• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Mengandung Vitamin K yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Mengandung Vitamin K yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan Mengandung Vitamin K yang Baik untuk Kesehatan

Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk menunjang kinerja organ dan kesehatan. Salah satunya adalah vitamin K. Kurangnya asupan vitamin K akan membuat tubuh rentan mengalami osteoporosis, luka menjadi sulit sembuh, tubuh mudah memar, hingga masalah pada organ jantung.”

Halodoc, Jakarta – Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui arti penting vitamin K untuk menunjang kesehatan tubuh. Bahkan, popularitasnya kalah dengan vitamin C, B, dan D. Padahal, vitamin K juga tak kalah pentingnya dengan jenis lainnya. 

Sama halnya dengan sumber vitamin lain, vitamin K juga bisa didapat dari jenis makanan tertentu. Berikut beberapa asupan makanan mengandung vitamin K yang bisa dengan mudah kamu peroleh. 

Baca juga: Kenali 4 Manfaat Vitamin K bagi Tubuh

  • Berbagai Jenis Buah
Buah-buaham

Pertama, kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan. Salah satunya adalah buah delima. Buah tersebut mengandung vitamin K sebanyak 20 mikrogram. Tak hanya dikonsumsi langsung, kamu juga bisa menikmati buah ini dalam olahan es buah atau jus. 

Selain buah delima, jenis buah lain yang banyak mengandung vitamin K yaitu tomat, alpukat, anggur, bluberi, dan buah prem. Tentu saja, kamu bisa dengan mudah memperoleh buah tersebut di pasar tradisional atau supermarket.

  • Berbagai Jenis Kacang
kacang-kacangan

Kedua, vitamin K juga bisa didapat dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Misalnya, dalam 30 gram kacang mede terdapat kandungan vitamin K sebesar 10 mikrogram. Jumlah ini mampu memenuhi asupan harian orang dewasa sebanyak 20 persen. 

Jenis kacang lain yang bisa menjadi pilihan termasuk kacang hijau, kedelai, kacang merah, dan kacang polong. Tak hanya vitamin K, kamu pun bisa mendapat banyak manfaat lain dengan mengonsumsi kacang-kacangan, seperti folat, kalsium, magnesium, protein, dan serat. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Pentingnya Vitamin K untuk Newborn

  • Berbagai Produk Hasil Hewan
ikan dan telur

Ketiga, makanan mengandung vitamin K banyak dijumpai dalam produk hasil hewan. Sebut saja makanan laut, telur, susu, jeroan, daging, dan keju. Namun, perhatikan batas asupan hariannya, ya. Pasalnya, konsumsi produk hewani berlebihan, terutama daging dan jeroan bisa memicu masalah kardiovaskular.

  • Berbagai Jenis Sayuran
sayur-sayuran

Keempat adalah sayuran, bayam menjadi salah satunya yang kaya akan kandungan vitamin K. Terdapat sekitar 145 mikrogram vitamin K dalam satu cangkir bayam. Namun, pilihannya tentu tak hanya bayam, asupan vitamin K juga bisa kamu dapatkan dari kale, kol, kubis, buncis, brokoli, dan lobak hijau. 

Baca juga: Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Tepat

  • Aneka Jenis Minyak Nabati
minyak nabati

Terakhir adalah minyak nabati, jenis minyak yang sering dikatakan sebagai minyak sehat. Bukan tanpa alasan, minyak nabati tak sekadar mengandung vitamin K, tetapi juga rendah kolesterol jik dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Salah satunya adalah minyak kanola. 

Kamu bisa mendapatkan sekitar 10 mikrogram minyak kanola dalam satu sendok untuk kebutuhan memasak. Pilihan lain yang tak kalah baiknya adalah minyak zaitun. Minyak ini juga telah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Itu tadi beberapa jenis makanan mengandung vitamin K yang bisa jadi pilihan. Jika memang diperlukan, kamu bisa bertanya dengan dokter apakah tubuh kamu membutuhkan asupan suplemen tambahan. Kamu bisa download dan langsung pakai aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter dan membeli vitamin tanpa perlu ke apotek dengan fitur pharmacy delivery. Sangat mudah dan praktis, kan?

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 20 Foods That Are High in Vitamin K.

Harvard T.H. Chan School of Public Health. Diakses pada 2021. The Nutrition Source. Vitamin K.

National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Office of Dietary Supplements. Vitamin K.