• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan untuk Anjing Pitbull Agar Tumbuh Sehat

Makanan untuk Anjing Pitbull Agar Tumbuh Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Makanan untuk Anjing Pitbull Agar Tumbuh Sehat

“Anjing jenis Pitbull menjadi pilihan banyak orang karena karakternya yang terbilang unik. Namun, sama seperti hewan lainnya, anjing ras ini juga perlu diperhatikan kondisi kesehatan dan pakan yang diberikan.”

Halodoc, Jakarta – Pitbull adalah jenis anjing yang penuh dengan kasih sayang dan memiliki sifat menyenangkan. Sama seperti jenis anjing lainnya, anjing Pitbull akan tumbuh sehat di rumah yang penuh kasih dengan pelatihan yang baik dan tentunya diet serta pemenuhan asupan nutrisi yang seimbang. 

Kebutuhan Nutrisi Khusus Anjing Pitbull

Trah Pitbull sebenarnya adalah jenis yang mencakup beberapa ras, yaitu American Pitbull Terrier, American Staffordshire Terrier, American Bully, dan Staffordshire Bull Terrier. Meski anjing ini memiliki variasi dalam ukuran, tetapi secara umum anjing Pitbull, termasuk anjing yang berotot dengan kepala persegi dan bulu pendek. 

Anjing jenis ini sangat aktif dengan dorongan memangsa yang tinggi. Ini artinya, makanan tinggi protein dari sumber berkualitas sangat cocok sebagai sumber energi mereka. Meski begitu, tetap ada hal yang wajib kamu ketahui karena anjing ini juga memiliki kebutuhan nutrisi khusus.

Baca juga: Sering Dianggap Galak, Ini 4 Fakta Karakter Anjing Pitbull

Misalnya, beberapa ras Pitbull rentan terhadap alergi, jadi ada baiknya tanyakan pada dokter hewan apakah ada jenis makanan anjing dengan bahan khusus yang direkomendasikan. Lalu, kandungan asam lemak dalam pakan juga dapat membantu mengatasi masalah kulit.

Sementara itu, dalam kasus yang jarang terjadi, anjing Pitbull dapat terserang stenosis aorta. Seiring dengan pengobatan yang tepat, diet seimbang menjadi kunci utamanya, dan pemberian pakan rendah sodium atau minyak ikan tambahan dapat menjadi pertimbangan untuk kesehatan jantung anjing tersebut.

Lalu, hip dysplasia adalah kondisi kesehatan lain yang dapat terjadi pada anjing Pitbull. Terlalu banyak kalsium, bersama dengan vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium, ternyata dapat menghambat perkembangan tulang dan tulang rawan. Jadi, pastikan kamu memperhatikan kandungan vitamin pakan anjing dengan cermat, terutama anak anjing karena sedang dalam masa pertumbuhan.

Sedangkan untuk anak anjing yang lebih besar, kandungan kalsium sebesar 1 hingga 1,5 persen untuk diet secara keseluruhan sudah cukup. Kemudian, untuk anjing Pitbull yang mengalami masalah persendian, atau sudah lebih senior, glukosamin juga merupakan suplemen umum untuk dietnya.

Baca juga: Jenis Anjing yang Tepat untuk Orang Sibuk

Jika anjingmu menunjukkan tanda yang tidak biasa, segera tanyakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa langsung download aplikasinya di ponsel dan membeli resep obat maupun vitamin melalui pharmacy delivery.

Pakan Anjing Pitbull: Basah atau Kering?

Menurut Clinical Nutrition Service (bagian dari Cummings Veterinary Medical Center di Universitas Tufts), pakan basah dapat lebih mudah dikunyah dan ditelan oleh anjing dan merupakan pilihan yang baik. Selain itu, pakan yang dikemas dalam kaleng juga memiliki kandungan air lebih tinggi dan bermanfaat bagi anjing dengan pertimbangan kesehatan tertentu. 

Pun, lemak dan protein lebih banyak terkandung pada jenis pakan basah sehingga bisa menjadi pilihan yang baik jika anjing membutuhkan diet protein yang lebih tinggi, tetapi bukan pilihan yang baik untuk anjing yang perlu memperhatikan asupan lemaknya.

Sementara itu, pakan kering menjadi pilihan yang lebih populer karena memiliki masa simpan yang lebih lama daripada makanan basah. Tidak hanya itu, pakan kering telah ditemukan dalam beberapa kasus juga membantu menjaga kesehatan gigi pada anjing, tentu dibarengi dengan perawatan gigi secara teratur.

Baca juga: Penjelasan di Balik Gonggongan Anjing yang Perlu Dipahami

Jadi, selalu pastikan kamu mengetahui kondisi dan kebutuhan nutrisi anjing Pitbull kesayangan sebelum memberikannya pakan, baik basah maupun kering. Jangan lupa, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan juga baik untuk memantau kondisinya, lho!

Referensi:

The Dog People. Diakses pada 2021. The Best Dog Food for Pit Bulls.