• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Berbuka Puasa yang Aman untuk Pengidap Maag

4 Makanan Berbuka Puasa yang Aman untuk Pengidap Maag

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bagi pengidap maag, menjalankan ibadah puasa bisa dibilang menjadi tantangan tersendiri. Sebab, mereka biasanya punya cukup banyak pantangan makanan yang harus dipatuhi, jika tidak ingin gejala kambuh dan mengganggu puasa. Lantas, apa saja makanan berbuka puasa untuk pengidap maag yang aman dan sehat?

Sebenarnya, makanan berbuka puasa yang aman untuk pengidap maag sama saja seperti hari-hari biasanya. Jika biasanya pengidap maag dianjurkan untuk menghindari makanan pedas, asam, keras, terlalu panas ataupun dingin, saat puasa kebiasaan makan ini juga perlu diterapkan. Karena seharian perut kosong, pengidap maag sebaiknya berbuka dengan makanan bertekstur lunak agar mudah dicerna dan tidak memberatkan kerja lambung.

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Ragam Pilihan Makanan Berbuka Puasa untuk Pengidap Maag

Jika selama ini kamu bingung memilih makanan untuk berbuka puasa saat mengidap maag, berikut beberapa makanan yang direkomendasikan:

1. Kurma

Buah bercitarasa manis yang populer saat bulan puasa ini nyatanya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, lho. Tak terkecuali bagi pengidap maag. Hal ini karena kurma mengandung serat yang tinggi (sekitar 11,8 gram), sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. 

Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa juga dapat membantu mengendalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Jadi, lambung pun akan terlindungi dari kadar keasaman berlebih, yang dapat meningkatkan asam lambung. Untuk berbuka puasa, kamu cukup mengonsumsi 3 butir kurma dan 3 butir lagi saat sahur.

2. Mashed Potato (Kentang Tumbuk)

Kentang adalah makanan sumber karbohidrat yang baik untuk pengidap maag. Hal ini karena kentang mengandung senyawa alkali, yang dapat membantu menetralisir asam lambung, sehingga mencegah kambuhnya sakit maag. Cara pengolahan kentang yang terbaik untuk pengidap maag adalah dengan direbus atau dikukus. Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuatnya jadi kentang tumbuk.

Tak hanya mengurangi gejala asam lambung, mengonsumsi mashed potato saat berbuka puasa juga dapat mendongkrak energi. Agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi, kamu bisa lengkapi menu mashed potato dengan sayuran seperti brokoli. Sayuran ini merupakan sumber kalium dan vitamin C yang baik untuk melindungi lambung dari infeksi.  

Baca juga: Hal-Hal Ini Bisa Terjadi pada Pengidap Maag Kronis

3. Sayur Bayam

Meski merupakan jenis makanan yang menyehatkan, tidak semua jenis sayuran boleh dikonsumsi oleh pengidap maag. Sebab, beberapa jenis sayuran mengandung gas, yang justru dapat memicu produksi asam lambung, seperti sawi putih, kol, lobak, nangka muda, dan sayuran mentah. 

Di antara banyaknya jenis sayuran, bayam adalah pilihan terbaik yang aman untuk pengidap maag, karena tidak mengandung gas. Apalagi, bayam mengandung serat yang baik untuk kelancaran sistem pencernaan. Jika pencernaan lancar, asam lambung akan lebih mudah dikendalikan dan terhindar dari refluks.

Bayam juga memiliki kandungan mineral penting bagi kesehatan lambung, yaitu selenium dan zinc. Selenium bermanfaat untuk melindungi kerongkongan, sedangkan zinc dapat menghambat sekresi asam lambung, sehingga gejala asam lambung bisa dicegah.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

4. Nasi Tim

Salah satu jenis makanan yang jadi pantangan pengidap maag adalah makanan yang bertekstur keras. Apalagi ketika berpuasa, perut akan kosong selama seharian penuh. Jadi, ketika berbuka, pilihlah makanan yang bertekstur lunak dan lembut, agar lambung dapat mencerna makanan dengan mudah.

Nah, salah satu pilihan makanan yang lunak dan lembut adalah nasi tim. Gantilah makanan pokok untuk berbuka puasa dengan nasi tim, lalu lengkapi dengan lauk-pauk lain, agar kebutuhan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa dapat terpenuhi.

Itulah beberapa pilihan makanan berbuka puasa yang aman untuk pengidap maag. Jika gejala maag tetap saja mengganggu saat puasa, download saja aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter lewat chat, tentang keluhan yang kamu alami. 

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2020. A List of Foods that You Can Eat with Gastritis.