Makanan yang Aman bagi Pengidap Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan yang Aman bagi Pengidap Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Memilih makanan untuk pengidap penyakit asam lambung adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya, orang yang memiliki riwayat penyakit ini harus sangat berhati-hati agar gejala penyakit asam lambung tidak muncul, sebab gejala penyakit ini bisa mengganggu pengidapnya. Penyakit ini ditandai dengan gejala berupa munculnya rasa terbakar di dada atau ulu hati. Kondisi ini juga bisa menyebabkan pengidapnya kesulitan menelan, mengalami mual, hingga muntah. 

Orang yang mengidap penyakit ini harus menghindari makanan-makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pengidap penyakit asam lambung, di antaranya cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, serta buah-buahan asam. Maka dari itu, sangat penting untuk mengatur pola makan dengan baik. 

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung 

Ada beberapa jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit asam lambung. Jenis-jenis makanan ini disebut aman karena tidak akan mengacaukan kondisi lambung, malah bisa membantu meredakan gejala penyakit yang muncul. Berikut jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi pengidap asam lambung! 

  • Jahe

Mengatasi gejala penyakit asam lambung bisa dilakukan dengan konsumsi jahe. Selain itu, rempah alami yang satu ini juga bisa membantu mencegah gejala penyakit ini muncul. Rutin mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi risiko naiknya asam lambung. Jahe bersifat antiradang, sehingga mampu mengatasi masalah pencernaan serta mengobati penyakit asam lambung atau maag

  • Oatmeal 

Asupan serat bisa membantu mengatasi masalah asam lambung, salah satunya bisa didapat dari konsumsi oatmeal. Kandungan serat dalam makanan ini bisa membantu menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks lambung. Pengidap penyakit asam lambung juga disarankan untuk mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum utuh serta jenis makanan yang mengandung ragam biji-bijian. Sebab, di dalam makanan tersebut terkandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Lambung

  • Lidah Buaya 

Gejala asam lambung juga disebut bisa diatasi dengan konsumsi lidah buaya. Kamu bisa mengonsumsi lidah buaya yang sudah diolah menjadi minuman atau makanan yang banyak dijual di pasaran. 

  • Sayuran Hijau 

Serat dalam sayuran juga bisa membantu mengatasi penyakit asam lambung. Kamu bisa mencoba untuk konsumsi sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus. Jenis-jenis sayuran tersebut dipercaya memiliki kandungan yang bisa membantu menurunkan asam lambung. Rutin mengonsumsi jenis sayuran ini juga bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. 

  • Daging Tanpa Lemak

Pengidap penyakit asam lambung tetap bisa menikmati daging, tapi sebaiknya pilih jenis daging tanpa lemak. Pasalnya, orang dengan penyakit ini tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak karena bisa memperparah gejala penyakit asam lambung. Biar tetap sehat, pilihlah jenis daging tanpa lemak, tanpa kulit, dan diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

Selain memperhatikan jenis makanan, pengidap penyakit asam lambung sebaiknya menghindari kebiasaan yang bisa memicu naiknya asam lambung. Hindari kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, serta langsung tidur setelah makan. 

Baca juga: Asam Lambung Mudah Naik karena Hernia Hiatus

Cari tahu lebih lanjut seputar penyakit asam lambung dan apa saja makanan yang dianjurkan dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Health. Diakses pada 2019. 13 Foods That Fight Acid Reflux.
Healthline. Diakses pada 2019. 7 Foods to Help Your Acid Reflux.
WebMD. Diakses pada 2019. Foods That Fight Heartburn.