendok teh gula yang setara dengan 160 sampai 240 kalori.

Jumlah gula ini merupakan jumlah kebutuhan gula dalam satu hari, bahkan bisa melebihi kebutuhanmu. Enggak hanya bisa menaikkan berat badan secara cepat, minum minuman bersoda terlalu banyak juga bisa meningkatkan risiko kamu mengalami diabetes. Jadi, hindari juga minuman yang satu ini ya.

Yuk, jaga kesehatanmu selama libur natal dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, bila kamu sakit atau ingin bertanya seputar masalah kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter ahli di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: