12 October 2018

Maksimalkan Olahraga Barbel dengan 6 Tips Berikut Ini

maksimalkan olahraga barbel dengan 6 tips berikut ini

Halodoc, Jakarta – Ingin mempunyai lengan yang berotot dan kencang? Atau ingin mengecilkan paha dan membentuk bokong menjadi lebih seksi? Olahraga barbel adalah latihan yang perlu kamu lakukan. Olahraga barbel memang merupakan olahraga yang paling baik untuk pembentukan tubuh. Olahraga ini bermanfaat untuk membentuk otot, membangun tulang yang kuat, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, dengan melakukan berbagai macam gerakan olahraga menggunakan barbel, secara otomatis intensitas olahraga kamu meningkat. Hasilnya, kamu pun bisa mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan lebih cepat. Namun, agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga barbel, perhatikan dulu cara olahraga barbel yang benar berikut ini.

1. Lakukan Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga barbel, biasakanlah untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan sangat penting agar otot-otot di dalam tubuh menjadi lemas dan lebih fleksibel, sehingga kamu pun bisa melakukan olahraga barbel dengan maksimal. Kamu bisa melakukan gerakan push up dan sit up dasar sebagai pemanasan. Lakukan gerakan tersebut sebanyak beberapa set dengan waktu istirahat yang singkat di antara setiap set.

2. Lakukan Peregangan

Selain melakukan pemanasan, kamu juga perlu melakukan peregangan sebelum mulai berlatih angkat beban. Tidak perlu lama-lama, lakukanlah peregangan lengan selama 15 hitungan agar otot lengan lebih mengendur. Peregangan penting dilakukan agar kamu terhindar dari cedera otot seperti otot terkilir atau robek.

3. Pilih Beban yang Tepat

Agar olahraga barbel bisa maksimal, kamu juga perlu memilih beban barbel yang tepat sesuai porsi kamu. Pasalnya, menggunakan beban yang terlalu berat akan meningkatkan risiko kamu mengalami cedera, sedangkan menggunakan beban terlalu ringan tidak akan bisa memberimu hasil olahraga yang maksimal. Karena itu, pada masa awal melakukan olahraga barbel, pilihlah barbel dengan beban yang ringan dulu yang kamu sendiri yakin dapat mengangkatnya. Kemudian, kamu bisa meningkatkan beban secara bertahap setelah beberapa kali latihan. Ingat, peningkatan beban barbel tetap harus disesuaikan dengan kemampuan kamu.

4. Maksimalkan Repetisi

Tips olahraga barbel selanjutnya adalah dengan memaksimalkan repetisi. Kamu perlu tahu bahwa latihan angkat beban yang maksimal bukan dengan mengangkat beban yang paling berat, melainkan dengan memaksimalkan repetisi. Kamu bisa melakukan metode set piramida untuk memaksimalkan repetisi. Set piramida adalah cara meningkatkan jumlah repetisi secara bertahap pada setiap setnya atau pada jumlah set total. Untuk olahraga barbel, kamu bisa mulai dengan 10 repetisi dalam satu set pada masing-masing lengan. Istirahat sebentar, kemudian tambahkan 5 repetisi pada set berikutnya.

5. Lakukan Latihan dengan Rentang Gerakan Penuh

Saat melakukan suatu gerakan dengan menggunakan barbel, lakukanlah dengan rentang gerakan yang penuh (full-range reps), jangan dengan gerakan separuh (partial reps). Gerakan yang penuh melibatkan lebih banyak serat otot yang bekerja sehingga hasilnya akan lebih maksimal daripada bila kamu melakukannya dengan gerakan separuh. Memang dengan melakukan gerakan separuh, kamu jadi bisa mengangkat beban yang lebih berat. Namun, otot yang bekerja lebih sedikit karena rentang gerakan juga sedikit.

6. Berlatih dengan Teknik Pernapasan yang Benar

Menggunakan teknik pernapasan yang tepat saat berolahraga barbel juga penting karena dapat meningkatkan kekuatan kamu dalam melakukan repetisi sebanyak mungkin. Meski terkesan sederhana, tetapi masih banyak orang yang tidak tahu teknik bernapas yang benar saat olahraga barbel. Teknik bernapas yang benar adalah dengan membuang napas saat mengangkat beban dan menarik napas saat menurunkan beban. Hal ini membuat paru-paru kamu mengempes sehingga aliran darah akan lebih mudah mengalir. Enggak hanya itu, kamu juga perlu ingat untuk menarik napas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Menarik napas melalui hidung memungkinkan udara yang masuk ke paru-paru lebih bersih karena telah disaring terlebih dahulu oleh bulu hidung. Setelah itu, barulah bisa dikeluarkan secara leluasa melalui mulut.

Nah, itulah tips-tips agar kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dari olahraga barbel. Kalau kamu punya masalah kesehatan, tanyakan saja langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa meminta saran kesehatan dan rekomendasi obat kepada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.  

Baca juga: