20 March 2018

Makan setelah Olahraga, Boleh Enggak sih?

Makan setelah Olahraga, Boleh Enggak sih?

Halodoc, Jakarta – Lapar setelah olahraga itu wajar. Apalagi jika kamu habis melakukan olahraga berat yang menghabiskan banyak energi. Tapi, rasa lapar yang muncul setelah olahraga enggak jarang bikin dilema. Apakah boleh makan setelah olahraga? Atau haruskah menahan rasa lapar agar olahraga enggak sia-sia? Agar kamu enggak bingung, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apakah Boleh Makan Setelah Olahraga?

Makan setelah olahraga itu sah-sah saja, asalkan kamu memerhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi. Ini karena tubuh kamu tetap membutuhkan asupan makanan sebagai pengganti energi yang telah digunakan saat olahraga. Kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi seimbang atau camilan seperti cokelat, yogurt, sereal, telur rebus, dan buah untuk memulihkan energi yang terkuras secara cepat. Tapi sebisa mungkin, hindari makanan yang berlemak tinggi dan makanan berat setelah olahraga. Karena ini hanya akan membuat perut kamu "kaget". Kamu baru bisa mengonsumsi makanan berat setelah 30-60 menit setelah olahraga. (Baca juga : 4 Tips Agar Tak Lapar Setelah Olahraga)

Kenapa Harus Makan Setelah Olahraga?

1. Gula Darah Menurun

Makan setelah olahraga dapat mengembalikan glikogen yang telah digunakan saat olahraga. Glikogen adalah cadangan energi yang berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah dan baru akan terisi kembali saat kamu makan. Itu mengapa saat kamu olahraga tanpa makan setelahnya, gula darah dalam tubuh cenderung menurun. Akibatnya, kamu bisa mengalami keringat dingin, gemetar, badan lemas, dan pusing.

2. Kram Otot

Saat tubuh kehilangan glikogen, tubuh akan mencari sumber energi lain seperti lemak atau otot. Nah, jika tubuh mencari glikogen pada otot, tubuh akan berpotensi kehilangan massa otot sehingga membuat otot menjadi lemah. Kondisi inilah yang dapat membuat otot tidak terbentuk, bahkan memicu kram otot.

3. Dehidrasi

Saat melakukan olahraga, jangan lupa untuk makan dan minum. Ini dilakukan untuk mengganti energi yang keluar, mengembalikan cairan tubuh, dan mempercepat pemulihan otot. Jika tidak, tubuh akan mengalami dehidrasi yang akan berdampak pada kelelahan, penurunan performa, kejang otot, heat stroke, bahkan pingsan. Agar tetap terhidrasi, kamu juga perlu mengonsumsi air sebelum dan saat berolahraga, ya.

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Setelah olahraga, tepatnya setelah 30-60 menit, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Karbohidrat seperti ubi, kentang, nasi, oatmeal, dan sayuran hijau berguna untuk mengganti glikogen dalam tubuh. Sedangkan protein seperti telur, susu, keju, yogurt, daging ayam, dan ikan berguna untuk membantu tubuh membangun massa otot. Hal ini didukung oleh studi yang dilakukan oleh The Colorado State University Extension. Studi tersebut menyebutkan bahwa makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan sedikit lemak.

Agar tidak cedera saat olahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga, ya. Kamu juga bisa menanyakan ke dokter Halodoc tentang pertolongan pertama saat cedera, sehingga kamu enggak perlu panik kalau tiba-tiba cedera saat berolahraga. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.