• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan Sehat untuk Turunkan Asam Urat

7 Makanan Sehat untuk Turunkan Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Gejala asam urat yang muncul memang dapat disembuhkan dengan metode pengobatan. Namun, menjaga pola makan sehat juga menentukan tingkat kesembuhan itu sendiri. Pengidap asam urat bahkan tidak boleh mengonsumsi sembarangan sayur, karena akan menyebabkan gejala berintensitas tinggi muncul. Ini sejumlah makanan sehat untuk atasi asam urat!

Baca juga: Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai

Makanan Sehat untuk Atasi Asam Urat

Dalam dunia medis, asam urat dikenal dengan sebutan artritis gout, yaitu penyakit yang timbul saat kadar asam urat tinggi dalam darah. Asam urat sendiri merupakan sisa limbah pengolahan makanan oleh tubuh yang menumpuk dan tidak terbawa ke luar tubuh. Berikut makanan sehat untuk atasi asam urat!

  • Beras Merah

Beras ini mengandung karbohidrat tinggi, serta kadar gula dan kalori yang rendah, sehingga mampu membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Beras ini cocok dikonsumsi para peserta diet. Selain mampu memberikan energi yang tinggi, beras ini juga lebih sehat daripada beras putih. Jika kamu masih asing dengan tekstur dan rasanya, kamu dapat mencampurkan dengan sedikit beras putih.

  • Ikan Salmon

Ikan ini memiliki kadar gizi dan nutrisi yang tinggi, serta mengandung kadar purin yang rendah, sehingga aman dikonsumsi pengidap asam urat. Bukan hanya itu, salmon juga mengandung lemak tak jenuh dan omega-3.

  • Alpukat

Buah ini mengandung sedikit gula, sehingga sangat cocok dikonsumsi peserta diet. Selain itu, alpukat mampu menurunkan asam basa tubuh, sehingga kadar asam urat dalam tubuh dapat berkurang dengan sendirinya. Alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi pengidap kolesterol.

Pengidap asam urat jangan ragu untuk mengonsumsi buah yang satu ini, ya! Karena alpukat banyak mengandung gizi dan nutrisi yang sehat, serta mampu menurunkan asam urat dalam tubuh. Untuk mengonsumsinya, kamu dapat memakannya secara langsung atau mengolah alpukat menjadi jus atau salad.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Kadar Asam Urat

  • Apel

Bukan hanya baik bagi pengidap asam urat saja, buah ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kandungan zat asam malat dalam buah apel, buah ini mampu menetralisir kandungan asam urat dalam tubuh.

Selain itu, zat tersebut mampu membantu membantu tubuh membuang asam urat melalui urine. Kandungan antioksidan tinggi dalam buah apel mampu menangkal radikal bebas dan mencegah timbulnya penyakit lain yang mampu membahayakan kesehatan tubuh.

  • Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di negara tropis, seperti Indonesia. Di dalam buah ini, terdapat kandungan tinggi kalium, rendah gula, serta tinggi alkali, sehingga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Kalium yang terkandung dalam pisang merupakan sumber kalium tertinggi dari seluruh buah, yang mampu menyerap kadar asam urat dan membuangnya melalui urin. Dengan kandungan kalori yang tinggi, buah pisang mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut baik bagi para peserta diet, karena dapat menurunkan berat badan secara cepat.

  • Seledri

Seledri merupakan bahan alami paling efektif dalam menurunkan asam urat dalam tubuh. Daunnya sendiri mengandung banyak kandungan baik, seperti glikosida, apiol dan flavonoid yang mampu mengatasi nyeri di area persendian akibat asam urat. Kamu dapat mengolahnya dengan merebus daun daun seledri dan menyaring airnya, kemudian diminum.

Selain itu, kamu juga dapat mengolahnya sebagai jus, dan disaring untuk diambil ekstraknya, lalu diminum. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengonsumsinya sebanyak 1-2 kali per hari. Seledri bekerja sebagai detoks alami untuk menghilangkan racun yang tersisa dari dalam tubuh.

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Asam Urat

Makanan sehat untuk atasi asam urat dapat dengan mudah kamu temui di sekitarmu. Namun, pastikan dulu kamu tidak memiliki sejumlah penyakit lain atau alergi terhadap bahan makanan tersebut, ya! Untuk hal ini, kamu dapat langsung mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc. Memastikan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi lebih baik daripada mengobati reaksi alergi yang timbul karena salah mengonsumsi makanan.

Referensi:

Arthritis Foundation. Diakses pada 2020. Gout Diet: Dos and Don’ts.

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gout Diet: What's Allowed, What's Not.

Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Lower Uric Acid Levels Naturally.