• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Pedas Setelah Puasa Bisa Picu Asam Lambung?

Makanan Pedas Setelah Puasa Bisa Picu Asam Lambung?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa sebentar lagi akan tiba. Momen ini biasanya dijadikan untuk berbuka puasa dengan anggota keluarga dan teman-teman dekatnya. Pada bulan tersebut, setiap muslim wajib menahan haus dan lapar sebelum matahari terbit hingga terbenam.

Saat berbuka, banyak pilihan makanan yang dapat dikonsumsi, mulai dari makanan manis hingga pedas. Meski begitu, seseorang yang mengidap gangguan pada asam lambung benar-benar harus menjaga makanannya saat sahur dan berbuka. Banyak orang yang percaya jika makanan pedas yang dikonsumsi saat berbuka puasa dapat memicu terjadinya asam lambung. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya!

Baca juga: Atasi Asam Lambung dengan 7 Pengobatan Rumahan Ini

Makanan Pedas Dapat Sebabkan Asam Lambung Kambuh

Seseorang yang mengidap gangguan pada asam lambung, seperti maag dan gastroesophageal reflux disease (GERD), memang benar-benar harus menjaga makanan yang dikonsumsi. Terlebih lagi, jika perut kosong untuk waktu yang lama disebabkan ibadah puasa. Jika tidak dilakukan, gejala-gejala seperti nyeri ulu hati, kembung, hingga perasaan terbakar pada dada dapat terjadi.

Hal yang paling harus dijaga ketika kamu mengidap gangguan pada asam lambung adalah konsumsi makanan. Sangat penting untuk menjaga tubuh untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas karena dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Makanan yang pedas juga dapat menyebabkan dinding lambung menjadi iritasi sehingga menimbulkan nyeri.

Saat puasa, lambung tidak mendapatkan asupan yang dapat diolah, sehingga mencoba menekan asam yang berguna mengolah makanan yang masuk. Namun saat berbuka puasa, seseorang umumnya akan langsung makan dalam porsi yang banyak. Hal tersebut membuat tubuh memproduksi asam lambung yang terlalu banyak dan menimbulkan kekambuhan pada gangguan di organ tersebut.

Jika konsumsi makanan yang masuk terbilang pedas, cabai mengandung zat capsaicin yang dapat memicu terjadinya iritasi lambung dan saraf lambung, sehingga nyeri pada ulu hati terjadi. Maka dari itu, penting untuk membatasi konsumsi makanan pedas jika saat puasa jika kamu mempunyai masalah pada asam lambung dan untuk mencegah kekambuhan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan mengenai cara menjaga tubuh agar tidak mengalami gangguan terkait asam lambung, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Dapat Memicu Asam Lambung Naik

Cara Mencegah Asam Lambung Kambuh setelah Berbuka Puasa

Penting untuk menghindari makanan pedas saat puasa bagi seseorang yang mengalami masalah pada asam lambung. Selain itu, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kekambuhan pada asam lambung. Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang dapat kamu lakukan saat berbuka puasa dan juga sahur:

  • Poin pertama: Minum air hangat hingga panas yang dapat menenangkan perut menjadi lebih dingin agar tidak terjadi iritasi. Dengan begitu, gangguan asam lambung dapat ditekan agar tidak kambuh.
  • Poin kedua: Minumlah air dengan jumlah yang sedikit. Seseorang yang minum air dengan jumlah yang banyak akan membuat tubuh berpikir kamu kenyang, sehingga menghasilkan asam lambung lebih banyak untuk mencerna makanan.
  • Poin ketiga: Saat tidur, cobalah menyangga kepala di atas bantal. Perut kamu dapat membuat asam naik ke tenggorokan jika berbaring telentang. Tidur dengan bersandar di bantal dapat mengurangi kemungkinan hal ini terjadi dan membantu untuk mencegah terjadinya sakit tenggorokan di pagi hari.

Baca juga: Biar Enggak Lemas Saat Puasa, Ikuti 4 Tips Ini

Cobalah untuk memperhatikan semua yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Bukan hanya makanan yang pedas, tetapi juga asam dapat membuat asam lambung menjadi naik. Dengan memperhatikan beberapa poin tersebut, diharapkan kamu dapat menjalani puasa yang lebih lancar dan sehat dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Referensi:
Leaf. Diakses pada 2020. How to Control Stomach Acid When Fasting.
Keto2fast. Diakses pada 2020. How to prevent Acid Reflux when Fasting.