• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makan Pedas Harus Dihindari Setelah Sembuh dari Tifus

Makan Pedas Harus Dihindari Setelah Sembuh dari Tifus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Meskipun sudah sembuh dari tifus, bukan berarti kamu sudah boleh bebas mengonsumsi makanan apa saja. Untuk sementara, kamu perlu menghindari makanan yang bercita rasa kuat, seperti makanan pedas. Yuk, simak makanan apa saja yang perlu dihindari setelah sembuh dari tifus di bawah ini.

Tifus atau yang dikenal juga sebagai demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini sangat menular. Penularan tifus paling sering terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Saat terkena tifus, kamu bisa mengalami gejala-gejala, seperti sakit kepala, demam diare, kelelahan, sembelit, menggigil, pembesaran limfa dan hati, dan lain-lain. Masalah gastrointestinal juga sangat umum terjadi bersamaan dengan demam tifus. Beberapa pengidap dapat mengalami penurunan nafsu makan dan mual. Itulah mengapa jenis makanan yang dikonsumsi harus sangat diperhatikan, baik saat terserang tifus maupun setelah sembuh.

Alasan Makanan Pedas Harus Dihindari setelah Sembuh dari Tifus

Setelah sembuh dari tifus, ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari dulu untuk sementara. Salah satunya adalah makanan pedas. Hal ini karena saluran pencernaan kamu masih dalam kondisi yang lemah dan sensitif setelah sembuh dari tifus. 

Mengonsumsi makanan pedas dapat kembali mengiritasi saluran tersebut, sehingga kembali menyebabkan peradangan. Karena itu, makanan apapun yang menggunakan tambahan bumbu pedas seperti cabai, lada, cabai rawit, saus pedas, dan lain-lain sebaiknya dihindari dulu untuk sementara.

Baca juga: Benarkah Sering Makan yang Pedas Bisa Idap Penyakit Pemfigus?

Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Tifus

Selain makanan pedas, kamu yang baru sembuh dari tifus juga perlu menghindari makanan-makanan berikut:

  • Makanan berserat tinggi, seperti sereal gandum dan roti gandum. Sebab, makanan yang berserat tinggi dapat mengganggu sistem pencernaan karena sulit dicerna.

  • Makanan berminyak atau makanan yang digoreng juga harus dihindari dulu setelah sembuh dari tifus.

  • Makanan berbumbu. Sama seperti makanan pedas, makanan yang menggunakan banyak rempah-rempah, berbumbu, atau makanan yang mengandung asam asetat harus dihindari dulu karena dapat mengiritasi pencernaan.

  • Sayuran mentah, seperti kol, tomat, dan lobak juga harus dihindari karena dapat menyebabkan perut kembung dan bergas.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Tifus

Selain menjauhi makanan-makanan yang dapat berdampak buruk pada pencernaan, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat yang bergizi yang baik untuk memulihkan kekuatan tubuh. Sebaiknya kamu juga mengonsumsi makanan yang lunak agar mudah dicerna.

  • Makanan berkalori tinggi, seperti kentang rebus, pisang, nasi, pasta, dan roti putih. Mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam porsi kecil dapat memberi kekuatan dan energi untuk kamu yang baru sembuh dari tifus.

Baca juga: Dikenal Sebagai Comfort Food, Ini 5 Manfaat Konsumsi Sup

  • Makanan kaya karbohidrat. Makanan berkarbohidrat sehat yang lembut, seperti bubur, telur rebus, kentang panggang juga sangat baik untuk dikonsumsi setelah sembuh tifus, karena mudah dicerna.

  • Produk susu, seperti yoghurt, susu, dan telur dapat memenuhi asupan protein yang diperlukan oleh tubuh. Karena itu, makanan tersebut harus dimasukkan ke dalam menu makanan pemulihan tifus. Jenis makanan berprotein tinggi tersebut lebih mudah dicerna dibandingkan dengan daging. Sedangkan bagi kamu yang vegetarian dapat memilih makanan, seperti kacang-kacangan, keju cottage untuk memenuhi kebutuhan proteinmu. 

  • Cairan dan buah-buahan dengan kadar air yang tinggi. Memperbanyak minum cairan juga sangat penting untuk membantu mengembalikan kadar air dalam tubuh yang terkuras selama tifus. Selain minum cairan, seperti air putih, jus buah segar, air kelapa, dan kaldu sayuran, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air, misalnya semangka, melon, anggur, dan aprikot.  

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Usai Terkena Penyakit Tifus

Itulah penjelasan mengenai alasan makanan pedas harus dihindari setelah sembuh dari tifus. Kamu juga bisa bertanya lebih lanjut mengenai tips-tips agar cepat sembuh dari tifus pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medlife. Diakses pada 2020. Foods for Typhoid: What to Eat and What to Avoid.