• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Asparagus bagi Pengidap Diabetes

Manfaat Asparagus bagi Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar tentang sayuran asparagus? Sayuran ini memang belum terlalu banyak disajikan di Indonesia, kecuali ketika diolah menjadi sup asparagus. Bahkan, asparagus juga biasanya baru bisa didapatkan di supermarket yang menawarkan berbagai jenis sayuran asing. Padahal, sayuran berbentuk unik ini memiliki nutrisi yang tidak kalah lengkapnya dengan sayuran lain, lho. Berkat kandungan baik di dalamnya, asparagus juga baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes.  Yuk, simak manfaat asparagus untuk diabetes di bawah ini.

Mengenal Nutrisi Asparagus

Asparagus adalah sayuran eksotis yang biasanya ditemukan dalam masakan Cina dan India Selatan. Harga sayuran unik ini relatif tinggi. Itulah sebabnya asparagus lebih sering disajikan di restoran-restoran mahal. Selain rasanya enak dan teksturnya renyah, asparagus juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi asparagus yang istimewa. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam asparagus, antara lain kalori yang rendah, protein, lemak, vitamin C, vitamin A, vitamin E, serat, folat, kalium dan fosfor. Selain itu, asparagus juga memiliki sejumlah kecil kandungan mikronutrien, seperti zat besi, zink, dan riboflavin.

Asparagus juga sudah lama digunakan sebagai obat herbal, karena khasiatnya yang luar biasa. Dari berbagai manfaat kesehatan yang dapat diberikannya, asparagus diketahui mampu mengatasi diabetes tipe 2

Baca juga: Inilah 7 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Sekilas Tentang Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling umum. Dari semua kasus diabetes yang terjadi di seluruh dunia, 90 persen di antaranya adalah diabetes tipe 2. Namun, diabetes jenis ini seringkali tidak disadari oleh pengidapnya, karena gejalanya memerlukan waktu yang lebih lama untuk muncul. Bahkan, pengidap diabetes tipe 2 berpotensi tidak mengalami gejala apapun sampai timbul komplikasi. Gejala diabetes tipe 2 yang perlu diwaspadai adalah kelelahan, haus, sering buang air kecil, sariawan berulang, dan luka yang lama sembuh.

Bila tidak diobati, diabetes tipe 2 dapat meningkatkan risiko serangan jantung, kebutaan, dan amputasi. Namun, bila penyakit ini ditemukan lebih awal, diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan baik dengan pola makan sehat dan konsumsi obat-obatan.

Diabetes tipe 2 dapat menyerang siapa saja. Tidak hanya pada kelompok paruh baya, belakangan ini anak-anak usia remaja dan dua puluhan juga mengalami diabetes tipe 2. Sering mengonsumsi makanan berlemak dan gaya hidup tidak sehat dipercaya menjadi penyebab diabetes tipe 2 pada usia muda.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Diabetes Tipe 2

Manfaat Asparagus Terhadap Diabetes

Memperbanyak konsumsi asparagus secara teratur dipercaya dapat mengatasi diabetes, karena sayuran ini dapat meningkatkan produksi insulin, yaitu hormon yang membantu tubuh menyerap glukosa. 

Para ilmuwan di Universitas Karachi di Pakistan melakukan penelitian untuk melihat apakah asparagus dapat mengatasi diabetes. Dalam penelitian tersebut, sekelompok tikus disuntikkan dengan bahan kimia yang membuatnya mengalami diabetes, yaitu kondisi dengan kadar insulin yang rendah dan kadar gula darah yang tinggi. Kemudian, sebagian tikus yang diabetes dirawat dengan memberikan ekstrak dari tanaman asparagus, sedangkan sebagian lainnya dirawat dengan obat anti-diabetes, yang disebut glibenclamide. Ada tikus yang diberi makan ekstrak asparagus dalam dosis kecil atau ada juga yang diberi dosis besar setiap hari selama 28 hari. Hasilnya, hanya pemberian ekstrak asparagus dalam dosis besar yang dapat memberi efek signifikan pada produksi insulin oleh pankreas.

Salah satu artikel yang diterbitkan dalam British Medical Journal pada tahun 2006 juga menunjukkan bahwa asparagus meningkatkan penyerapan glukosa sebanyak 81 persen oleh otot dan jaringan tubuh.

Baca juga: Mengenal Okra, Sayuran yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Jadi, bagi kamu yang mengidap diabetes, cobalah untuk memperbanyak makan asparagus ya. Untuk memeriksa kadar gula darah dalam tubuh kamu, gunakan saja fitur Lab Service di aplikasi Halodoc. Petugas lab akan mendatangi rumahmu untuk membantu melakukan tes kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2019. Asparagus Can Keep Diabetes Away