• Home
  • /
  • 9 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi saat Flu

9 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi saat Flu

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
9 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi saat Flu

Halodoc, Jakarta - Saat kamu atau orang terdekat mengidap flu, hal yang terus dipikirkan adalah mengonsumsi makanan sehat dan kemudian minum obat. Namun, saat flu nafsu makan bisa saja berkurang, sehingga kamu harus menyiasatinya agar makanan yang dipilih mampu mempercepat proses penyembuhan dari flu. 

Makanan sehat memberikan tubuh energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Efek seperti itu sama pentingnya ketika terserang flu. Namun, bukan sembarang makanan yang bisa dikonsumsi selama flu. Pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan tertentu saat terserang flu.

Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Awal Flu

Makanan yang Disarankan Saat Flu

Melansir dari Healthline, berikut ini jenis makanan yang baik dikonsumsi selama terserang flu, yaitu:

  • Kaldu

Segala jenis kaldu, baik itu kaldu ayam, daging sapi, atau sayuran adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi saat mengidap flu. Kamu bisa memakannya segera setelah gejala muncul sampai sepenuhnya pulih. Kaldu membantu mencegah dehidrasi, serta sensasi hangatnya mampu meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

  • Sup Ayam

Sup ayam menggabungkan manfaat kaldu dengan bahan-bahan tambahan. Ayam potong memberikan tubuh zat besi dan protein dan kamu akan mendapatkan nutrisi dari wortel, rempah, dan seledri. Kamu bisa makan sup ayam selama flu untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membuat perut kenyang. 

  • Bawang Putih

Kebanyakan orang berpendapat bahwa bawang putih hanya bumbu dapur yang digunakan sebagai zat penyedap makanan. Sebenarnya bawang putih digunakan dalam pengobatan alternatif untuk berbagai penyakit selama berabad-abad. Para ahli setuju bahwa suplemen bawang putih yang dikonsumsi orang dewasa meredakan flu dan membentuk kekebalan tubuh yang lebih baik dan mengurangi keparahan gejala. Namun, kamu tidak harus mengonsumsi suplemen. Makan bawang putih mentah atau dibakar bisa bermanfaat. Efeknya meningkatkan kekebalan tubuh, pertimbangkan untuk makan bawang putih saat gejala awal flu muncul.

  • Yogurt

Yogurt tidak hanya membantu meredakan sakit tenggorokan, namun juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selayaknya bawang putih. Kamu bisa makan yogurt saat tenggorokan sakit, tetapi pastikan untuk memilih yogurt utuh tanpa gula tambahan.

  • Buah Kaya Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang penting ketika kamu jatuh sakit. Walaupun suplemen dapat membantu, tubuh mampu menyerap nutrisi seperti vitamin C lebih efektif dari makanan yang dikonsumsi. Cobalah buah seperti jeruk, stroberi, atau tomat untuk dijadikan camilan sehat saat terserang flu. 

  • Sayuran Hijau

Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat kamu terserang flu. Sayuran hijau memiliki vitamin C dan vitamin E, sebagai nutrisi penambah kekebalan lainnya. Gabungkan sayuran berdaun hijau dengan buah dalam smoothie, atau memakannya mentah dengan perasan lemon dan minyak zaitun. Pastikan juga untuk mengonsumsinya terus selama kamu sakit. 

  • Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga dengan gizi yang memberikan manfaat bagi tubuh ketika kamu terserang flu. Makan satu porsi saja memberikan vitamin C dan E yang efektif meningkatkan kekebalan tubuh, bersama dengan kalsium dan serat. Cobalah makan brokoli ketika selera makan kembali atau saat flu segera berakhir. Kamu bisa makan sup brokoli, namun pastikan untuk menambahkan garam seperlunya saja. 

  • Oatmeal

Saat sakit, semangkuk bubur gandum panas dapat menjadi pilihan makanan yang menenangkan dan bergizi. Oat, seperti biji-bijian utuh lainnya merupakan sumber alami vitamin E dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Oat juga mengandung antioksidan polifenol serta serat beta-glukan yang memperkuat kekebalan.

  • Rempah

Menjelang akhir flu, kamu mungkin mengalami peningkatan sinus dan dada yang terasa berat. Rempah-rempah tertentu, seperti lada, cengkeh, dan jahe, membantu memecah rasa tidak nyaman sehingga kamu bisa bernapas lebih baik. Namun, hindari makanan pedas saat kamu alami sakit tenggorokan.

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Tak Hanya Makanan, Pastikan Tubuh Terhidrasi saat Flu

Selama flu, kamu dengan mudah alami dehidrasi. Kamu tidak hanya makan lebih sedikit, tetapi juga semakin malas untuk minum. Kurangnya asupan air bisa membahayakan tubuh. Terlebih lagi ketika demam yang menyebabkan air di tubuh hilang akibat keringat. Jika kamu kurang suka dengan air putih, kamu bisa mendapatkan air dari jenis sumber, seperti:

  • Kaldu;

  • Teh jahe;

  • Teh herbal dengan madu;

  • Madu dan teh lemon (campur bagian yang sama dengan air panas);

  • Jus.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat flu. Kamu juga bisa chat dengan dokter di Halodoc untuk menanyakan makanan dan minuman yang disarankan selama flu. Dokter di Halodoc siaga 24 jam untuk memberikan saran kesehatan yang dibutuhkan. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What to Eat When You Have Flu.
Web MD. Diakses pada 2020. Foods to Eat When You Have the Flu.