Makanan Manis Bisa Picu Kadar SGOT Tinggi, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Makanan Manis Bisa Picu Kadar SGOT Tinggi, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu mengalami mual, muntah, diare, serta sakit kuning? Semua gejala tersebut mungkin saja menandakan kamu mengalami gangguan fungsi hati. Untuk memastikannya, umumnya tes darah SGOT akan dilakukan. Jika tes SGOT hasilnya tinggi, maka kamu harus mendapat perawatan intensif.

SGOT yang tinggi umumnya terjadi pada seseorang yang mengidap gangguan pada hati, walaupun juga dapat terjadi ketika mengalami kelainan jantung dan ginjal. Namun, benarkah kelainan pada enzim ini dipicu oleh makanan manis? Berikut pembahasan lengkapnya mengenai hal ini!

Baca juga: Kadar SGOT Meningkat, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Kadar SGOT Tinggi Dapat Disebabkan oleh Makanan Manis?

SGOT atau serum glutamic oxaloacetic transaminase adalah enzim yang umum ditemukan di hati atau liver. Enzim tersebut mempunyai tugas untuk mengolah protein yang ada di dalam tubuh. Untuk memeriksa jika kamu mengidap terlalu banyak kadar SGOT, dokter mungkin mengambil sampel darahmu.

Pada kadar normal, batas enzim ini sekitar 5 hingga 40 mikro per liter. Walau begitu, batas normal pada tiap orang mungkin berbeda-beda. Semua itu tergantung prosedur yang digunakan ketika memeriksanya. Semuanya akan terlihat ketika pemeriksaan telah selesai dilakukan.

Apakah benar makanan manis dapat memicu SGOT tinggi di dalam tubuh? Ternyata, makanan manis mungkin saja menyebabkan kadar enzim tersebut tinggi, tetapi secara tidak langsung. Hal tersebut karena makanan tersebut dapat meningkatkan glukosa di tubuh yang akhirnya diubah menjadi lemak ketika tidak digunakan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal makanan manis, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Pemesanan untuk pemeriksaan fisik melalui aplikasi tersebut di rumah sakit pilihan juga dapat kamu lakukan.

Baca juga: Perlu Tahu, Fakta Penting Mengenai Pemeriksaan SGOT

Cara Menurunkan Kadar SGOT yang Tinggi pada Tubuh

SGOT memang enzim yang penting pada tubuh untuk mencerna glukosa dan lemak di dalam tubuh. Meski begitu, bahaya dapat terjadi apabila produksi sampingan dari enzim tersebut sudah masuk ke pembuluh darah. Selain obat-obatan, beberapa cara sehat dapat dilakukan untuk menurunkan kadar enzim tersebut.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Salah satu cara sehat yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan SGOT yang tinggi pada tubuh adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis. Makanan tersebut mengandung glukosa tinggi yang dapat diubah menjadi energi. Namun, jika tidak digunakan, maka akan berubah menjadi cadangan lemak. Semakin sering kamu mengonsumsinya, semakin sulit hati mengolah zat tersebut.

  1. Rutin Olahraga

Dengan rutin berolahraga, kamu dapat membuat SGOT yang tinggi menjadi kembali normal. Cara ini efektif menurunkan berat badan dengan mengeluarkan lemak yang bertumpuk. Hal tersebut dapat meringankan fungsi hati untuk mengolah zat-zat tersebut. Jika semua lemak telah hilang, produksi energi dapat fokus pada glukosa yang masuk ke tubuh. Cobalah untuk olahraga secara rutin karena hal ini menimbulkan dampak baik secara bertahap.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan SGOT?

  1. Hindari Konsumsi Makanan Berlemak

SGOT yang tinggi juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Ketika tubuh kamu terlalu banyak lemak, organ hati kamu mungkin terlalu aktif bekerja sehingga mengalami kerusakan. Maka dari itu, pembatasan mengonsumsi makanan berlemak sangat penting untuk dilakukan. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi banyak sayur dan buah yang baik untuk kesehatan.

Referensi:
Food.ndtv .Diakses pada 2019.Fatty Liver Diet: Symptoms, Causes, Diet Tips And Foods To Avoid
wikiHow.Diakses pada 2019.How to Lower SGPT