• Home
  • /
  • Ini 5 Tips Makan saat Lebaran Agar Timbangan Tidak Naik

Ini 5 Tips Makan saat Lebaran Agar Timbangan Tidak Naik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ini-tips-makan-saat-lebaran-agar-timbangan-tidak-naik-halodoc

Halodoc, Jakarta – Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu dari Hari Raya Idul Fitri adalah ragam sajian kuliner khasnya yang lezat. Menu khas lebaran, seperti opor ayam, rendang, sambal ati lengkap dengan ketupat memang tampak sangat menggiurkan dan sulit untuk ditolak. Apalagi setelah satu bulan lamanya kamu berpuasa, Lebaran menjadi waktu di mana kamu bisa merayakan hari kemenangan dengan menikmati berbagai sajian nikmat sepuasnya. 

Namun, hati-hati, jangan sampai setelah Lebaran, timbangan kamu menjadi naik alias berat badan bertambah. Karena itu, perhatikan dulu tips-tips makan saat Lebaran berikut agar berat badan tetap terjaga:

1. Sarapan yang Bergizi

Kelaparan mendorong kamu untuk makan secara berlebihan, sedangkan perut yang terisi membantumu untuk makan dengan porsi yang wajar. Karena itu, sebelum perayaan lebaran dimulai, isi perut kamu dengan menyantap sarapan yang bergizi. Konsumsilah makanan rendah kalori untuk sarapan, seperti oatmeal, telur rebus, smoothies, jus jeruk, dan lain-lain, sehingga kamu terhindar dari godaan untuk makan secara berlebihan.

2. Jadikan Sayur-sayuran Prioritas Utama

Saat ingin mulai mengambil makanan, cobalah untuk makan sayuran terlebih dahulu sebelum menyantap sajian makanan lainnya. Hal ini karena sayuran mengandung nutrisi penting dan serat yang akan membuat kamu merasa kenyang, sehingga tidak akan tergoda untuk mengambil makanan berkalori tinggi secara berlebihan. Atau, kamu boleh-boleh saja menikmati berbagai sajian khas lebaran yang nikmat, tetapi penuhilah isi piringmu dengan porsi sayur lebih banyak dari makanan berkalori tinggi.

3. Mengontrol Porsi Makan

Mengontrol porsi makan adalah kunci paling penting bila kamu ingin menjaga berat badan tetap terkendali saat lebaran. Mengambil makanan sebanyak-banyaknya ke atas piring kamu dengan alasan mumpung lagi lebaran hanya akan menyebabkan timbanganmu naik. Hal ini karena kamu akan cenderung menghabiskan semua makanan yang sudah kamu ambil ke atas piringmu, agar tidak membuang-buang makanan. 

Karena itu, sebaiknya ambil lah makanan dalam porsi yang sewajarnya, terutama makanan berkalori tinggi. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan piring yang lebih kecil saat mengambil makanan dan ambil hanya sejumlah kecil dari setiap jenis makanan. Hal ini memungkinkan kamu untuk menikmati semua sajian Lebaran tanpa membuat berat badan melonjak tinggi.

Baca juga: Porsi dan Jenis Makanan Tepat untuk Menghindari Kenaikan Berat Badan

4. Hindari Minuman Bersoda

Minuman manis, seperti sirup atau minuman bersoda juga sering disuguhkan untuk melengkapi ragam sajian kuliner di hari lebaran. Meminum-minuman manis yang dingin setelah mengonsumsi sajian khas lebaran yang kebanyakan bercita rasa pedas juga tampaknya sangat menggiurkan. Namun, tahukah kamu, minuman manis juga dapat berkontribusi terhadap naiknya berat badan kamu saat Lebaran lho. Minuman manis, seperti sirup atau minuman bersoda hanya tinggi akan gula dan tidak bermanfaat bagi tubuh. Jadi, alih-alih meneguk minuman manis yang dingin, minumlah segelas air putih yang dapat melancarkan pencernaanmu setelah mengonsumsi banyak makanan saat lebaran.

Baca juga: Sering Minum Soda? Hati-hati Bahaya Ini

5. Nikmati Perayaannya, Jangan Hanya Makanannya

Jadikan perayaan lebaran lebih berkesan dengan fokus bercengkrama dengan keluarga dan kerabat. Saat menikmati sajian lebaran, kamu bisa makan dan mengunyahnya secara perlahan sambil mengobrol dengan teman atau keluarga. Hal ini dapat mengalihkan konsentrasi kamu dari makanan, sehingga akan cenderung makan lebih sedikit. Berhentilah makan ketika kamu sudah merasa kenyang dan alihkan lagi perhatian kamu ke percakapan dengan keluarga.

Baca juga: Manfaat Opor Ayam Senikmat Rasanya, Enggak Percaya?

Nah, itulah 5 tips makan saat lebaran yang bisa kamu coba agar timbangan tidak naik. Yuk, jaga kesehatanmu selama lebaran dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Bila kamu sakit atau ingin bertanya seputar masalah kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter ahli di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2020. Eid 2018: 6 Tips From a Nutritionist to Stay Healthy This Eid.
Lifealth. Diakses pada 2020. Eid ul Adha 2018 Special: Health and diet tips to follow on Eid ul Adha.
Malaysian Dietitians’ Association. Maintaining Body Weight during the Festive Season – The Truth?