• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Main Handphone Sebelum Tidur Dapat Merusak Retina

Main Handphone Sebelum Tidur Dapat Merusak Retina

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Handphone adalah salah satu perangkat yang sudah sangat sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Semua orang dapat terpaku melihat handphone selama berjam-jam, bahkan saat akan tidur. Ketergantungan ini dapat berdampak buruk pada tubuh manusia.

Salah satu bagian tubuh yang dapat terkena dampak buruk dari main handphone adalah mata. Kebiasaan ini dapat merusak retina, apalagi jika dilakukan sebelum tidur. Namun, bagaimanakah hal ini dapat terjadi sehingga menyebabkan bagian dalam mata tersebut mengalami dampak buruk? Baca di sini!

Baca juga: Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini

Penggunaan Handphone sebelum Tidur Merusak Retina

Malam hari adalah waktu untuk melepas lelah setelah seharian bekerja di kantor. Saat berbaring di tempat tidur, pasti kamu ingin melihat apa saja yang terjadi seharian ini di sekitarmu. Salah satu yang paling sering dilihat adalah sosial media, yang berguna untuk berinteraksi dengan teman.

Tidak sedikit orang yang dapat menghabiskan waktu berjam-jam saat mengecek handphone ketika akan tidur. Padahal, kebiasaan buruk tersebut dapat merusak retina mata. Dampak main handphone saat akan tidur terjadi karena cahaya yang dihasilkan oleh perangkat tersebut untuk menghasilkan gambar.

Cahaya biru yang terdapat di dalam handphone tersebut dipancarkan sebagai bagian dari spektrum cahaya. Hal tersebut dapat menimbulkan dampak buruk, karena paparan cahaya tingkat tinggi yang dihasilkan oleh handphone saat gelap dapat langsung merusak penglihatan yang berdampak pada gangguan mata yang parah.

Disebutkan bahwa paparan langsung terhadap cahaya biru yang dihasilkan telepon seluler tersebut merupakan kebiasaan yang dapat merusak retina. Cahaya tersebut dapat menyebabkan degenerasi makula, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pusat pada manusia.

Beberapa sumber juga menyatakan terdapat hubungan antara paparan cahaya biru tersebut dengan penyakit katarak. Meski begitu, hubungan dari kedua gangguan ini belum terbukti. Walau begitu, hal yang pasti harus kamu lakukan adalah mengurangi kebiasaan yang dapat merusak retina pada mata.

Maka dari itu, kamu harus bijak dalam menggunakan handphone agar terhindar dari dampak buruk yang mungkin terjadi. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan ini, dokter dari Halodoc siap membantu kamu untuk menjawabnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc ke smartphone yang digunakan untuk kemudahan akses kesehatan!

Baca juga: Durasi Tepat Main Gadget Supaya Mata Tetap Sehat

Dampak Lainnya dari Main Handphone di Malam Hari

Kebiasaan main handphone memang dapat merusak retina, tetapi terdapat dampak buruk lain yang dapat terjadi ketika hal tersebut terus-menerus dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu tahu untuk meminimalisir dampak buruk yang dapat berpengaruh pada hidup kamu, antara lain:

  • Mengganggu Pola Tidur

Salah satu dampak dari main handphone saat menjelang tidur adalah terganggunya pola tidur. Cahaya biru yang dihasilkan oleh handphone dapat mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur tubuh seseorang. Kamu mungkin akan membutuhkan lebih banyak tidur di malam hari dan masih merasa kelelahan.

Beberapa dampak yang serius juga dapat terjadi karena kebiasaan main perangkat seluler tersebut di malam hari adalah penyakit jantung, kenaikan berat badan, depresi, hingga timbulnya rasa cemas. Maka dari itu, kamu harus selalu bijak dalam menggunakan telepon seluler tersebut di malam hari.

  • Meningkatkan Risiko Kanker

Dampak buruk lainnya dari main handphone saat menjelang tidur adalah meningkatnya risiko untuk terkena kanker. Hal tersebut karena melatonin adalah antioksidan kuat yang sangat penting untuk kemampuan tubuh seseorang melawan kanker secara alami. Ketika produksi melatonin menurun, risiko untuk terkena kanker menjadi naik.

Baca juga: Dampak Sinar Biru Gadget yang Mengganggu Kesehatan

Memang, terganggunya hormon tersebut pada satu malam tidak dapat menyebabkan ancaman yang serius. Namun, jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, maka risiko terjadinya kanker juga akan meningkat secara signifikan. Hal tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan menurunnya fungsi kekebalan tubuh.

Referensi:
Nutribullet. Diakses pada 2020. 3 Serious Reasons to Stop Using Your Smartphone at Night
Healthline. Diakses pada 2020. Blue Light from Your Phone May Be Permanently Damaging Your Eyes