• Home
  • /
  • Makanan Manis Bisa Picu Naiknya Trigliserida dalam Tubuh

Makanan Manis Bisa Picu Naiknya Trigliserida dalam Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Makanan Manis Bisa Picu Naiknya Trigliserida dalam Tubuh

Halodoc, Jakarta - Naiknya trigliserida dapat menjadi faktor penyebab penyakit jantung dan stroke. Pengidap diabetes sering kali kesulitan untuk mengelola trigliserida, karena salah satu makanan yang dapat memicu naiknya trigliserida adalah makanan manis. 

Trigliserida merupakan jenis lipid, yaitu sebagian besar lemak yang ada dalam makanan dan tubuh. Mereka bersirkulasi dalam plasma darah dan berhubungan dengan kolesterol dalam membentuk lipid plasma. Trigliserida diperoleh dari makanan yang kamu makan, salah satunya makanan manis. 

Baca juga: 5 Pantangan Makanan saat Kadar Trigliserida Tinggi

Makanan yang Memicu Naiknya Trigliserida

Ketika terlalu banyak makanan dikonsumsi atau makanan berlemak tinggi yang signifikan, mengandung karbohidrat sederhana tingkat tinggi, dan makanan manis, kelebihan makanan tersebut diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak tubuh. Saat dibutuhkan, hormon mengatur pelepasan trigliserida, sehingga dapat digunakan untuk energi. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan naiknya trigliserida.

  1. Gula

Gula sederhana, seperti fruktosa, adalah sumber umum dari trigliserida tinggi. Sangat mudah untuk makan terlalu banyak fruktosa. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan perkembangan resistensi insulin yang dapat menyebabkan gula darah meningkat dan merupakan faktor risiko yang berkontribusi terhadap diabetes tipe 2. 

Fruktosa terjadi secara alami dalam buah dan ditambahkan ke banyak makanan sebagai pemanis dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi. Bukan berarti kamu tidak akan pernah bisa makan buah. Namun, jika kamu memiliki trigliserida tinggi, sebaiknya batasi buah tidak lebih dari dua porsi per hari. 

Jika perlu tanyakan pada dokter atau ahli gizi melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan. Selain itu, batasi makanan seperti permen, es krim, yoghurt manis beraroma, jus manis, dan minuman lainnya, sereal, madu, sirup gula, selain, jeli, hingga buah kaleng. 

Baca juga: Lebih Bahaya Mana, Trigliserida Tinggi dan Kolesterol Tinggi?

  1. Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Lemak jenuh ditemukan dalam makanan yang digoreng, daging merah, kulit ayam, kuning telur, susu tinggi lemak, mentega, dan makanan cepat saji. Lemak trans adalah lemak terhidrogenasi dan ditemukan dalam banyak makanan kemasan, seperti keripik, kue, donat, popcorn, dan kue kering. 

Hindari makanan yang memiliki minyak terhidrogenasi parsial dan sebagai gantinya, pilih protein tanpa lemak. Seperti daging ayam putih tanpa kulit, ikan, susu rendah lemak, putih telur, dan kacang-kacangan. Pilihan minyak yang baik adalah minyak zaitun, minyak canola, dan minyak kacang. 

  1. Biji-bijian Olahan atau Makanan Bertepung

Biji-bijian olahan biasanya dibuat dari tepung putih yang dapat meningkatkan trigliserida. Cobalah untuk menghindari roti putih yang diperkaya, roti gandum, atau pasta. Hindari juga sereal manis, nasi instan, bagel, pizza, kue kering, dan pai. Termasuk makanan bertepung termasuk sayuran bertepung tinggi, seperti kentang. Sebagai gantinya, pilih makanan dengan 100 persen biji-bijian dan sayuran non-tepung. 

  1. Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan hati meningkatkan produksi trigliserida. 

  1. Makanan Berkalori Tinggi

Kelebihan kalori meningkatkan kadar trigliserida. Perhatikan kalori yang kamu konsumsi dan cobalah untuk menghindari makanan mengandung kalori tinggi.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Trigliserida Tinggi pada Lansia

Bagaimana Cara Menurunkannya?

Diketahui bahwa asam lemak esensial, seperti asam lemak Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Jenis lemak ini dapat ditemukan pada ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan tuna. Jika memungkinan, usahakan makan ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu. 

Selain itu, diet seimbang, kaya akan serat, seperti sayuran dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Usahakan untuk mendapatkan tiga hingga lima porsi sayuran setiap hari (satu porsi adalah 1/2 mangkuk dimasak atau 1 cangkir mangkuk mentah).

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. What Types of Foods and Beverages Cause High Triglycerides?