• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Malas Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar

Malas Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Malas Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar

Cuci tangan merupakan hal sederhana, tetapi penting untuk dilakukan secara rutin. Pasalnya, kamu tidak tahu kuman penyakit apa saja yang sudah menempel di tangan kamu setelah beraktivitas sepanjang hari. Dengan mencuci tangan, kamu bisa mencegah berbagai penyakit menular. Mulai dari flu hingga virus corona.

Halodoc, Jakarta – Sejak kecil, kamu mungkin sudah diajari oleh orangtua untuk mencuci tangan secara rutin, terutama setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan. Selain untuk menjaga kebersihan, cuci tangan sebenarnya juga merupakan cara yang sederhana, tetapi penting untuk mencegah penularan kuman penyebab penyakit.

Coba bayangkan, sepanjang hari kamu tentu menyentuh banyak hal, seperti kenop pintu, meja, handphone, pegangan tangga dan masih banyak lagi. Benda atau permukaan tersebut juga sering disentuh oleh banyak orang, sehingga kemungkinan besar ada banyak kuman yang menempel di situ. Kemudian, kamu menyentuh muka, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan. Hal itu bisa membuat kamu tertular infeksi. 

Selain itu, bila kamu menyiapkan makanan dengan tangan yang masih kotor, orang lain pun bisa tertular infeksi dengan memakan makanan yang kamu buat. Bukannya ingin menakuti, tetapi ada beberapa penyakit yang mudah menyebar bila kamu malas cuci tangan. Ketahui di sini.

Baca juga: Cuci Tangan Lebih Baik dari Hand Sanitizer, Ini Alasannya

Penyakit yang Bisa Menyebar Melalui Tangan Kotor

Sejumlah penyakit infeksi bisa disebarkan dari satu orang ke orang lain melalui tangan yang kotor. Penyakit tersebut, antara lain:

  1. Norovirus

Norovirus adalah kelompok virus yang sangat menular yang menyebabkan muntah dan diare. Infeksi virus ini bisa menyerang siapa saja dari segala usia dan bisa ditularkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, menyentuh permukaan yang terkontaminasi atau mengonsumsi makanan yang sudah terpapar virus. Nah, malas mencuci tangan bisa meningkatkan risiko kamu untuk tertular norovirus.

Meskipun penyakit ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi gejala yang ditimbulkannya bisa mengganggu dan melemahkan kamu. Namun, ada cara mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit ini, yaitu dengan mencuci tangan sampai bersih setelah menggunakan kamar mandi, sebelum menyiapkan makanan, dan hindari menyentuh hidung dan mulut.

  1. Flu

Meskipun merupakan penyakit umum, tetapi flu tidak boleh disepelekan karena penyakit ini bisa berakibat fatal bagi mereka yang masih sangat kecil, sudah tua, atau yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Selain dengan mendapatkan vaksin flu, cuci tangan adalah tindakan pencegahan utama terhadap infeksi virus tersebut. 

Pasalnya, penyakit pernapasan tersebut mudah menyebar melalui udara maupun tangan yang sudah terkontaminasi oleh virus. Nah, mencuci tangan bisa mencegah kamu terpapar virus flu yang mungkin menempel di tangan kamu tanpa kamu sadari.

Baca juga: Hati-Hati, Penyakit Flu Bisa Jadi Sangat Berbahaya

  1. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh virus, tetapi bisa juga disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A. Bukan hanya infeksi virus tersebut mudah menular dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan, radang tenggorokan juga bisa mengakibatkan demam berdarah, demam rematik, dan penyakit ginjal langka.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), percikan liur saat orang yang terinfeksi batuk dan bersin merupakan cara utama penyebaran bakteri radang tenggorokan. Kamu mungkin tidak bisa mencegah orang batuk atau bersin, tetapi juga bisa mengurangi risiko tertular radang tenggorokan dengan menerapkan kebiasaan cuci tangan.

  1. Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (PTKM)

Ini adalah infeksi virus yang sering menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Penyakit tangan kaki dan mulut ditandai dengan luka lepuh pada mulut, ruam di tangan dan kaki, demam dan kehilangan nafsu makan. 

Bila kamu memiliki anak kecil, ajarilah mereka kebiasaan cuci tangan secara teratur. Pasalnya, partikel yang mengandung virus menular tersebut bisa menyebar dari hidung, mulut, luka atau kotoran orang yang terinfeksi, lalu menempel di tangan Si Kecil dan masuk ke dalam tubuh bila ia malas mencuci tangannya.

  1. Salmonellosis

Salmonellosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella. Bakteri ini hidup di usus hewan dan manusia, dan sering ditularkan melalui makanan yang terinfeksi (daging dan telur) yang tidak dimasak sampai matang atau yang tidak dicuci bersih (buah dan sayuran). Selain itu, tidak mencuci tangan setelah mengolah daging mentah, unggas atau ikan, atau setelah menggunakan kamar mandi juga bisa menularkan salmonellosis. Jadi, bila kamu malas mencuci tangan, hati-hati, kamu bisa saja tertular penyakit tersebut.

  1. Coronavirus

Last but not least, ada virus corona atau COVID-19 yang saat ini sedang diwaspadai oleh semua orang di seluruh dunia. Virus baru ini bisa menyebabkan pneumonia, gagal pernapasan akut yang parah, dan kematian. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut adalah mencuci tangan secara teratur dan benar. 

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa menular pada orang yang malas mencuci tangan. Jadi, mulai sekarang, terapkan kebiasaan cuci tangan yang benar secara teratur ya. Bila kamu mengalami gejala kesehatan tertentu, segera bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2021. 15 Diseases You Can Prevent Just by Washing Your Hands.
Initial. Diakses pada 2021. Infections you can spread by not washing your hands