• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Kucing

Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Kucing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Kucing

“Setiap hewan punya jenis pakannya sendiri, tak terkecuali kucing. Sayangnya, masih banyak pemilik yang percaya bahwa hewan satu ini bisa mengonsumsi makanan yang sama dengan manusia. Padahal, ada beberapa makanan yang berbahaya untuk kucing dan sebaiknya tidak kamu berikan.”

Halodoc, Jakarta – Memelihara kucing sebagai teman dan anggota keluarga tambahan di rumah berarti kamu harus melakukan perawatan dan memberikan pakan yang sesuai dengan usia dan kondisinya. Lalu, apakah kamu termasuk pemilik yang memberikan makanan pada kucing sama dengan apa yang kamu konsumsi sehari-hari? Meski hewan ini menyukainya, tahukah kamu jika hal tersebut tidak dilakukan karena ada makanan yang berbahaya untuk kucing?

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa ada beberapa jenis makanan manusia yang ternyata berbahaya bagi kucing karena bisa meracuni tubuhnya. Mungkin, tubuhmu tidak masalah saat mengonsumsinya, tetapi pencernaan manusia dan kucing tidak sama, dan inilah mengapa tersedia makanan yang memang dibuat khusus untuk kucing. Jadi, kucing tetap mendapatkan nutrisi sesuai dengan kebutuhan dan usianya. 

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Kucing

Kucing terlihat suka dengan makanan yang kamu berikan? Hati-hati dengan reaksi yang mungkin berbahaya yang terjadi pada tubuhnya. Jadi, sebaiknya kamu tidak memberikan jenis makanan berikut ini untuk kucing:

  • Kismis dan Anggur

Pertama, hindari memberikan kismis dan anggur pada kucing karena keduanya berpotensi menjadi makanan beracun bagi hewan berkaki empat ini. Bahkan, jangan meski dalam jumlah yang sedikit. 

  • Aneka Bawang

Makanan yang berbahaya untuk kucing berikutnya adalah aneka bawang. Makanan ini memiliki kandungan zat N-propil disulfida yang bisa mengakibatkan hancurnya sel darah merah kucing. Dampaknya tentu kucing akan rentan mengalami anemia atau Heinz body anemia (Heinz body hemolytic anemia). Sementara pada bawang putih, kandungan zat tersebut memang lebih sedikit, tetapi memberikannya pada kucing tetap harus dihindari. Gejala awal yang bisa ditunjukkan kucing yang tidak sengaja memakan bawang-bawangan adalah sakit perut

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

  • Daging, Tulang, dan Telur Mentah

Tak berbeda dengan manusia, kucing yang mengonsumsi daging mentah bisa berujung pada kontaminasi bakteri E. coli atau Salmonella pada tubuhnya. Gejalanya sangat bervariasi, tetapi umumnya kucing akan mengalami diare, muntah, dan tubuhnya terlihat lesu. Sementara itu, telur yang dikonsumsi dalam keadaan mentah memiliki kandungan enzim yang bisa mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan pada bulu dan kulit kucing. Lalu, pada tulang mentah, sebaiknya kamu tidak memberinya demi menghindari tersedak, luka pada saluran pencernaan atau gigi. 

  • Susu dan Produk Turunannya

Susu dan produk turunannya juga menjadi makanan yang berbahaya untuk kucing. Meski kucing suka mengonsumsi susu, belum tentu minuman tersebut memang baik untuk tubuhnya. Pasalnya, tubuh kucing akan cenderung mengalami kesulitan untuk mencerna laktosa yang terkandung dalam susu. Dampaknya, kucing bisa mengalami sakit perut dan diare

Laktosa hanya terpapar pada tubuh kucing saat ia menyusu pada induknya selama beberapa minggu. Jadi, sistem pencernaan pada tubuhnya tidak dilengkapi untuk mengatasi pelepasan laktosa kembali. Meski beberapa kucing seperti tidak kesulitan menolerir susu, tetap pemberiannya tidak disarankan, kecuali susu yang berasal dari induknya. 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Itu tadi beberapa jenis makanan yang berbahaya untuk kucing dan sebaiknya tidak kamu berikan pada hewan tersebut. Jika ada gejala yang tidak biasa pada kucing peliharaan, segera akses aplikasi Halodoc dan tanyakan penanganannya pada dokter hewan sehingga penanganan bisa cepat dilakukan. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc di ponselmu sekarang juga, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Daily Paws. Diakses pada 2021. 15 Toxic Human Foods You Should Never Feed Your Cat.
WebMD. Diakses pada 2021. Slideshow: Foods Your Cat Should Never Eat.
Hills Pet. Diakses pada 2021. Foods that are Dangerous or Toxic to Cats.