• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan yang Baik untuk Pengidap Paru-Paru Basah

Makanan yang Baik untuk Pengidap Paru-Paru Basah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Makanan yang Baik untuk Pengidap Paru-Paru Basah

“Meski tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan paru-paru basah, memiliki pola makan sehat dapat membantu pemulihan. Makanan yang direkomendasikan mencakup buah, sayur, biji-bijian utuh, sumber protein, serta susu dan yoghurt.”

Halodoc, Jakarta – Secara sederhana, paru-paru basah atau pneumonia dijelaskan sebagai infeksi yang terjadi di paru-paru, akibat bakteri, virus, atau jamur. Lantas, adakah makanan yang baik untuk pengidap penyakit ini? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Kapan Sebaiknya Paru-Paru Basah Diperiksakan ke Dokter?

Paru-Paru Basah dan Makanan Sehat

Bila bicara soal makanan untuk menyembuhkan paru-paru basah, tentunya tidak ada. Namun, pola makan sehat dapat memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tetap kuat dan tingkat energi tetap tinggi. 

Berikut ini makanan yang direkomendasikan:

  1. Buah dan Sayuran
buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam menangkal infeksi. 

  1. Biji-bijian Utuh dan Karbohidrat Bergizi
biji-bijian utuh

Mengonsumsi biji-bijian utuh dan karbohidrat bergizi seperti beras merah, oatmeal, dan roti gandum dapat meningkatkan energi dan fungsi usus yang normal.

  1. Makanan Sumber Protein
makanan sumber protein

Pengidap paru-paru basah perlu mengonsumsi makanan kaya protein, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ayam/unggas, serta ikan air dingin. Hal ini karena makanan sumber protein tersebut memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat memperbaiki jaringan yang rusak dan membangun jaringan baru dalam tubuh.

Baca juga: Ini 5 Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

  1. Susu Rendah Lemak dan Yoghurt
yoghurt dan susu rendah lemak

Meski ada anggapan bahwa minum susu tidak disarankan saat mengalami masalah pernapasan, British Lung Foundation melaporkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menghubungkan masalah keduanya. Hal ini kecuali jika kamu memiliki alergi. 

Selain susu, produk olahannya seperti yoghurt juga direkomendasikan. Probiotik dalam yoghurt dapat menghambat pertumbuhan patogen penyebab penyakit, serta meningkatkan sistem kekebalan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai makanan yang baik untuk pengidap paru-paru basah. Selain konsumsi makanan sehat, pastikan untuk rutin minum obat, ya. Bila perlu beli obat, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc, lho.

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2021. A List of Foods to Eat for Pneumonia.
The Health Site. Diakses pada 2021. Eat These Foods During Pneumonia For Speedy Recovery.