• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Trombosit

Ini 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Trombosit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Demam berdarah atau demam berdarah dengue menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh paparan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Ketika nyamuk Aedes aegypti menggigit, virus dengue dibawa oleh nyamuk. Ketika ia menggigit orang lain yang sehat, maka proses penularan akan terjadi. 

Baca juga: 5 Kelainan Darah yang Terkait dengan Trombosit

Saat seseorang terinfeksi virus dengue, hal ini menyebabkan kerusakan dan kebocoran pada pembuluh darah. Hal ini membuat kadar trombosit dalam darah menjadi menurun. Tentunya, kondisi yang tidak diatasi dengan tepat menyebabkan komplikasi penyakit hingga kematian. Umumnya, pengidap demam berdarah disarankan untuk melakukan banyak istirahat dan mengonsumsi cairan. 

Makanan Peningkat Trombosit

Pengidap demam berdarah disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar daya tahan tubuh meningkat. Banyak masyarakat yang juga percaya bahwa ada beberapa jenis makanan yang membantu meningkatkan trombosit pada pengidap demam berdarah, seperti: 

1. Buah Kurma

Buah kurma menjadi salah satu buah yang umumnya disarankan untuk berbuka puasa dan juga ibu hamil. Selain itu, tingginya kandungan vitamin K dalam buah kurma membuat buah ini menjadi salah satu buah yang dipercaya untuk meningkatkan kadar trombosit.

2. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran hijau yang menyehatkan. Rutin mengonsumsi brokoli dapat membuat kamu memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi. Melansir dari Medical News Today, sayuran brokoli menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin K cukup tinggi. Vitamin K menjadi salah satu vitamin yang cukup penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Baca juga: Catat, Ini 6 Fakta Penting Tentang Demam Berdarah

3. Kacang-Kacangan

Melansir Healthline, mengonsumsi kacang-kacangan menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Hal ini disebabkan kacang memiliki kandungan folat yang cukup tinggi yang dapat membantu produksi sel darah merah.

4. Telur

Tidak hanya protein, telur juga memiliki kandungan vitamin B12 untuk menjaga sel darah merah tetap sehat dan optimal. Kekurangan vitamin B12 rentan mengalami penurunan trombosit. Jadi, kamu bisa mengonsumsi telur untuk meningkatkan trombosit. 

5. Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu bumbu masakan yang dikenal dapat meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuh. 

6. Wortel

Selain untuk menjaga kesehatan mata, wortel dipercaya dapat meningkatkan trombosit dalam tubuh. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi wortel agar kadar trombosit di dalam tubuh dapat kembali normal.

Itulah beberapa makanan yang bisa dicoba untuk meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuh. Jika ada yang masih kamu tanyakan, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya dan kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. 

Baca juga: Ini Komplikasi Akibat Demam Berdarah

Perhatikan Gejala dalam Tubuh

Selain mengonsumsi beberapa makanan di atas, sebaiknya tetap perhatikan kesehatan dengan melakukan pengecekan darah untuk memastikan trombosit dalam tubuh. Sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan perawatan medis ketika kamu mengalami gejala.

Periksakan diri saat kamu mengalami sakit kepala yang cukup hebat, alami ruam atau memar yang semakin memburuk, dan mudah mengalami perdarahan pada area gusi, hidung, atau area mulut. Penanganan lebih dini akan menghindarkan dari berbagai komplikasi kesehatan. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How Can I Increase My Platelet Count Naturally?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Naturally Increase Your Platelet Count