11 June 2019

Inilah Makanan Sehat untuk Mencegah Rakitis

Inilah Makanan Sehat untuk Mencegah Rakitis

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan tulang menjadi salah satu hal yang cukup penting bagi kehidupan. Tulang memiliki fungsi yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Tulang juga memberikan fungsi perlindungan bagi organ yang cukup penting dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu, tulang juga memiliki fungsi metabolik yang digunakan untuk menyimpan mineral atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Baca juga: Kekurangan Vitamin D dan Kalsium Picu Penyakit Rakitis, Benarkah?

Memiliki tulang yang sehat menghindari kamu dari berbagai macam penyakit salah satunya penyakit rakitis. Penyakit rakitis adalah salah satu penyakit yang menyerang tulang disebabkan oleh kekurangan vitamin D, kalsium atau fosfat. Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi lemah dan mengalami pelunakan tulang.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami penyakit rakitis. Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak mengalami penyakit rakitis, seperti kurangnya paparan sinar matahari, jarang konsumsi susu, dan menjalani pola makan vegetarian.

Tidak ada salahnya untuk mengetahui gejala-gejala yang dialami jika seseorang atau anak mengalami penyakit rakitis, yaitu:

1. Nyeri pada Tulang dan Tulang Rapuh

Seseorang yang mengalami rakitis mengalami rasa nyeri pada tulang. Begitu pula dengan anak-anak yang mengalami penyakit rakitis. Kondisi ini membuat anak lebih segan untuk bergerak karena nyeri yang dirasakan pada tulang.

2. Perubahan Bentuk Tulang

Penyakit rakitis menyebabkan perubahan bentuk pada tulang. Pengidap rakitis sangat rentan mengalami kondisi ini.

3. Gangguan Tumbuh Kembang

Pada anak-anak, penyakit rakitis dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak. Tinggi anak-anak yang mengalami rakitis akan lebih rendah dibandingkan anak normal.

Baca juga: Kenali Rakitis, Penyebab Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Makanan Sehat untuk Mencegah Rakitis

Selain kurangnya paparan sinar matahari, penyakit rakitis juga dapat disebabkan karena kurangnya konsumsi makanan sehat sebagai sumber vitamin D dan kalsium. Berikut ini makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah munculnya penyakit rakitis, yaitu:

1. Makanan yang Mengandung Vitamin D

Banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi dapat mencegah rakitis, mengurangi risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, penyakit kanker, penyakit jantung serta depresi. Ada berbagai makanan sumber vitamin D yang bisa kamu konsumsi, seperti:

  • Kuning Telur. Dalam satu kuning telur mengandung sekitar 40 IU vitamin D.

  • Salmon. Selain terkenal sebagai sumber omega 3, nyatanya ikan salmon juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. 3 ons ikan salmon yang sudah diolah mengandung sekitar 447 IU vitamin D.

  • Jamur. Bagi kamu yang menjalani pola vegetarian, mengonsumsi jamur memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

2. Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Tidak hanya makanan yang mengandung vitamin D, makanan yang mengandung kalsium tinggi juga dapat mencegah kamu dari penyakit rakitis. Berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium, yaitu:

  • Susu. Semua jenis susu nyatanya memiliki kandungan kalsium yang cukup baik. Olahan susu seperti yoghurt dan keju juga bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit rakitis.

  • Sayuran Hijau. Sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli dan lobak juga mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga baik kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tulang.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai nutrisi yang baik untuk jaga kesehatan tulang. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 5 Gejala Anak Terserang Penyakit Rakitis