• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Bayi Bermain dengan Hewan Peliharaan

Manfaat Bayi Bermain dengan Hewan Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Manfaat Bayi Bermain dengan Hewan Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian masyarakat, memelihara hewan saat memiliki bayi bukanlah suatu ide yang baik. Kebanyakan orang khawatir hewan peliharaan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada bayi. 

Baca juga: Usia yang Tepat untuk Anak Bermain dengan Hewan Peliharaan

Namun, sebaiknya jangan menganggap negatif kebiasaan memelihara hewan. Keberadaan hewan peliharaan justru dapat memberikan berbagai manfaat bagi bayi. Cari tahu informasi seputar manfaat bayi bermain dengan hewan peliharaan di sini!

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Bayi

Menjaga kesehatan bayi merupakan hal yang perlu dilakukan orangtua. Berbagai cara bisa dilakukan, salah satunya dengan menjaga kebersihan rumah. Memelihara hewan peliharaan dianggap dapat membuat kondisi rumah menjadi lebih kotor dan tidak bersih. Alasan inilah yang membuat banyak orang enggan memelihara hewan peliharaan saat masih memiliki anak usia bayi.

Namun jangan salah. Nyatanya, memelihara hewan pun dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bayi. Asalkan ibu memelihara hewan secara tepat dan baik. Lalu, apa saja manfaat yang bisa dirasakan ketika bayi bermain dengan hewan peliharaan? Ini jawabannya!

Menurut sebuah penelitian dari University of Alberta, bayi yang dilahirkan dalam keluarga penyayang dan memelihara hewan peliharaan akan berisiko lebih rendah untuk mengalami kondisi alergi. Bahkan, saat bayi bermain dengan hewan peliharaan di awal usia pertamanya, bayi dapat terhindar dari kondisi obesitas.

Baca juga: 6 Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Anak

Penurunan risiko obesitas dapat terjadi akibat banyaknya aktifitas fisik yang akan dilakukan oleh bayi bersama hewan peliharaan. Tidak hanya itu, memelihara hewan peliharaan dapat membuat bayi merasa lebih nyaman, sehingga bayi akan terhindar dari kondisi stres atau cemas.

Mengajak bayi bermain dengan hewan peliharaan juga dapat membantu bayi untuk meningkatkan hubungan sosial dan rasa percaya diri. Jadi, tidak ada salah memelihara hewan peliharaan, asal perhatikan perawatan yang dibutuhkan oleh hewan.

Selain itu, mengajak bayi bermain dengan hewan peliharaan juga dapat membuat ikatan emosional antara orangtua dan anak semakin meningkat. Menghabiskan waktu sekeluarga untuk bermain bersama hewan kesayangan membantu ikatan menjadi lebih kuat dan dekat.

Perhatikan Ini Sebelum Memelihara Hewan

Saat memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang cukup penting.

1.Jenis Hewan Peliharaan

Pastikan orangtua memilih jenis hewan peliharaan yang tepat untuk tinggal bersama anak. Pilihlah hewan yang ramah dan aman untuk anak. Pastikan ukuran hewan peliharaan juga tidak terlalu besar sehingga tidak membahayakan anak.

2.Pastikan Hewan Mendapatkan Perawatan yang Tepat

Untuk menghindari gangguan kesehatan, pastikan hewan mendapatkan perawatan yang tepat. Dengan begitu, kesehatan hewan dapat tetap optimal. Hal ini tentunya membuat keluarga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

3.Selalu Awasi Hewan Peliharaan

Meskipun dapat memiliki manfaat bagi bayi, tetapi sebaiknya selalu jaga keberadaan hewan peliharaan agar tidak membahayakan bayi. Pastikan, bayi dan hewan berada dalam pengawasan orangtua saat sedang bermain. Selain itu, ibu juga bisa memisahkan ruangan istirahat antara bayi dan hewan peliharaan.

Baca juga: Benarkah Bermain Kotor-kotoran itu Baik Bagi Anak?

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memelihara hewan di rumah. Selain itu, hindari mengajak bayi bermain dengan hewan peliharaan ketika bayi sedang sakit. Segera gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter anak seputar keluhan kesehatan yang dialami bayi.

Tidak perlu repot, ibu bisa download Halodoc melalui App Store atau Google Play. Mudahkan? Yuk, jadi tunggu apalagi!

Referensi:
Huffpost. Diakses pada 2021. The Benefits of Children Growing Up with Pets.
Today’s Parent. Diakses pada 2021. Another Reason To Get That Cute Puppy: Pets Make for Healthier Babies.
Parents. Diakses pada 2021. The Benefits of Pet.