• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Kaya Vitamin B untuk Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Makanan Kaya Vitamin B untuk Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Makanan Kaya Vitamin B untuk Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting untuk selalu memenuhi asupan nutrisi yang satu ini, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Mau tahu apa saja makanan yang kaya akan kandungan vitamin B?

Halodoc, Jakarta – Vitamin B menjadi salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak manfaat sehat dari asupan ini, salah satunya meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin B adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. 

Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B, baik vitamin B1, B2, B9, hingga B12. Mengonsumsi beragam jenis makanan tersebut nyatanya bisa memberi manfaat kesehatan untuk tubuh. Apa saja makanan yang kaya akan jenis vitamin ini dan baik untuk dikonsumsi? Temukan jawabannya di artikel berikut ini!

Baca juga: Ini Cara Mencegah Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Makanan yang Kaya Kandungan Vitamin B 

Salah satu cara memenuhi kebutuhan asupan vitamin untuk tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin B. Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin ini, di antaranya: 

  1. Seafood 
seafood

Mengonsumsi hidangan laut alias seafood bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Jenis makanan ini, seperti kerang dan kepiting diketahui kaya akan kandungan vitamin B12, vitamin A, serta vitamin C. 

  1. Ikan 
ikan

Beragam jenis ikan bisa menjadi sumber vitamin B terbaik. Kamu bisa memasukkan ikan tuna atau ikan salmon ke dalam menu makan harian. Daging ikan memiliki banyak kandungan vitamin B3, B6, dan multivitamin B12. Jenis makanan ini juga banyak mengandung mineral penting, seperti potasium, selenium, dan zinc. 

Baca juga: Begini Cara Menerapkan Hidup Sehat selama Pandemi

  1. Daging 
daging

Mengonsumsi daging sapi juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memenuhi asupan vitamin, terutama vitamin B12. Selain itu, daging sapi juga merupakan sumber protein serta vitamin B2. Jika dikonsumsi secukupnya, kandungan nutrisi dari makanan ini bisa menjaga kesehatan tubuh. Sebaliknya, berlebihan dalam mengonsumsi daging sapi justru bisa memicu gangguan, seperti kadar kolesterol tinggi. 

  1. Susu 
susu

Rutin minum susu bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin B12. Tidak hanya itu, susu juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti kalsium dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. 

  1. Telur 
telur

Telur masuk dalam jenis makanan yang kaya kandungan vitamin, terutama vitamin B5 dan B12. Selain itu, mengonsumsi telur juga bisa membantu memenuhi kebutuhkan protein dan vitamin D tubuh.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal pada Lansia

Nah, itulah beberapa makanan sehat yang kaya asupan vitamin B. Cari tahu lebih lanjut seputar vitamin dan makanan yang bisa dikonsumsi dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan informasi seputar makanan sehat dari ahlinya. Download Halodoc di sini!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Foods High in B Vitamins.
Healthline. Diakses pada 2021. Vitamin B-12: Foods for Vegetarians.