• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta - Tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tidur dapat mengembalikan energi yang sudah terkuras seharian, bahkan bisa mencegah stres dan beberapa penyakit kronis. Melansir dari Healthline, tidur mampu menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Secara umum, orang dewasa disarankan untuk mendapatkan waktu tidur 7-9 jam setiap malam. Kalau kamu merasa akhir-akhir ini sulit tidur nyenyak, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tidur kamu lebih berkualitas. Salah satunya mengonsumsi makanan dan minuman sehat. 

Baca juga: Ini 5 Gangguan Tidur yang Perlu Diketahui

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi sebelum Tidur

Makanan dan minuman di bawah ini mampu membuat tidur kamu lebih lelap. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman ini tepat sebelum tidur. Kamu tetap harus memberi jeda makan satu sampai dua jam sebelum tidur. Sesehat makanan apapun yang kamu konsumsi, tetap saja kamu tidak disarankan untuk langsung tidur.Pasalnya, makan sebelum tidur justru bisa membebani pencernaan dan bisa menaikan gula darah. 

Berikut makanan dan minuman sehat yang mampu mempromosikan tidur:

1. Kacang Almond

Kacang almond adalah sejenis kacang pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang almond mengandung fosfor, riboflavin dan mangan yang dipercaya mampu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Lemak tak jenuh, serat, dan antioksidan yang terkandung dalam kacang almond juga mampu menjaga pencernaan kamu tetap sehat dan melindungi sel dari peradangan. 

Kacang almond juga termasuk sumber hormon melatonin terbaik. Seperti diketahui, melatonin mampu mengatur jam internal dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur. Tidak heran, jenis makanan yang satu ini sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur. 

2. Teh Camomile

Teh camomile adalah teh yang cukup populer. Teh ini terkenal akan kandungan flavonnya. Flavon adalah golongan antioksidan yang mengurangi peradangan yang memicu penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Tidak sampai di situ saja, teh herbal ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Apigenin, sejenis antioksidan yang terkandung dalam teh camomile, bekerja mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia. Minum teh camomile sebelum tidur tentunya patut untuk dicoba jika kamu ingin meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Gangguan Tidur Membahayakan Kesehatan

3. Buah Kiwi

Kiwi adalah buah yang rendah kalori dan sangat bergizi. Satu buah dapat mengandung 42 kalori dan sejumlah besar nutrisi, seperti vitamin C, folat, potasium, dan berbagai mineral lainnya. Mengonsumsi buah kiwi dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol. Efek ini disebabkan oleh tingginya jumlah serat dan antioksidan karotenoid yang tersedia dalam buah kiwi. Serotonin dan antioksidan dalam kiwilah yang mampu meningkatkan kualitas tidur kamu. 

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel adalah sumber vitamin D yang luar biasa. Selain vitamin D, ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3 yang sehat, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). EPA dan DPA dikenal untuk mengurangi peradangan. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat melindungi dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak.

Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak juga berpotensi meningkatkan kualitas tidur. Sebab, kedua zat ini telah terbukti meningkatkan produksi serotonin.

5. Kacang Kenari

Kacang kenari menyediakan lebih dari 19 vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya adalah magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga. Kacang kenari juga termasuk jenis kacang yang mengandung asam lemak omega-3 dan asam linoleat serta sumber melatonin yang baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asam lemak omega 3 dan melatonin mampu meningkatkan kualitas tidur. 

Baca juga: Sulit Tidur, Coba Atasi dengan 7 Cara Ini

Itulah beberapa makanan yang mampu membuat kamu tidur nyenyak. Jika kamu masih kesulitan tidur, sebaiknya bicara dengan dokter lewat aplikasi Halodoc untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 9 Best Foods and Drinks to Have Before Bed.
WebMD. Diakses pada 2020. Foods That Help or Harm Your Sleep.