Makanan Ini Bisa Cegah Orang Terkena Flu

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
makanan mencegah flu

Halodoc, Jakarta - Flu merupakan penyakit yang sangat rentan terjadi pada musim pancaroba seperti sekarang ini. Cuaca sendiri sering berganti tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, banyak orang yang rentan terkena penyakit flu.

Dalam hal ini, cara terbaik untuk mencegah terjadinya flu adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan pola hidup sehat. Tidak hanya itu saja, konsumsi makanan pencegah flu juga disarankan guna membantu menstimulasi daya tahan tubuh, serta mengatasi gejala awal munculnya flu. 

Baca juga: Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini

Berikut ini 10 makanan yang dapat kamu konsumsi guna mencegah terjadinya flu:

  • Cabai Rawit

Siapa yang tidak menyukai makanan pedas? Ternyata, cabai tidak hanya nikmat ketika disantap, tetapi juga menyajikan senyawa unik bernama capsaicin ini baik bagi fungsi dan kondisi sinus. Semakin pedas cabai, maka kandungan capsaicin di dalamnya pun akan semakin tinggi. Tidak hanya mengandung capsaicin, cabai juga mengandung vitamin C dan A yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Bayam dan Wortel

Kandungan zinc dalam bayam ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu tubuh dalam menjaga kestabilan tubuh. Sedangkan kandungan betakaroten dalam wortel ampuh dalam mengatasi gejala flu ringan dengan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk memiliki kandungan tangerin dan senyawa asam lainnya yang dapat mengatasi masalah pada sinus, tenggorokan, dan sistem saraf di kepala yang dapat membantu mengatasi gejala awal flu. Sedangkan madu merupakan pendukung manfaat yang terkandung dalam jeruk nipis, sekaligus membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

  • Nanas

Dalam buah nanas mengandung sederet manfaat guna meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Tak hanya itu, nanas juga mengandung bromelain yang baik untuk membantu meredakan masalah pada tenggorokan.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Sehat untuk Sambut Tahun Baru 2019

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan probiotik yang baik dikonsumsi oleh manusia. Yoghurt memiliki sejumlah manfaat baik yang dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan sistem imunitas tubuh karena kandungan mineral penting di dalamnya. 

  • Ikan Salmon dan Tiram

Ikan salmon mengandung aneka lemak baik dan asam lemak salmon yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan tiram mengandung zinc yang dapat membantu meredakan gejala awal flu, seperti hidung gatal dan sakit tenggorokan.

  • Teh dan Lemon

Lemon mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan kandungan kafein dalam teh dapat meringankan pusing pada kepala yang biasanya muncul akibat flu.

  • Kembang Kol 

Glutathione merupakan salah satu kandungan penting yang dibutuhkan dalam sistem pertahanan tubuh dengan mencegah adanya iritasi. Bahan yang satu ini baik dalam mencegah terjadinya flu.

  • Jahe

Dalam hal ini, kamu dapat mencampurkan jahe bubuk dengan air panas jika kamu merasakan gejala-gejala flu. Kandungan minyak atsiri pada jahe mampu memperbaiki imunitas tubuh dan memperbaiki masalah pada aliran darah menuju otak yang sering terganggu ketika flu menyerang.

Baca juga: Ini Makanan Sehat yang Tepat Jika Ingin Usus Sehat

  • Telur dan Kacang

Kedua makanan ini mengandung banyak protein, fosfor, tembaga, magnesium, dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menstimulasi daya tahan tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, makanan ini akan membantu tubuh dalam meningkatkan perlawanan terhadap flu.

Beberapa makanan tersebut harus juga didukung dengan menjalani pola dasar hidup sehat, seperti istirahat cukup dan olahraga teratur. Jika kamu mengalami masalah kesehatan ketika musim pancaroba datang, silangkan langsung diskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. The One Food This 94-Year-Old Doctor Eats Every Day to Completely Avoid Colds and the Flu.
Healthline. Diakses pada 2019. Flu Diet: 9 Foods to Eat When You Have the Flu and 4 Things to Avoid.