• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Loperamide untuk Hentikan Diare, Ini Aturan Pakainya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Loperamide untuk Hentikan Diare, Ini Aturan Pakainya

Loperamide untuk Hentikan Diare, Ini Aturan Pakainya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Agustus 2022

“Loperamide menghentikan diare dengan cara memperlambat pergerakan usus. Obat ini perlu dikonsumsi sesuai anjuran dokter atau petunjuk kemasan agar tidak membahayakan kesehatan.”

Loperamide untuk Hentikan Diare, Ini Aturan PakainyaLoperamide untuk Hentikan Diare, Ini Aturan Pakainya

Halodoc, Jakarta – Diare merupakan masalah pencernaan yang mengganggu, karena menyebabkan pengidapnya harus bolak-balik toilet untuk buang air besar. Namun, masalah kesehatan tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi obat diare, seperti loperamide.

Loperamide adalah obat diare yang efektif. Obat tersebut bekerja dengan cara memperlambat pergerakan usus. Meski begitu, loperamide perlu dikonsumsi secara tepat agar bisa memberikan manfaat optimal, dan mengurangi risiko efek samping. Simak aturan pakai obat diare ini di sini.

Manfaat Loperamide

Diare adalah masalah pencernaan yang ditandai dengan tinja encer dan meningkatnya frekuensi buang air besar. Masalah kesehatan tersebut biasanya bisa membaik dengan sendirinya dalam 5-7 hari. Namun, bila kamu ingin mengatasinya secara cepat, minum loperamide bisa mengurangi frekuensi ke toilet dan membuat kotoran menjadi lebih padat.

Loperamide bekerja pada reseptor mu-opioid di usus untuk memperlambat pergerakan usus, yang pada gilirannya akan memperlambat kontraksi di usus. Hal itu memungkinkan lebih banyak waktu untuk cairan dan nutrisi diserap kembali ke dalam tubuh, yang membuat tinja kurang encer dan mengurangi frekuensi buang air kecil. Namun, perlu diketahui bahwa obat ini hanya mengatasi gejalanya, bukan penyebab diare.

Loperamide bisa digunakan untuk mengontrol dan meredakan gejala diare akut (terjadi secara tiba-tiba), dan juga diare kronis pada pengidap penyakit radang usus. Obat ini juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi diare yang berulang atau lebih lama akibat kondisi usus. Contohnya seperti penyakit Crohn, kolitis ulserativa, dan sindrom usus pendek.

Pada orang yang memiliki kolostomi (lubang di perut untuk mengumpulkan kotoran dari tubuh), loperamide bisa membuat kotoran menjadi lebih tebal. Hal itu dilakukan dengan memperlambat makanan saat melewati usus. Obat diare ini juga bisa digunakan untuk mengurangi jumlah pengeluaran tinja pada pasien dengan ileostomi.

Aturan Pakai Loperamide

Loperamide adalah obat oral yang tersedia dalam berbagai bentuk, yaitu kapsul, tablet, solusi, obat cair, dan suspensi. Beberapa obat diare ini bisa didapatkan secara bebas di apotek, tapi ada juga beberapa jenis loperamide yang memerlukan resep dokter.

Bila kamu menggunakan produk yang dijual bebas untuk mengobati diare sendiri, pastikan kamu mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Bila kamu menggunakan loperamide yang diresepkan dokter, ikuti petunjuk dokter mengenai dosis dan aturan pakainya. Ingat, jangan mengonsumsi loperamide terlalu banyak, karena bisa menyebabkan masalah jantung serius atau kematian.

Umumnya, dosis loperamide untuk orang dewasa untuk diare akut dan kronis adalah 4 miligram yang diminum setelah buang air besar pertama, kemudian 2 miligram setiap kali habis buang air besar. Kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat diare tersebut lebih dari 16 miligram (8 kapsul) dalam sehari. Sedangkan pada anak-anak, dosis disesuaikan dengan usia dan berat badannya.

Minumlah loperamide dengan segelas air penuh. Diare bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit, sehingga minum air yang banyak penting untuk mencegah dehidrasi.

Bila kamu mengonsumsi loperamide dalam bentuk tablet kunyah, tablet tersebut harus dikunyah secara menyeluruh sebelum ditelan. Minumlah tablet kunyah saat perut kosong. Sedangkan obat diare cair digunakan dengan cara dikocok terlebih dahulu, lalu ukur dosis dengan menggunakan wadah pengukur yang disediakan, baru diminum.

Itulah aturan pakai loperamide. Kamu dianjurkan untuk segera menghubungi atau menemui dokter bila diare tidak membaik setelah 2 hari, atau bila kondisinya memburuk, atau kamu mengalami gejala baru. Bila terdapat darah dalam tinja, demam, rasa penuh atau bengkak pada perut, perut tidak nyaman, segera cari bantuan medis.

Nah, kamu bisa mendapatkan obat dan vitamin yang kamu butuhkan untuk mengatasi masalah kesehatanmu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2022. Loperamide.
WebMD. Diakses pada 2022. Loperamide – Uses, Side Effects, and More.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Loperamide (Oral Route).
Drugs. Diakses pada 2022. Loperamide