• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Creambath, Hair Spa, atau Hair Mask, Mana yang Terbaik?

Creambath, Hair Spa, atau Hair Mask, Mana yang Terbaik?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Wanita mana sih yang enggak pengin memiliki rambut sehat, kuat, dan berkilau? Masalahnya, tidak semua wanita beruntung untuk mendapatkannya. Sebagian dari mereka mesti berhadapan dengan rambut rontok, bercabang, kusam, dan masalah rambut lainnya yang bikin senewen.

Lantas, apa solusi dari permasalahan rambut tersebut? Salah satunya dapat diatasi dengan perawatan rambut secara rutin, seperti melakukan creambath, hair spa, atau hair mask secara rutin.

Hmm, tapi sudah tahu apa perbedaan masing-masing perawatan rambut tersebut? Kira-kira mana yang terbaik di antara ketiganya?

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

Creambath, Perawatan Dasar

Creambath merupakan perawatan rambut dasar yang sudah dilakukan sejak lama. Perawatan rambut ini umumnya ditujukan bagi mereka yang tidak terlalu memiliki masalah pada rambut.

Prosesnya terbilang sederhana. Penata rambut akan mengoleskan krim secara merata ke rambut. Krim yang digunakan umumnya dari bahan dasar yang alami. Contohnya, seperti aneka buah atau sayuran yang memiliki nutrisi penting bagi rambut.

Setelah mengoleskan krim, proses creambath mencakup pemijatan pada kulit kepala. Kemudian, rambut akan diuapi menggunakan steam atau membungkus rambut dengan menggunakan handuk hangat. Tujuannya untuk membuka pori-pori kulit kepala agar nutrisi dari krim bisa terserap dengan baik ke dalam kulit kepala.

Hair Spa, Menutrisi Rambut

Risih karena rambut kusam, kering, keriting, dan berminyak? Bagi kamu yang mengalami masalah rambut tersebut, makanya jangan lupa melakukan perawatan rambut secara rutin. Apalagi bila sering terpapar sinar matahari atau menggunakan alat catok, rambut menjadi mudah rusak.

Nah, hair spa bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah rambut di atas. Hair spa bisa memberikan nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, dan memperkuat folikel rambut. Dengan begitu, kesehatan rambut juga tetap terjaga.

Baca juga: 4 Tips Merawat Rambut yang Diwarnai

Lalu, apa bedanya dengan creambath? Biasanya kandungan krim untuk hair spa lebih kaya vitamin dibandingkan dengan creambath. Oleh sebab itu, hair spa ditujukan untuk menutrisi rambut.

Proses hair spa hampir serupa dengan creambath. Penata rambut memberikan krim ke seluruh permukaan rambut, pemijatan kepala, dan steam yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari krim. Namun, hair spa juga memiliki beberapa kekurangan.

Pertama, terlalu sering melakukan hair spa bisa membuat warna rambut kamu menjadi memudar. Kedua, perawatan hair spa umumnya lebih mahal ketimbang creambath.

Hair Mask, Memperbaiki Kerusakan Rambut

Selain hair spa dan creambath, hair mask adalah perawatan rambut lainnya yang umum dilakukan wanita. Lantas, apa manfaat dari hair mask? Perawatan ini bertujuan untuk mengatasi rambut rontok atau masalah rambut lainnya yang sudah masuk dalam kondisi parah.

Contohnya, seorang wanita yang sering melakukan pelurusan, pewarnaan, atau pengeritingan rambut, umumnya mengalami masalah rambut. Hair mask bisa menjadi pilihan perawatan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Efek dari hair mask boleh dibilang lebih mendalam ketimbang hair spa atau creambath. Alasannya, hair mask bertindak lebih dalam untuk memperbaiki kerusakan rambut yang dialami.

Baca juga5 Dampak Sering Mencatok Rambut

Menurut penata rambut selebriti papan atas asal Inggris dalam Huffington Post, hair mask yang digunakan secara rutin membantu untuk menyamarkan kerusakan rambut dengan cara melembapkannya. Nah, hal ini yang membuat rambut terasa lebih kuat dan tebal.

Hal yang mesti ditegaskan, efek hair mask mungkin tidak signifikan pada rambut yang sudah terlanjur rusak. Namun, setidaknya perawatan ini membantu mencegah kerusakan yang lebih parah.

Lantas, apa perbedaan antara hair mask dengan creambath atau hair spa? Kalau creambath dan hair spa melibatkan pijatan, sedangkan hair mask tidak ada pijatan sama sekali.

Tujuannya untuk menghindari kerusakan atau kerontokan yang semakin parah. Namun, biasanya terapis hair mask tetap memberikan pijatan di bagian tubuh lain, contohnya pada leher, bahu, atau punggung.

Lalu, mana yang lebih baik di antara ketiganya? Untuk mendapatkan manfaat terbaik, tentunya harus disesuaikan dengan kondisi rambutmu. Ketiga perawatan ini memiliki sifat, manfaat, dan tujuan masing-masing untuk merawat rambut.

Bagaimana, tertarik mencoba perawatan rambut di atas? Nah, kalau kamu punya masalah dengan rambut dan bingung bagaimana cara mengatasinya, bicarakan saja dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa berbicara langsung dengan dokter kapan saja dan di mana saja!

Referensi:
Huffington Post. Diakses pada Desember 2019. Can Hair Masks Really Repair Split End and Everything You Ever Wanted to Know About This Treatment
Times of India. Diakses pada Desember 2019. Why is hair spa good for you