• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Penambah Darah untuk Pengidap Anemia

Makanan Penambah Darah untuk Pengidap Anemia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan Penambah Darah untuk Pengidap Anemia

“Kondisi anemia setiap orang berbeda-beda, tetapi pada umumnya orang membutuhkan 150 hingga 200 mg zat besi setiap hari. Selain dalam bentuk suplemen, kamu bisa mengonsumsi makanan penambah darah. Jenis makanan yang dapat menambah darah mulai dari sayuran sampai daging.”

Halodoc, Jakarta – Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Ada beberapa penyebab mengapa anemia bisa terjadi mulai dari kehilangan darah, penghancuran sel darah merah, sampai ketidakmampuan tubuh untuk membuat sel darah merah yang cukup.

Kekurangan folat dan vitamin B-12 juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah merah. Diet kaya zat besi, vitamin B, dan vitamin C  dapat membantu kamu mengatasi kondisi anemia. Informasi selengkapnya mengenai makanan penambah darah untuk pengidap anemia bisa dibaca di sini!

Sayuran Hijau dan Daging

Kondisi anemia setiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya orang membutuhkan 150 hingga 200 mg zat besi setiap hari. Selain dalam bentuk suplemen, kamu bisa mengonsumsi makanan penambah darah. Berikut adalah jenis makanan penambah darah untuk pengidap anemia:

Baca juga: Inilah Gejala yang Umum Terjadi saat Terserang Anemia

 1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, terutama yang berwarna gelap, adalah salah satu sumber zat besi nonheme terbaik. Bayam, kubis, sawi, dandelion hijau, dan Swiss chard adalah sayuran hijau yang dapat menambah darah.

Beberapa sayuran hijau seperti swiss chard dan collard greens juga mengandung folat. Diet rendah folat dapat menyebabkan anemia defisiensi folat. Buah jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber folat yang baik.

Beberapa sayuran hijau juga tinggi zat besi. Ini bisa kamu dapatkan pada bayam dan kangkung, yang tinggi oksalat. Oksalat dapat mengikat dengan besi, mencegah penyerapan besi nonheme. 

Baca juga: Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Tepat

2. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Makan sayuran berdaun hijau serta makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, paprika merah, dan stroberi dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Beberapa sayuran hijau merupakan sumber zat besi dan vitamin C yang baik, seperti collard greens dan Swiss chard.

3. Daging dan Unggas

Semua daging baik daging sapi maupun unggas mengandung zat besi heme. Daging merah, domba, dan daging rusa adalah sumber terbaik. Unggas dan ayam memiliki jumlah yang lebih rendah. Makan daging atau unggas dengan makanan zat besi nonheme, seperti sayuran hijau, bersama dengan buah yang kaya vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

4. Hati

Banyak orang menghindari bagian organ, tetapi makanan ini adalah sumber zat besi yang hebat. Hati bisa dibilang adalah daging organ yang paling populer, kaya akan zat besi dan folat.  Ini kaya akan zat besi dan folat. Beberapa jeroan lain yang kaya zat besi adalah jantung, ginjal, dan lidah sapi.

Baca juga: Konsumsi 8 Makanan Ini Demi Kesehatan Hati

5. Makanan Laut

Beberapa makanan laut menyediakan zat besi heme. Kerang, tiram, kepiting, dan udang adalah sumber zat  besi  yang baik. Sebagian besar ikan juga mengandung zat besi. Ikan dengan kadar zat besi terbaik antara lain tuna, ikan kembung, mahi mahi, ikan cuwe, dan salmon.

Perlu diketahui kalsium dapat mengikat zat besi dan mengurangi penyerapannya. Karenya makanan tinggi kalsium tidak boleh dimakan bersamaan dengan makanan kaya zat besi. Contoh makanan kaya kalsium adalah susu, yogurt, kefir, keju, dan tahu.

6. Makanan yang Diperkaya

Banyak makanan yang diperkaya dengan zat besi. Tambahkan makanan ini ke dalam pola makanmu jika kamu seorang vegetarian atau membutuhkan alternatif makanan lain sebagai sumber zat besi.  Beberapa jenis makanan yang diperkaya adalah jus jeruk yang diperkaya, sereal siap saji yang diperkaya, roti putih, pasta yang diperkaya dan lain-lainnya.

Itulah informasi mengenai makanan penambah darah untuk pengidap anemia. Informasi selengkapnya mengenai anemia bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Kalau kamu butuh membeli obat tanpa harus keluar rumah bisa juga melalui Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Best Diet Plan for Anemia.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Foods and meal plans for iron deficiency.