• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mana yang Lebih Sehat, Bagian Buah atau Kulit Manggis?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mana yang Lebih Sehat, Bagian Buah atau Kulit Manggis?

Mana yang Lebih Sehat, Bagian Buah atau Kulit Manggis?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 September 2022

“Buah manggis yang dijuluki ratu buah memang punya banyak manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Namun, jika dibandingkan antara bagian daging buah dan kulitnya, mana yang lebih memberi manfaat?”

Mana yang Lebih Sehat, Bagian Buah atau Kulit Manggis?Mana yang Lebih Sehat, Bagian Buah atau Kulit Manggis?

Halodoc, Jakarta – Buah manggis dan khasiatnya untuk mendukung kesehatan tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya bagian daging buahnya, kulit manggis disebut memiliki lebih banyak manfaat untuk tubuh. Ini dibuktikan dengan munculnya suplemen yang memiliki kandungan ekstrak kulit manggis. Lantas, benarkah demikian?

Daging Buah atau Kulit Manggis, Mana yang Lebih Sehat?

Disebutkan oleh kepala klinik saintifikasi jamu Hortus Medicus, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional atau B2P2TOOT Tawangmangu, dr. Danang Ardiyanto, dibandingkan dengan daging buahnya, bagian kulit manggis memiliki kandungan Xanthone yang lebih tinggi. 

Alhasil, bisa dikatakan bagian kulit manggis mungkin lebih bermanfaat daripada daging buahnya. Meski demikian, dr. Danang belum bisa memastikan berapa kadar xanthone yang terkandung dalam kulit buah manggis dengan bagian buahnya. Jadi, masih dibutuhkan studi lebih lanjut terkait kandungan ini. 

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Kulit manggis memang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Namun, daging buahnya juga kaya kandungan vitamin B dan C. 

Selain itu, buah manggis juga memiliki sifat antipoliferasi, sehingga disebut efektif untuk membantu memaksimalkan pengobatan penyakit kanker. Terlepas dari itu, berikut beberapa manfaat buah manggis:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan yang terdapat pada buah manggis membantu memastikan darah mengalir dengan tepat ke semua organ tubuh, terutama ke jantung, dengan melebarkan pembuluh darah. Ini sangat penting untuk membantu mengatasi gejala tekanan darah tinggi seperti sakit kepala, stres dan jantung berdebar. 

Selain itu, buah satu ini juga membantu mengontrol kadar trigliserida, mengatur detak jantung dan membantu menjaga tekanan darah tetapi normal. Oleh karena itu, buah ini dikatakan sangat efektif dalam mencegah penyakit jantung yang parah seperti nyeri dada, kongesti jantung, dan aterosklerosis.

  1. Meringankan nyeri pada tubuh

Manggis memiliki sejumlah besar xanthone, sekelompok senyawa tanaman alami yang merupakan molekul antiinflamasi yang kuat. Xanthone berfungsi dalam mengurangi tekanan di daerah stres pada manusia. Sifat vital dalam buah manggis ini menjadikannya obat yang luar biasa untuk menghilangkan rasa sakit tubuh yang tak tertahankan karena radang sendi, linu panggul, dan kram menstruasi.

  1. Memperlambat penuaan kulit

Buah manggis adalah sumber antioksidan bernama Catechin, yang turut hadir dalam teh hijau. Senyawa ini melindungi sel-sel sehat di kulit dari kerusakan dan meningkatkan aliran darah sekaligus nutrisi ke sel-sel kulit. Tak hanya itu, buah ini juga memerangi infeksi kulit karena bakteri, dan membantu menjaga kulit tetap bercahaya dan awet muda.

  1. Meningkatkan kerja otak

Dikemas dengan flavonoid sebagai antioksidan kuat dan folat sebagai vitamin B9, buah manggis membantu kelancaran transmisi sinyal melalui saraf yang menuju ke otak. Selain itu, dua kandungan tersebut juga mencegah akumulasi plak di sel-sel otak dan meningkatkan memori. Khasiat ini sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

  1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, manggis menawarkan sifat antioksidan pelindung, dan membangun sistem kekebalan tubuh yang efisien. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya yang menghancurkan sel-sel sehat dalam tubuh. Sementara itu, antibodi mempertahankan sistem imun melawan virus yang menyebabkan penyakit seperti pneumonia, flu, dan pilek.

Supaya tubuh mendapatkan manfaat optimal dari buah manggis, kamu tentu perlu mengimbanginya dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Selain itu, rutinlah untuk memeriksa kesehatan, pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkan buat janji di rumah sakit. Kamu bisa akses App Store atau Play Store untuk download aplikasi Halodoc

Referensi:
NetMeds. Diakses pada 2022. Mangosteen: Incredible Health Benefits Of This Delicious Fruit.
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It).
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything you need to know about mangosteen.
Detik Health. Diakses pada 2022. Kulit Manggis Vs Daging Buahnya: Mana yang Lebih Bermanfaat?