17 October 2018

Makanan yang Bisa Tingkatkan Fokusmu

meningkatkan fokus, makanan yang meningkatkan fokus otak

Halodoc, Jakarta – Jika kamu merasa kurang konsentrasi saat bekerja, bisa jadi energi tubuh kamu tidak optimal. Pada dasarnya, makanan yang kamu konsumsi juga berdampak pada aliran darah dan oksigen menuju otak. Hal itulah yang dapat memengaruhi lamanya waktu kamu untuk tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk bekerja.

Nah, bagi kamu sudah merasa hilang fokus dalam beraktivitas, berikut adalah beberapa makanan yang meningkatkan fokus otak dalam aktivitas sehari-hari.

1. Cokelat Hitam

Menurut sebuah studi pada 2015, menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam, yang mengandung 60 persen kakao, bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian. Selain itu, studi pada 2013 juga menemukan bahwa orang yang minum dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan, bisa mengalami perbaikan aliran darah ke otak. Alhasil, mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes memori. Konsumsi cokelat hitam juga bisa meningkatkan kadar serotonin dan endorfin dalam tubuh, yang berperan dalam meningkatkan tingkat konsentrasi otak.

2. Pisang

Sebuah studi pada 2008 menemukan bahwa siswa yang makan buah pisang sebelum ujian memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Kandungan potasium, yang merupakan mineral penting dalam pisang, bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung kamu.

3. Telur

Asupan omega-3 yang terkandung dalam telur bisa meningkatkan kinerja otak, termasuk dalam daya ingat, fokus, dan suasana hati. Telur juga mengandung kolin, senyawa yang dapat membantu menjaga selaput otak sehat. Maka dari itu telur termasuk makanan yang meningkatkan fokus otak.

4. Ikan Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu sel-sel otak, memperlambat penurunan kognitif, dan memperkuat sinapsis di otak kamu yang terkait dengan memori. Kandungan protein dalam ikan salmon juga bisa menjaga otak tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Blueberry

Dalam studi Journal of Agricultural and Food yang diterbitkan pada 2010, menunjukkan bahwa orang yang minum jus blueberry setiap hari selama dua bulan, bisa meningkatkan kinerja mereka pada tes belajar dan memori secara signifikan. Kandungan antioksidan dalam blueberry juga bisa membantu meningkatkan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak.

6. Alpukat

Terkandung 75 persen lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat. Lemak sehat ini juga terkandung dalam minyak zaitun. Lemak tak jenuh tunggal ini membantu memproduksi asetilkolin yang memperkuat memori. Kandungan tirosin yang tinggi dalam alpukat juga meningkatkan fokus. Kandungan yang terdapat dalam buah ini juga memperbaiki aliran darah ke otak dan bersifat sebagai anti-inflamasi.

7. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran berwarna hijau kaya akan antioksidan dan karotenoid yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak sekaligus melindunginya. Sayuran hijau juga mengandung vitamin B yang terbukti membantu daya ingat, fokus, dan kesehatan otak.

Sayuran hijau juga mengandung asam folat yang meningkatkan kejernihan pikiran. Bahkan sayuran hijau seperti bayam mengandung potasium yang mempercepat hubungan antar neuron, sehingga membuat otak jadi lebih responsif.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang penyebab atau pun booster saat kehilangan fokus, kamu dapat berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Diskusi dengan dokter menjadi lebih praktis melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Yuk, segera download aplikasinya sekarang!

Baca juga: