• Home
  • /
  • Mabuk Perjalanan hingga Pingsan? Ini Tips Mengatasinya

Mabuk Perjalanan hingga Pingsan? Ini Tips Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Mabuk Perjalanan hingga Pingsan? Ini Tips Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Bepergian ke tempat yang jauh dengan kendaraan mungkin adalah hal yang seru dan menyenangkan. Namun, bagi orang yang mengalami mabuk perjalanan, hal ini bisa menjadi sebuah siksaan. Hal inilah yang sempat dialami pedangdut cantik, Via Vallen, beberapa waktu lalu. Saat mengisi acara di Bengkulu, Via dikabarkan jatuh pingsan, karena kondisi tubuhnya yang belum pulih dari mabuk perjalanan.

Apa yang dialami Via tentu bukanlah hal yang baru. Siapapun, baik anak-anak, orang dewasa, atau lansia, bisa mengalami mabuk perjalanan. Dari segi medis, mabuk perjalanan dijelaskan sebagai kondisi pusing, mual, dan muntah, ketika berada dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan, seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang. 

Baca juga: Hindari Lakukan Ini agar Tak Mabuk Perjalanan

Meski bukanlah kondisi yang berbahaya, mabuk perjalanan dapat sangat mengganggu pengidapnya, karena menyebabkan rasa mual dan muntah. Tak hanya itu, mabuk perjalanan juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti pusing, wajah pucat, peningkatan produksi air liur, rasa tidak nyaman pada perut, lemas, keringat dingin, kehilangan keseimbangan, bahkan pingsan, seperti yang dialami Via.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, kok. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Halodoc sebagai pertolongan pertama. Kapan dan di mana saja, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter lewat chat, dan membeli obat yang diresepkan dokter, langsung lewat aplikasinya. Mudah, bukan?

Namun, jika kamu lebih ingin menggunakan cara yang alami, ada juga kok beberapa tips yang dapat dicoba, berikut ini:

1. Istirahatkan Mata

Centers for Disease Control and Prevention menyarankan orang yang rentan mengalami mabuk perjalanan untuk duduk di kursi yang menghadap lurus ke depan searah kendaraan bergerak, dan menghindari aktivitas membaca selama perjalanan. Jika kamu merasakan gejala mabuk perjalanan mulai muncul, cobalah untuk memfokuskan pandangan pada cakrawala atau objek diam yang jauh sekali, seperti gunung atau papan rambu jalan.

Baca juga: Ini 5 Jurus Jitu Mencegah Mabuk Laut

Hal tersebut akan membantu redakan gejala mabuk perjalanan. Penting juga untuk membatasi aktivitas bermain ponsel, karena dapat meningkatkan rasa pusing dan mual. Jadi, alih-alih menggulir ponsel selama perjalanan, cobalah untuk melihat berbagai pemandangan selama perjalanan, atau tutup mata sesekali agar mata bisa beristirahat. Cara ini mudah, tetapi cukup ampuh mengusir mual yang datang.

2. Hirup Udara Segar

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah menghirup udara segar. Jika memungkinkan untuk membuka jendela, seperti saat perjalanan menggunakan mobil atau kapal laut, cobalah untuk membuka jendela sebentar atau pergi ke dek atau area terbuka di kapal, untuk menghirup udara segar. Hal ini akan membantu redakan gejala mual akibat mabuk perjalanan. 

3. Mendengarkan Musik

Sambil memposisikan tubuh serelaks dan senyaman mungkin, cobalah dengarkan musik lewat earphone. Mendengarkan musik dapat membuat perhatian teralihkan dan mengurangi berbagai gejala mabuk perjalanan yang dirasakan.

Baca juga: 4 Cara Usir Mabuk Perjalanan Saat Mudik

4. Makan Camilan

Makan beberapa camilan ringan merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meredakan mual akibat mabuk perjalanan. Berbagai camilan seperti biskuit, wafer, makanan asin, roti, kacang-kacangan, apel, dan pisang, merupakan beberapa camilan yang direkomendasikan. Hindari makanan berat, berminyak dan asam, karena jenis makanan tersebut cenderung lambat dicerna, sehingga dapat membuat gejala mabuk perjalanan memburuk.

5. Jahe

Bicara soal makanan yang bisa atasi mual seketika, jahe jagonya. Rempah beraroma wangi ini tak hanya bisa menghangatkan tubuh, tetapi juga telah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi mual. Ketika merasakan gejala mabuk perjalanan, cobalah untuk mengonsumsi sepotong manisan jahe, permen jahe, atau minum air jahe. Dijamin, perut akan terasa hangat dan mual pun berkurang!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Motion Sickness.
Healthline. Diakses pada 2020. Motion Sickness.