15 November 2017

Makin Besar, Ini Cara Atasi Nyeri Punggung Trimester Ketiga

Makin Besar, Ini Cara Atasi Nyeri Punggung Trimester Ketiga

Halodoc, Jakarta – Semakin bertambah usia kandungan, maka bentuk perut ibu pun semakin membesar. Akhirnya ini memengaruhi perubahan fisik ibu serta menimbulkan efek pada tubuh ibu. Ibu mengalami sakit atau nyeri punggung yang terasa tidak nyaman. Biasanya rasa sakit punggung ini terjadi di trimester akhir kehamilan. Umumnya, rasa sakit ini dirasakan sekitar 50 hingga 70 persen ibu hamil. Sakit punggung ini biasanya juga muncul dengan gangguan waktu tidur serta rasa sakit di bagian pinggang.

Sakit punggung yang biasa dialami ibu hamil ini biasanya berhubungan dengan beberapa faktor lain seperti perubahan titik berat tubuh. Dengan semakin membesarnya rahim dan pertumbuhan bayi, maka titik berat akan cenderung menjadi condong ke depan. Akibatnya bagian tubuh jadi tertarik ke belakang, tulang punggung pada bagian bawah juga jadi melengkung dan otot tulang memendek .

Ibu juga mengalami perubahan postur tubuh, sehingga saat terus menerus berdiri, sering membungkuk dapat memicu sakit punggung. Selain itu, sakit punggung juga bisa terjadi akibat meningkatnya hormon. Pada hormon kehamilan yang naik bisa membuat persendian di tulang panggul meregang, pergeseran ini bisa memengaruhi cara punggung ketika menyangga perut.

Ibu hamil yang mengandung anak kembar berpotensi lebih tinggi mengidap sakit punggung. Selain itu, juga ibu yang bekerja banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan berat badan berlebih atau kegemukan juga berpotensi terkena sakit punggung parah saat hamil.

Cara Atasi Sakit Punggung

1.  Memperhatikan Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh yang berubah harus diamati oleh ibu saat hamil karena bisa memengaruhi sakit punggung. Jadi sebaiknya selaraskan cara duduk agar terhindar dari sakit punggung. Caranya dengan berdiri dengan menegakkan kepala, tahan telingan pada bahu dan bokong didorong ke bawah dengan panggung tetap datar.

Jika harus berdiri, gunakan sepatu flatshoes dan memiliki bantalan empuk sehingga nyaman di kaki. Jika duduk untuk waktu yang lama pastikan agar punggung dan pinggul dapat menyentuh bagian sandaran belakang kursi agar postur tubuh tidak terganggu.

2.  Jangan Angkat Beban Berat
Saat membawa barang-barang yang berat ibu bisa berpotensi sakit punggung. Jadi, jika akan mengangkat beban yang berat sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Caranyanya dengan meluruskan punggung lalu tekuk lutus dan angkat menggunakan tenaga kaki. Dekatkan beban yang diangkat ke tubuh untuk menghindari menggunakan otot punggung. Jika ingin memutar badan, lakukan dengan menggerakan kaki dan bukannya memutar badan.

3.  Posisi Tidur
Kehamilan yang kian membesar maka wajar jika ibu mengalami gangguan tidur. Oleh karena itu, cari posisi yang nyaman dengan menghadap kiri. Ini dilakukan agar rahim tidak memberikan tekanan pada vena cava. Posisi ini juga membantu untuk menjaga tulang belakang tetap sejajar. Agar lebih nyaman, ibu bisa meletakkan bantal di bawah perut diantara kedua kaki.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ibu untuk mengatasi masalah nyeri punggung di trimester ketiga. Jika ibu membutuhkan saran kesehatan dari dokter mengenai kondisi kesehatan kandungan. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan seperti vitamin dan suplemen dengan Halodoc. Pesanan akan siap diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.