20 June 2018

Malas Berolahraga Pasca-mudik? Begini 5 Cara Mengatasinya

mengatasi malas olahraga, olahraga setelah liburan, motivasi untuk berolahraga

Halodoc, Jakarta - Pasca-mudik, atmosfer liburan masih terasa. Wajar bila kamu cenderung ingin bersantai  di waktu senggang, atau beristirahat setelah beberapa hari bepergian bertemu keluarga. Sayangnya, suasana seperti ini punya efek samping, yaitu rasa malas untuk berolahraga.

Jika sebelum liburan kamu termasuk rajin berolahraga, jeda waktu selama liburan juga bisa menurunkan motivasi. Bahkan, berat badan yang naik beberapa kilogram setelah pesta rendang, opor ayam, ketupat, dan sambal kentang belum cukup kuat untuk mendorong keinginan untuk berolahraga.

Baca juga: 5 Akibat Berbahaya Kalau Malas Berolahraga

Nah, jika kamu mengalami masalah ini, simak tips di bawah ini untuk mengatasi malas olahraga!

  1. Mulai dari yang Ringan

Tentunya tak mudah untuk memulai kebiasaan baru atau kebiasaan lama yang sempat berhenti. Tapi, kamu bisa memulai dengan olahraga ringan. Jika sebelumnya kamu lari pagi setiap hari selama tiga puluh menit, maka sekarang mulailah dengan berlari selama sepuluh menit, dua kali seminggu.

Begitu juga untuk jenis olahraga lain. Kamu bisa meringankan intensitas olahraga kamu, atau juga memulai jenis olahraga lain yang lebih ringan, seperti bersepeda, skipping, atau berjalan pagi.

  1. Cari Teman Berolahraga

Mencari teman untuk saling memotivasi adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi malas olahraga pasca-mudik. Kamu bisa mengajak teman kantor, tetangga, sahabat, pasangan, hingga anak. Berolahraga bersama teman juga bisa mengurangi kesan menjemukan.

Jika teman di sekitarmu sulit diajak berolahraga, cobalah untuk ikut klub olahraga, seperti klub yoga, pilates, zumba, atau futsal. Tak hanya efektif sebagai penyemangat, kamu jadi punya banyak teman baru dengan hobi yang sama.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

  1. Tekuni Kembali Hobi yang Tinggi Aktivitas Fisik

Kalau kamu termasuk orang yang merasa olahraga lari atau pergi ke gym membosankan, maka kamu perlu mencari alternatif yang lebih menyenangkan untuk mengatasi malas olahraga. Salah satunya adalah dengan melakoni hobi yang sarat akan aktivitas fisik.

Ada banyak sekali pilihan hobi yang tak hanya menyenangkan, tapi juga bisa melatih kebugaran tubuh kamu. Contohnya seperti menari, basket, futsal, badminton, voli, renang, wall climbing, dan olahraga lainnya.

  1. Pasang Target untuk Memotivasi Diri

Mulailah dari target-target ringan. Ketika kamu bisa mencapai target kecil itu satu per satu, kamu akan lebih termotivasi untuk terus berolahraga. Ketika semangat olahraga mulai kembali, kamu bisa meningkatkan target kamu, mulai dari intensitas, frekuensi, hingga variasi olahraga yang dijalani.

Hindari pasang target terlalu tinggi. Ketika kamu memasang target terlalu tinggi, progres yang kamu capai menjadi kurang terasa, sehingga malah bisa menurunkan motivasi. Alih-alih menambah semangat, target olahraga yang terlalu tinggi justru bisa membuat kamu ciut di awal.

  1. Sewa Jasa Personal Trainer

Jika beberapa cara di atas masih belum cukup ampuh, ada cara lain yang lebih “agresif” untuk mengatasi rasa malas berolahraga, yaitu menyewa jasa personal trainer. Kasarnya, personal trainer akan “memaksa” kamu untuk disiplin berolahraga. Namun, ini justru adalah hal yang bagus. Kamu jadi punya teman berolahraga yang bisa menyemangatimu, sekaligus membantu kamu meningkatkan efektivitas olahraga yang kamu jalani.

Fee seorang personal trainer yang tidak murah juga, secara tidak langsung, memaksa kamu untuk mulai berolahraga, terus semangat, dan menyelesaikan target-target yang diberikan untuk kamu.

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi rasa malas olahraga setelah libur Lebaran. Kalau kamu merasa gemukan, kamu juga bisa berolahraga sambil menerapkan diet khusus penurun berat badan.

Baca juga: Diet DASH, Rahasia Langsing Setelah Lebaran

Jika ingin tahu lebih banyak tips diet setelah lebaran, kamu bisa hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!