• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lingkar Mata Menghitam, Ini Cara Atasinya

Lingkar Mata Menghitam, Ini Cara Atasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Meski bukan kondisi medis serius, lingkar mata yang menghitam kerap mengganggu penampilan dan menjengkelkan. Namun, untuk melakukan prosedur medis yang hasilnya instan, seperti dermal filler dan laser, membutuhkan biaya yang tak sedikit. Padahal, sebenarnya ada kok cara alami untuk mengatasi lingkar mata yang menghitam ini. 

Berikut beberapa tips yang dapat dicoba:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, tubuh akan memerangkap cairan, yang kemudian menyebabkan pembengkakan. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu pemicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Jadi sebagai langkah awal dalam memberantas lingkaran hitam mata, cobalah untuk membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup setiap harinya. 

Baca juga: Pencegahan agar Lingkar Bawah Mata Tidak Menghitam

2. Perbaiki Jam Tidur

Meski belum tentu menjadi penyebab utama, kurang tidur dapat memperparah kondisi lingkaran hitam pada mata. Jadi, cobalah untuk memperbaiki jam tidur dengan memastikan waktu tidur selalu 7-8 jam setiap malamnya. Namun selain durasi, penting untuk memperhatikan juga kualitas tidur yang baik. Jika kamu mengalami masalah tidur, jangan segan untuk membicarakannya pada dokter di aplikasi Halodoc, ya.

3. Pakai Bantal Tambahan

Agar lingkaran hitam dan kantung mata tak semakin memburuk, cobalah untuk ubah kebiasaan tidur, yaitu dengan memakai bantal tambahan. Sebab, posisi tidur dengan kepala yang sedikit terangkat dapat mencegah cairan menumpuk di sekitar mata saat tidur.

4. Hindari Alkohol dan Kafein

Minuman beralkohol dan berkafein sebaiknya dihindari, jika kamu ingin mengatasi lingkaran hitam pada mata. Sebab, kedua jenis minuman itu dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat lingkaran hitam tampak lebih jelas.

Baca juga: Waspadai Perubahan pada Mata, Kenali Tandanya!

5. Kompres Mata

Tips mudah lainnya yang bisa dipraktikkan di rumah kapan saja adalah mengompres mata, menggunakan kain bersih yang telah dibasahi dengan air dingin. Lakukan hal ini selama beberapa menit dengan sedikit memberi tekanan pada mata. Selain dengan kain basah, kamu juga bisa menggunakan kantung teh hijau dingin, untuk mengompres mata.

6. Mentimun

Tak hanya dengan kain basah dan kantung teh hijau, mengompres mata untuk menghilangkan lingkaran hitam juga bisa dilakukan dengan irisan mentimun. Iris tipis mentimun, lalu simpan sebentar dalam lemari es hingga agak dingin, kemudian taruh atau kompreskan ke kedua kelopak mata. Diamkan 5-10 menit, lalu bilas mata dengan air dingin. Selain membantu menghilangkan lingkaran hitam pada mata, mentimun juga bisa melembapkan kulit di area mata, lho.

7. Kentang

Dengan cara yang sama seperti kompres mentimun, menghilangkan lingkaran hitam pada mata juga bisa dilakukan dengan menggunakan irisan kentang mentah. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa campurkan kentang dan mentimun yang telah dihaluskan, sebagai bahan kompresan.  

Baca juga: Cara Merawat Kulit di Area Sekitar Mata

8. Es Batu dan Teh Chamomile

Alih-alih hanya mengompres kain yang dibasahi air dingin saja, cobalah tambahkan teh chamomile dalam air es sebagai bahan kompresan. Teh chamomile memiliki sifat menenangkan dan ampuh untuk menghilangkan kantung mata. Cara lainnya adalah dengan membungkus es batu dan teh chamomile dalam waslap, lalu letakkan pada mata selama beberapa detik, lepaskan, kemudian kompres lagi. 

9. Susu dan Roti

Selain baik untuk diminum, susu memiliki kandungan lemak dan protein yang sempurna untuk melembapkan kulit. Untuk menghilangkan lingkaran hitam mata, campurkan susu dengan roti hingga lembut, lalu oleskan pada area bawah mata dan diamkan selama 5-10 menit. Selain memudarkan lingkaran hitam mata, perpaduan susu dan roti ini dapat membuat kulit menjadi halus dan kencang. 

10. Cukupi Kebutuhan Kalium

Kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah untuk mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang dapat memicu munculnya kantung dan lingkaran hitam mata. Jadi, pastikan untuk mencukupi kebutuhan kalium, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau. 

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2020. Dark circles under eyes.
WebMD. Diakses pada 2020. Solutions for Dark Circles and Puffy Eyes.