23 May 2018

Makanan Sehat untuk Anak yang Belajar Puasa

Makanan Sehat untuk Anak yang Belajar Puasa

Halodoc, Jakarta – Ramadan telah tiba, seluruh keluarga akan menjalani ibadah puasa, termasuk anak-anak. Tentu sebagai orangtua, melatih anak melakukan ibadah puasa sejak dini merupakan salah satu kewajiban yang sangat penting. Selain penting mengajarkan anak untuk melakukan ibadah puasa, orangtua juga harus tetap memikirkan nutrisi yang dikonsumsi anak pada masa pertumbuhannya. Tidak perlu khawatir, orangtua bisa menyiapkan makanan sehat dan juga menarik ketika anak-anak berlatih puasa.

(Baca juga: Konsumsi 3 Makanan Sehat ini Saat Sahur dan Buka Puasa)

Rencanakan menu makanan yang akan disajikan pada saat berbuka puasa maupun sahur, agar anak-anak tertarik untuk menikmati makanan berbuka dan juga sahur. Selain itu, ibu juga bisa membuat makanan untuk berbuka atau sahur sesuai dengan keinginan anak. Berikut adalah beberapa menu makanan sehat untuk anak yang sedang berlatih berpuasa.

 

  • Sup Sayuran

 

Sup sayuran adalah menu makanan sehat yang memang disukai oleh kebanyakan orang. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak pasti akan menyukai makanan sehat ini. Selain segar karena memiliki banyak air, ternyata sup sayuran juga bisa mengembalikan nutrisi anak-anak yang telah menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 12 jam.

Kandungan bermacam-macam sayuran nyatanya bisa menjadi sumber serat yang sangat baik untuk mengembalikan kebutuhan serat pada tubuh, terutama pada anak-anak. Untuk menambah daya tarik, ibu bisa menambahkan daging ayam sebagai sumber protein hewani atau makaroni yang memiliki bentuk unik agar anak semangat untuk menikmati sup mereka.

 

  • Puding Buah

 

Untuk berbuka puasa, ibu bisa menyiapkan puding buah agar anak menikmati puding buah terlebih dahulu sebelum menikmati makan malam. Tekstur puding yang lembut dan warna warni yang berasal dari buah nyatanya akan membuat anak tertarik untuk menikmati makanan ini. Tidak hanya terasa manis, ibu bisa mencoba variasi buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin baik untuk tumbuh kembang anak.

Tidak hanya pudingnya saja, ibu juga bisa menambahkan fla yang berasal dari jus buah untuk menambah kesegaran. Jus alpukat bisa menjadi pilihan menarik untuk dijadikan sebagai fla puding buah.

 

  • Telur Dadar Gulung

 

Telur dadar adalah salah satu makanan favorit anak-anak. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk anak-anak. Telur merupakan sumber protein tinggi dan juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, kalsium, zinc, fosfor, serta lemak sehat.

Untuk menu telur dadar, ibu bisa berkreasi menjadi telur dadar gulung. Tambahkan sayuran yang menarik di dalamnya seperti jamur, tomat, dan juga potongan daging ayam agar anak semakin tertarik untuk menikmati makanan berbuka puasa maupun sahur mereka.

 

  • Kolak Pisang

 

Untuk hidangan lainnya, ibu bisa membuatkan menu makanan sehat berupa kolak pisang. Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga bisa menjaga kesehatan jantung. Dilengkapi dengan vitamin B, Vitamin C, dan serat, mengonsumsi kolak pisang saat berbuka puasa nyatanya bisa mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak selama menjalankan ibadah puasa. Untuk lebih sehat, ibu bisa mengubah santan dengan susu rendah lemak, supaya kebutuhan protein, fosfor, dan karbohidrat anak tetap terpenuhi.

(Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Dihindari Saat Menjalankan Ibadah Puasa)

Sekarang orangtua tidak perlu bingung untuk menyajikan menu makanan sehat untuk berbuka bagi anak yang berlatih puasa. Yang terpenting, orangtua harus selalu memperhatikan asupan nutrisi pada anak. Nah, jika orangtua ingin tahu lebih banyak mengenai nutrisi yang harus dipenuhi oleh anak saat menjalankan ibahad puasa, ibu bisa tanya melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!