19 October 2018

Mana yang Lebih Baik, Hair Mask, Hair Spa, atau Creambath?

mana yang lebih baik hair mask hair spa atau creambath

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin termasuk salah satu orang yang rajin pergi ke salon untuk melakukan perawatan rambut. Biasanya, ada tiga macam perawatan rambut yang ditawarkan di salon-salon kecantikan, yaitu creambath, hair mask, dan hair spa. Apakah kamu sudah tahu perbedaan di antara ketiga jenis perawatan rambut tersebut? Mengetahui manfaat atau kegunaan dari perawatan rambut penting, agar kamu bisa memilih jenis perawatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Yuk, cari tahu perbedaan creambath, hair mask, dan hair spa di sini.

Creambath

Bila kamu memiliki rambut yang tidak terlalu bermasalah seperti rontok, bercabang, atau diwarnai, maka creambath adalah perawatan yang cocok buat kamu. Creambath merupakan perawatan rambut dasar yang sudah dilakukan sejak lama, bahkan sebelum hair spa dan hair mask muncul. Prosesnya adalah pertama-tama, hairdresser akan mengoleskan krim secara merata ke rambut kamu. Krim yang digunakan dalam perawatan creambath biasanya terbuat dari bahan-bahan alami tradisional, seperti aneka buah-buahan dan sayuran yang semuanya memiliki nutrisi penting untuk kesehatan rambut.

Setelah mengoleskan krim, proses creambath juga mencakup pemijatan pada kulit kepala. Hal ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran di kepala dan memberikan efek rileks dan menenangkan. Kemudian, rambutmu akan diuapi baik dengan menggunakan steam atau dengan cara membungkus rambut dengan menggunakan handuk hangat. Tujuannya adalah untuk membuka pori-pori kulit kepala agar nutrisi dari krim bisa terserap dengan baik ke dalam kulit kepala.

Melakukan creambath secara rutin bermanfaat untuk menjaga kesuburan rambut dan menguatkan akar rambut kamu.

Hair Spa

Hair spa merupakan cara perawatan rambut yang dapat mengatasi berbagai masalah rambut, seperti rambut kering, kusam, berminyak, sampai kaku. Jadi, bila rambut kamu rusak karena sering terpapar sinar matahari atau karena dampak dari sering menggunakan alat catok, kamu bisa melakukan hair spa. Hal ini karena perawatan rambut tersebut bermanfaat untuk memberi nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, serta memperkuat folikel rambut, sehingga kesehatan rambutmu akan tetap terjaga.

Karena ditujukan untuk memperbaiki rambut yang rusak, kandungan krim untuk hair spa lebih kaya akan vitamin dibandingkan creambath. Krim yang digunakan untuk hair spa juga mengandung tambahan minyak esensial sehingga lebih harum dibandingkan krim untuk creambath.

Proses hair spa sebenarnya sama dengan proses saat kamu melakukan creambath, yaitu meliputi pembaluran krim ke seluruh permukaan rambut, pemijatan kepala, dan steam yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari krim. Selain itu, proses penguapan juga memungkinkan folikel rambut untuk menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi melalui darah, sehingga pertumbuhan rambut baru pun akan semakin cepat.

Namun, dibalik manfaat hair spa yang banyak, perawatan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, terlalu sering melakukan hair spa bisa membuat warna rambut kamu menjadi memudar. Kedua, kamu perlu mengeluarkan kocek yang lebih banyak untuk melakukan hair spa karena umumnya perawatan ini berharga lebih mahal ketimbang harga creambath.

Hair Mask

Hair mask merupakan cara perawatan rambut yang mampu mengatasi kerusakan rambut yang lebih parah. Jadi, bila kamu sering melakukan proses styling rambut seperti pewarnaan, pelurusan, atau pengeritingan yang bisa menyebabkan rambut menjadi rusak, hair mask adalah perawatan yang kamu butuhkan. Hair mask dapat memberikan perawatan yang mendalam pada rambut dan memperbaiki kerusakan rambut yang kamu alami. Namun, pada beberapa kasus tertentu, hair mask mungkin tidak bisa menolong rambut kamu yang sudah terlanjur rusak, tapi setidaknya perawatan ini bisa membantu mencegah kerusakan menjadi lebih parah nantinya.

Selain memperbaiki kerusakan rambut, formula yang terkandung di dalam masker juga mampu melembabkan rambut, sehingga rambut menjadi sehat dan berkilau.

Nah, itulah perbedaan creambath, hair mask, dan hair spa yang perlu kamu tahu. Ketiganya mempunyai manfaat masing-masing, sehingga tidak bisa dibandingkan mana yang lebih baik. Namun, kamu dianjurkan untuk memilih perawatan yang sesuai untuk kondisi rambutmu.

Kalau kamu punya masalah dengan rambut dan bingung bagaimana cara mengatasinya, bicarakan saja dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli berbagai macam produk kesehatan dan suplemen yang kamu butuhkan di Halodoc. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: