• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Berminyak Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Makanan Berminyak Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Makanan yang digoreng dan berminyak, seperti kentang goreng dan ayam goreng sudah dikenal sebagai makanan yang tidak sehat. Bukan hanya tidak baik untuk kesehatan tubuh, makanan berminyak juga diketahui memicu timbulnya jerawat.

Hal itu karena mengonsumsi makanan berminyak bisa membuat kulit wajah menjadi berminyak, sehingga bisa menyebabkan jerawat. Namun, benarkah demikian? Seberapa besar peran makanan terhadap timbulnya jerawat? Berikut ulasannya.

Baca juga: Alasan Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat

Makanan Berminyak Tidak Menyebabkan Jerawat

Kabar baik bagi kamu yang suka makan gorengan, mengonsumsi makanan berminyak ternyata tidak menyebabkan jerawat. Meskipun makanan yang digoreng tidak baik untuk kesehatan kamu, namun hal itu tidak menyebabkan kamu berjerawat.

Bila kamu berjerawat, menjauhi semua makanan berminyak tidak membuat kulit kamu menjadi bersih. Sebaliknya, orang yang berkulit mulus bisa mengonsumsi semua makanan yang digoreng dan tetap tidak berjerawat. Hanya saja, terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol yang juga berbahaya untuk kesehatan.

Selain itu, dilansir dari laman WebMD, jenis makanan yang justru meningkatkan risiko munculnya jerawat adalah produk olahan susu dan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Makanan Berminyak Tidak Membuat Kulit Lebih Berminyak

Kamu mungkin bertanya-tanya, bukankah makanan berminyak dan gorengan bisa menyebabkan kulit menjadi berminyak? Jawabannya tidak, hal tersebut hanya mitos. Lemak dalam makanan yang dikonsumsi tidak ada hubungannya dengan minyak yang diproduksi di kulit.

Kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Beberapa orang secara alami juga memiliki kulit yang lebih berminyak dibanding yang lain. Hampir semua anak remaja memiliki kulit berminyak, dan itu bukan karena mereka mengonsumsi kentang goreng.

Selama masa pubertas, hormon bisa menyebabkan kelenjar minyak membesar, membuat hidung dan dahi berkilau, serta menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat itulah yang menyebabkan jerawat.

Namun, kamu tetap dianjurkan untuk membatasi jumlah makanan berlemak dan gorengan yang dikonsumsi. Hal itu karena makanan tersebut bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kamu, bukan karena bisa menyebabkan kulit berminyak dan jerawat.

Penyebab Munculnya Jerawat

Penyebab munculnya jerawat lebih berkaitan dengan hormon dan genetika daripada makanan yang kamu konsumsi. Minyak yang berlebihan pada kulit wajah dan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori kulit, sehingga menyebabkan penyumbatan yang disebut komedo.

Saat bakteri penyebab jerawat menyerang, jerawat yang meradang berkembang. Semua hal tersebut ternyata tidak berkaitan dengan makanan yang kamu konsumsi.

Hormon juga berperan besar dalam jumlah minyak yang dihasilkan kulit kamu. Hormon, khususnya testosteron, menstimulasi kelenjar minyak kulit, sehingga menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak. Itulah mengapa jerawat lebih sering terjadi selama masa pubertas baik pada laki-laki maupun wanita, dan tepat sebelum menstruasi untuk wanita.

Jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jadi, bila orang tua kamu berjerawat, kamu juga akan cenderung berjerawat, karena kulit kamu cenderung lebih sensitif terhadap fluktuasi hormonal ini yang menyebabkan timbulnya benjolan tersebut.

Baca juga: Apa Penyebab Jerawat yang Membandel di Wajah?

Cara Mengatasi Jerawat

Jadi, daripada menjauhi semua makanan yang berminyak dan digoreng, fokuslah pada cara mengatasi jerawat yang sudah terbukti efektif. Pilihan obat-obatan jerawat yang terbaik yang dijual bebas mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide. Namun, bila produk obat jerawat tersebut tidak mempan atau bila jerawat kamu cukup meluas atau meradang, obat jerawat dari dokter adalah pilihan terbaik. 

Baca juga: Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Hilangkan Jerawat

Kamu juga bisa membeli obat jerawat melalui aplikasi Halodoc, lho. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play. 

Referensi:
Very well. Diakses pada 2021. Does Eating Greasy, Fried Food Cause Acne?
WebMD. Diakses pada 2021. Acne Causes